Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Minggu, 15 Oktober 2017

Pentingnya Privacy Policy Untuk Blog



 Membuat blog memang sangat mudah, tetapi walaupun mudah sebaiknya kita tidak menyepelekan hal-hal yang sebenarnya penting dan harus ada di dalam blog atau website kita.

 Salah satu elemen penting yang harus ada pada blog yaitu Privacy Policy. Ya, ini memang sangat penting karena blog yang baik adalah blog yang memiliki kebijakan hukum. 
 Privacy policy itu sendiri mempunyai arti yaitu dokumen ataupun halaman yang menjelaskan kepada pengunjung website atau blog tentang cara anda mengelola suatu informasi yang didapatkan dari mereka. Hal ini sangat dianjurkan oleh pihak google dan harus ada untuk diletakkan didalam web atau blog. Privacy policy juga mempunyai arti yaitu suatu kebijakan yang diberlakukan untuk sebuah website atau blog oleh pemilik atau pembuat website tersebut. Adanya privacy policy dalam sebuah blog menandakan bahwa sang pembuat blog benar-benar serius dalam hal pengembangan website atau blog dan akan menekuni kegiatan bloggingnya dengan sungguh-sungguh.

 Selain dari hal-hal diatas, keberadaan privacy policy di dalam website atau blog bisa memberikan identitas siapa pemilik resmi dari blog tersebut. Apabila pengunjung website ingin mengetahui siapa pemilik dari website tersebut juga bisa melihatnya di dalam privacy policy. 

 Yang tak kalah penting adalah apabila kita akan mendaftarkan blog sebagai publisher google adsense atau media periklanan lain, maka mereka pasti akan meninjau blog kita apakah terdapat privacy policy atau tidak. Karena hal ini merupakan syarat yang telah diberlakukan untuk menjadi publisher produk yang akan ditampilkan didalam website atau blog. Privacy policy menandakan tingkat profesionalitas pemilik blog dalam mengelola dan mengembangkan blog yang mereka buat. Sehingga lebih meyakinkan saat dilakukan peninjauan atau tahapan review yang akan dilakukan pihak google adsense atau media periklanan lain. 

 Bayangkan bila tidak ada privacy policy maka google adsense pasti tidak tertarik terhadap blog yang kita buat meskipun isi konten yang dibuat sangat baik dan berbobot. Jangankan perusahaan sebesar google adsense, pengunjung blog anda pun pasti merasa kurang tertarik karena tidak ada kebijakan privasi yang jelas. 

 Kemudian isi dari privacy policy itu sendiri mencakup beberapa hal yaitu :
  • Penggunaan Log Files
  • Double Click Dart Cookie
  • Our Advertising Partners
  • Third Party Privacy Policies
  • Children's Information
  • Online Privacy Policy Only,  dan kebijakan privasi lainnya. 
 Untuk itu jangan sekali-kali mengabaikan keberadaan privacy policy. Walaupun kelihatan sepele tetapi fungsinya sangat berpengaruh terhadap blog anda. Sampai disini apakah sudah mengerti pentingnya elemen ini? Jika sudah, silahkan anda tinjau kembali blog anda. Lihat apakah blog atau website anda sudah memiliki privacy policy atau belum. Jika belum sebaiknya anda cepat-cepat dan segera membuatnya. Karena selain penting untuk kelangsungan blog anda, hal ini juga menjadi bahan penting dalam tahapan review google adsense. Jika tidak ada maka dapat dipastikan pengajuan google adsense anda pasti ditolak. 

 Itulah pentingnya privacy policy untuk blog jadi jangan lupa untuk membuatnya ya,...  Happy blogging. 
Protected by Copyscape Online Plagiarism Check

Tidak ada komentar:

Posting Komentar