Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Minggu, 08 Oktober 2017

Pemberian Pakan Ayam Aduan Sesuai Umur

TIPS PEMBERIAN PAKAN AYAM ADUAN SESUAI UMUR 


 Ayam aduan pada umumnya adalah ayam yang dipelihara untuk mengikuti lomba atau sekedar hobi dan jarang digunakan sebagai konsumsi meskipun pada dasarnya bisa diambil daging dan telurnya untuk dikonsumsi. Jenisnya pun ada bermacam-macam berdasarkan dari mana ayam tersebut berasal. Misalnya saja ayam bangkok yang berasal dari Bangkok, Thailand ada juga ayam birma yang berasal dari negara Myanmar dan masih banyak lagi. 

 Perawatannya pun hampir sama seperti ayam untuk konsumsi seperti ayam pedaging dan petelur. Namun karena biasanya digunakan untuk hobi dan mengikuti lomba maka kebanyakan peternak memilih untuk merawatnya dengan lebih teliti dan intensif agar ayam peliharaannya tetap sehat dan tidak mudah sakit. Sehingga pada saat akan mengikuti lomba ayam tersebut dapat bertanding secara maksimal untuk mendapatkan hasil yang terbaik sesuai keinginan sang pemilik. 

 Perbedaan cara perawatan tersebut memang dapat memberikan dampak positif baik bagi peliharaan ataupun si pemilik itu sendiri. Perawatan yang baik adalah perawatan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh, teliti dan hati-hati. Untuk mencapai hasil yang maksimal maka alangkah baiknya melakukan perawatan sesuai dengan kondisi ayam tersebut.
Perhatikan kondisi lingkungan dan alam sekitar ayam tersebut tinggal. Baik dari keadaan tempat tinggal maupun cuaca pada waktu tersebut.

Protected by Copyscape  Kemudian pemilihan pakan juga harus sesuai dengan usia ayam yang kita pelihara tersebut. Berikut ini ada sedikit penjelasan mengenai pemberian pakan ayam aduan sesuai usianya. Mari kita simak bersama-sama.

 1. Pemberian Pakan Usia 0-2 Bulan

 Untuk anak ayam yang baru lahir langkah pertama yang harus dilakukan adalah memisahkannya dari induk. Baca : Cara Beternak Ayam Bangkok. Pemberian pakan ayam pada usia ini membutuhkan perhatian khusus dan ketelitian. Biasanya pakan yang diberikan yaitu menggunakan Voor 591 karena jenis pakan ini memang di khususkan untuk anak ayam yang baru lahir hingga usia 2 bulan. Berikut adalah contoh gambarnya.
                 ( Sumber : Google Picture )

 2. Pemberian Pakan Usia 2-4 Bulan 

 Lanjut ke tahap pemberian pakan untuk usia 2-4 bulan. Penggunaan pakannya kini sudah berbeda karena sudah menginjak tahap menuju keremajaan anak ayam bangkok. Pakan yang digunakan yaitu Voor 592.

 3. Pemberian Pakan Usia 4-6 Bulan 

 Pemberian pakan pada usia ini biasanya menggunakan Voor 593 bisa diberikan berupa pakan kering atau basah. Apabila berupa pakan basah yang sudah diberi campuran air, maka kita harus selalu mengontrol secara periodik untuk memantau agar mengetahui apakah pakan tersebut sudah berjamur atau belum. Apabila sudah berjamur, segera ganti pakan dengan yang baru agar ayam tidak terkena penyakit yang berasal dari jamur pada pakan tersebut.

 4. Pemberian Pakan Usia 6-8 Bulan 



 Pakan untuk ayam bangkok pada usia ini menggunakan Voor 594. Bisa diberikan berupa pakan kering atau basah. Atau bisa juga dicampur dengan nasi, karena pada usia ini ayam mulai tumbuh dewasa sehingga pencernaannya pun sudah cukup kuat.

 Pemberian pakan pada usia selanjutnya juga menggunakan jenis Voor dengan kode yang lebih tinggi. Bisa juga dengan menggunakan beras merah agar kebutuhan nutrisi si ayam tercukupi. Variasi pemberian pakan juga tak kalah penting agar ayam peliharaan tidak merasa bosan atau bisa jadi malah kelebihan nutrisi apabila pakan yang diberikan cuma itu-itu saja. Selain itu kelebihan nutrisi juga tidak baik bagi kesehatan ayam itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar