Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Senin, 16 Oktober 2017

Manfaat Contact Us Di Blog

 Salah satu elemen penting yang juga harus ada di blog yaitu adanya layanan Contact Us. Selain privacy policy, desclaimer dan terms of service atau TOS, contact us juga harus ada agar pengunjung blog dapat berinteraksi dengan admin blog. Pengertian dari Contact Us yaitu suatu layanan yang ada di blog atau website untuk menghubungi admin atau pemilik blog.

 Contact us ini juga memiliki beberapa nama lain yaitu contact me, contact form, kotak saran atau hubungi kami. Semuanya sama saja tujuannya agar pengunjung bisa berinteraksi dengan admin blog untuk sekedar bertanya atau bahkan bekerjasama dengan kita.

Manfaat dari halaman contact us ini adalah pengunjung dapat bertanya seputar topik yang sedang dibahas didalam artikel anda. Apalagi jika pertanyaan mereka dapat anda jawab dengan baik maka pengunjung blog pasti akan merasa senang dan betah berkunjung ke blog anda.

 Manfaat lain karena adanya halaman contact us ini adalah jika suatu saat anda akan mendaftarkan blog anda ke google adsense atau media periklanan lain, maka blog anda akan lebih cepat direview karena blog anda telah memenuhi salah satu persyaratan mereka. Seperti yang kita tahu bahwa mendaftarkan blog agar bisa diterima di google adsense misalnya bukanlah perkara yang mudah. Anda harus mematuhi persyaratan agar blog anda bisa diterima menjadi publisher google adsense. Jika halaman blog anda tidak memiliki layanan contact us maka pihak google adsense pasti akan menolak pengajuan akun adsense anda karena mereka berfikir bahwa anda tidak peduli dengan pengunjung blog anda karena tidak memberikan layanan ini. Sedangkan google adsense sendiri sangat memperhatikan kenyamanan para pengunjung blog ketika mereka sedang berkunjung ke blog anda. Jika pengunjung blog sudah merasa tidak nyaman maka otomatis blog akan sepi pengunjung dan iklan yang terpasang di blog tidak akan ada yang melihat apalagi mengklik iklan tersebut. Hal ini sangat merugikan pihak google adsense dan juga anda sendiri.

 Selain beberapa manfaat dan kegunaan serta kelebihan adanya contact us ini, ada juga kekurangannya. Apa saja kekurangan adanya layanan ini? Salah satunya adalah pengunjung bisa saja memberikan komentar yang tidak penting dan tidak nyambung tentang artikel yang telah anda buat. Pengunjung juga bisa saja mengirim komentar spam di artikel milik kita tersebut. Namun untuk hal ini hanya segelintir orang saja yang melakukannya. Mungkin karena iseng atau bisa saja karena ketidaksengajaan pengunjung blog anda.

 Meskipun memiliki kekurangan, namun anda tetap harus memberikan layanan contact us ini. Karena dengan adanya layanan ini blog anda akan lebih hidup. Ini bukan tanpa alasan, kenapa? Karena pengunjung blog akan berkomentar atau bahkan memberikan kritik dan saran terhadap artikel atau blog kita. Ingat, kritik dan saran itu penting. Hal ini demi kelangsungan blog anda agar lebih baik. Setiap saran yang datang dari orang lain bisa menjadi bahan pembelajaran bagi kita sebagai admin blog. Sehingga kita dapat memperbaiki, mengembangkan dan meningkatkan kinerja blog kita.

 Anda juga pasti akan merasa senang jika ada orang yang berkomentar atau memberi saran terhadap blog kita. Karena dari situ kita tahu bahwa blog kita ada yang mengunjungi dan membaca artikel kita. Meskipun tidak jarang ada yang berkomentar miring namun jangan tersinggung anggap saja itu sebagai cambuk bagi anda agar bisa membuktikan kepada mereka bahwa anda bisa menjadi yang lebih baik.

 Sekian dulu postingan kali ini, semoga bermanfaat.
 Happy blogging. 
Protected by Copyscape Online Plagiarism Check

Tidak ada komentar:

Posting Komentar