Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Rabu, 04 Oktober 2017

Cara Beternak Ayam Bangkok 100% Ampuh


  • CARA BETERNAK AYAM BANGKOK DENGAN CEPAT DAN MUDAH 



 Beternak ayam bangkok memang bukanlah hal yang mudah, tapi semua pasti bisa terwujud apabila ada semangat, do'a dan usaha yang nyata. Tergantung dari diri kita sendiri bagaimana cara untuk mewujudkan semua itu. 

 Mungkin tidak ada kata bosan apabila membicarakan tentang ayam bangkok. Primadona yang sudah lama populer Itudikalangan pecinta ayam aduan di Indonesia. Sosok bertubuh besar, tinggi dan kekar ini telah menjadi penguasa di dunia persilatan sejak dahulu kala. ( 😂 kaya di felem" tipi aja 😅😅😅 )
 Back to the topic please.....  

 Santai bro santai,...  Ini lagi mau balik tapi sendal 👡 ane ketinggalan. 😆

 Okeh kalo begitu saya akan kembali ke topik utama postingan kali ini. 
 Berbicara mengenai beternak, ada bermacam-macam jenis peternakan di dunia namun kali ini saya cuma akan membahas tentang beternak ayam bangkok 🐓🐔🐣
 Yang pertama harus kita lakukan adalah menyiapkan kandang untuk beternak. Jangan sekali-kali menyiapkan indukan atau anakan terlebih dahulu. Kenapa?  Logikanya adalah apabila kita menyiapkan ayamnya dulu nanti kita pasti bingung mau taruh dimana itu ayam. Iya kan,... Mau taruh di dalam rumah ntar bini ngamuk" lagi. Taruh diluar di halaman misalnya, ntar malah ilang baru tau rasa luh. Semua orang pasti tau berapa kisaran harga untuk satu ekor ayam bangkok yang cukup mahal itu. Jadi ada kemungkinan kalo orang lain lihat ayam bangkok pasti matanya ijo" semua. Ingat! Kejahatan bukan hanya karena ada niat, tapi juga karena ada kesempatan. Waspadalah,... Waspadalah,... 
 😕😕😕😕 Ini memang terjadi bro, berdasarkan pengalaman tetangga saya sendiri yang baru beli ayam tiba-tiba hilang. Mistis sekali kan,.. 

 Kembali ke kandang. Siapkan kandang untuk indukan berupa kandang umbaran yang cukup luas sehingga ayam lebih leluasa bergerak dan tidak mudah stress. Untuk model kandang umbaran bisa dibuat panggung atau langsung diatas tanah agar lebih alami. Beri tempat untuk bertengger karena ayam bangkok senang bertengger. 

 Setelah kandang sudah siap langkah berikutnya adalah memilih induk yang berkualitas agar menghasilkan anakan yang berkualitas pula. Ciri-ciri induk jantan berkualitas yaitu dilihat dari fisik yang tegak memiliki bentuk kepala seperti buah pinang dengan batok kepala yang kokoh dan tulang alis yang tebal. Bagian mata yang masuk kedalam dengan bentuk mata yang sipit dan jernih. Kulit mukanya lebih tebal dan kasar serta berwarna merah. Paruhnya besar, kuat dan melengkung. Untuk lebih jelasnya anda bisa baca Cara Memilih Ayam Bangkok Aduan sedangkan untuk ayam betina yang berkualitas memiliki ciri bentuk kepala seperti ular. Namu bukan berarti berkepala ular ya guys,...

 Kandang sudah siap, indukan juga sudah siap sekarang tinggal memasukkannya kedalam kandang umbaran yang sudah kita siapkan itu. Jangan lupa untuk membersihkan kandang dari kotoran dan membersihkan tempat pakan agar lingkungan kandang tetap steril dan terjaga.
 Apabila betina sudah bertelur maka hal yang harus kita lakukan adalah menyiapkan tempat telur didalam kandang umbaran tersebut agar telur tidak rusak karena aktifitas ayam didalam kandang dan sebagai tempat betina mengerami telur-telurnya. Media yang digunakan bisa menggunakan kain yang disusun sedemikian rupa seperti sarang burung atau bisa menggunakan jerami dan rumput kering agar lebih alami.

 Menuju ke proses inti dari peternakan ayam bangkok anda. Setelah telur-telur menetas, segera pisahkan anakan ayam bangkok kedalam kandang untuk anak ayam bangkok. Agar sang induk bisa kawin dan bertelur lagi, lalu menetas lagi, lalu pisahkan lagi, lalu ulangi cara ini lagi sampai induknya tua 😅 . Agar lebih cepat banyak dan berkembang, anda bisa menambah jumlah indukan agar menghasilkan lebih banyak anak ayam bangkok dengan cara yang sama seperti tersebut diatas.

 Itulah cara agar peternakan ayam bangkok anda cepat berkembang. Selamat mencoba.

Protected by Copyscape

Tidak ada komentar:

Posting Komentar