Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Selasa, 31 Oktober 2017

Cara Memilih Dan Mengatur Template Blog Yang Baik

 Template blog yaitu suatu file script yang memuat rangkaian kode-kode HTML dan kode-kode programming lainnya seperti CSS dan javascript yang digunakan sebagai dasar sebuah tampilan blog. Bentuk file template blog itu sendiri yaitu berupa file .xml.

 Pemilihan template yang tepat sangat berpengaruh terhadap kinerja blog anda. Kita tidak boleh asal-asalan dalam memilih template sehingga tampilan blog kita akan terlihat lebih rapi dan profesional. Sehingga para pengunjung blog anda akan merasa nyaman ketika mengunjungi blog dan membaca artikel anda.

 Ada beberapa jenis template yang sering digunakan diantaranya sebagai berikut.

 1. RESPONSIVE


 Template jenis ini tampilannya bisa menyesuaikan dengan perangkat yang kita gunakan. Artinya, jika anda membukanya menggunakan komputer atau laptop kemudian anda membukanya menggunakan ponsel maka tampilannya akan menyesuaikan dengan ukuran layar handphone anda. Sehingga anda tidak perlu zoom atau memperbesar tampilan teks atau gambar yang ada. 

 2. FAST LOADING

 Jenis template ini memiliki tingkat kecepatan loading yang cukup baik. Sehingga anda tidak perlu waktu yang lama untuk membuka blog yang menggunakan template Fast Loading ini. Kecepatan loading memang sangat mempengaruhi kinerja sebuah blog karena akan memudahkan pengunjung. Blog yang loadingnya lambat pastinya akan membuat pengunjung memakan banyak waktu untuk membukanya. Bahkan terkadang akan muncul halaman tidak dapat dimuat atau eror. Jadi pertimbangkan ketika anda akan memilih sebuah template blog. Jenis fast loading sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin memiliki blog dengan tingkat kecepatan loading yang baik. 

 3. CLEAN AND USER FRIENDLY

 Google sangat menyukai blog dengan tampilan yang sederhana, minimalis dan bersih. Selain akan terlihat lebih rapi, tampilannya juga nyaman dan enak dipandang serta tidak acak-acakan sehingga pengunjung dapat memahami isi konten anda secara maksimal. 


 Dalam melakukan penyesuaian tampilan blog pun kita tidak boleh sembarangan. Usahakan untuk mengatur tampilan template blog sewajarnya saja dan tidak berlebihan. Atur tata letak sehingga isi blog tersusun rapi dari atas sampai bawah. Pastikan setiap elemen penting dalam blog anda dapat ditampilkan. Atur posisi widget dalam blog anda pilih yang sekiranya penting saja. Jika terlalu banyak widget maka tampilan blog akan terlihat sesak dan penuh. Selain itu juga akan mengurangi kecepatan loading ketika membuka blog anda.

 Apabila anda ingin memasang iklan di blog, usahakan untuk menempatkan iklan dengan benar jangan sampai menutupi konten yang ada di blog anda. Pasang iklan seperlunya saja jangan terlalu banyak karena akan membuat pengunjung merasa terganggu ketika mereka sedang melihat konten anda. Pemilihan jenis iklan yang tepat juga diperlukan demi menjaga kenyamanan pengunjung blog. Jangan sampai memasang jenis iklan yang muncul secara tiba-tiba. Bayangkan jika ada pengunjung blog yang sedang asyik dan merasa senang melihat konten anda tiba-tiba muncul iklan. Hal yang sering terjadi dan dilakukan oleh pengunjung blog ketika mengalami hal tersebut adalah cepat-cepat menekan tombol kembali atau keluar blog. Sehingga akan mengurangi rata-rata durasi kunjungan di blog anda. Sudah pasti ini akan berdampak buruk dan mengurangi kinerja blog anda. Pilih saja iklan berupa teks dan gambar responsive. Itu saja sudah cukup untuk sekedar mencari penghasilan dari iklan di blog.

 Kemudian pemilihan font, warna dan background template blog anda juga harus sesuai. Jangan memilih font yang memiliki bentuk yang susah dibaca dengan jelas. Pilih saja jenis font yang formal dan sering dipakai agar mudah dibaca. Anda juga bisa mengatur warna font yang akan ditampilkan di blog anda. Tapi perlu diingat, jangan menggunakan warna yang terlalu mencolok apalagi warna warni seperti pelangi. Itu akan membuat pembaca menjadi bingung dan membuat mata cepat lelah ketika membacanya. Selain itu perpaduan yang tidak pas terhadap warna background blog anda juga dapat menyebabkan tulisan yang ada menjadi susah untuk dibaca. Misalnya saja anda memakai background putih kemudian anda menggunakan font berwarna kuning. Apakah bisa dibaca dengan jelas?? Bisa, tapi terkadang bagi sebagian orang akan menimbulkan efek kabur dan berbayang-bayang ketika membacanya. Sehingga pengunjung akan kesulitan untuk memahami isi konten yang anda sajikan.

 Itulah beberapa hal yang bisa anda jadikan bahan referensi dalam memilih template blog yang bagus serta mengaturnya agar terlihat lebih profesional. Protected by Copyscape Online Plagiarism Check

Tidak ada komentar:

Posting Komentar