Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Sabtu, 27 Juli 2019

Cara Merubah Monitor Menjadi TV


Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips dan trik cara merubah monitor PC menjadi TV yang kualitasnya seperti TV pada umumnya. Membuat TV dari monitor PC atau komputer ini sebenarnya sangatlah mudah dan juga murah. Bahan-bahan yang diperlukan pun sangat mudah didapat dan harganya lebih ekonomis.

Jadi apabila kita memiliki monitor tidak terpakai maka kita bisa memanfaatkannya untuk dijadikan sebuah TV. Dengan cara ini kita juga bisa menonton siaran Televisi dari komputer atau laptop kita. Nah, dari pada beli TV LCD/LED yang harganya mahal, mending kita manfaatkan barang yang sudah ada. Tinggal membeli perangkat tambahan yang diperlukan untuk merubah monitor komputer menjadi TV.

Langsung saja mari kita simak bersama pembahasan singkat tentang cara membuat TV dari monitor komputer.

Yang pertama adalah memastikan bahwa monitor yang akan kita jadikan TV adalah monitor yang masih normal dan berfungsi dengan baik. Jika sudah lama tidak digunakan sebaiknya kita cek terlebih dahulu apakah masih bisa menyala dengan baik atau sudah ada kerusakan.

Cara Merubah Monitor Menjadi TV | caramurahmeriah.blogspot.com

Pastikan kabel-kabel dan konektornya juga masih normal seperti konektor power suplay dan port VGA-nya berfungsi dengan baik. Jika ada yang kendor maka pasangkan kabelnya dengan benar.

Alat-alat tambahan yang perlu kita siapkan adalah sebagai berikut :

1. TV Tuner


Cara Merubah Monitor Menjadi TV | caramurahmeriah.blogspot.com

Tv Tuner adalah perangkat yang digunakan dalam proses ini untuk bisa memanfaatkan monitor menjadi TV. Fungsi dari TV Tuner ini adalah sebagai alat untuk menerima dan mengkonversi sinyal kedalam gambar dan suara agar bisa ditampilkan pada monitor dan speaker aktif.

Sebenarnya TV Tuner ini juga bisa dipasangkan langsung pada motherboard PC, namun disini kita hanya akan membahas tentang cara bagaimana memanfaatkan monitor yang tidak terpakai agar bisa menjadi TV.

2. Antena


Cara Merubah Monitor Menjadi TV | caramurahmeriah.blogspot.com

Alat yang biasa digunakan pada perangkat TV yang satu ini pasti kalian sudah tahu dan biasa melihat atau menggunakannya sehari-hari saat menonton TV kan? Dalam hal ini terserah kalian apakah mau memakai antena yang sudah ada atau bisa membeli antena baru baik itu antena indoor, outdoor atau antena digital. Karena pada dasarnya fungsinya adalah sama saja, yaitu untuk mencari dan memperkuat frekuensi sinyal yang diterima agar kualitas gambar dan suara yang ditampilkan menjadi lebih bagus.

3. Speaker Aktif


Cara Merubah Monitor Menjadi TV | caramurahmeriah.blogspot.com

Untuk bisa menikmati suara dari siaran TV yang menggunakan monitor komputer ini maka kita memerlukan perangkat audio tambahan seperti speaker aktif. Jika kita sudah memiliki speaker aktif dirumah maka kita tinggal menghubungkannya ke TV tuner agar bisa menampilkan suara dari siaran TV yang kita tonton.

CARA MERAKIT

Untuk cara perakitannya sebenarnya sangat mudah dan simpel saja. Tinggal pasang dan colok maka kita bisa menikmati siaran televisi seperti biasanya. Cara merakit setiap komponen agar bisa menayangkan siaran televisi sangatlah mudah.

Yang pertama adalah menghubungkan monitor ke TV Tuner dengan menggunakan kabel VGAagar  monitor dapat menampilkan gambar. Karena pada dasarnya dari sinilah mengapa monitor bisa menampilkan gambar baik itu dari komputer atau dari TV Tuner yang kita gunakan.

Selanjutnya adalah menghubungkan perangkat audio seperti speaker aktif ke TV tuner. Pasangkan kabel speaker ke port audio yang terdapat pada TV Tuner agar kita bisa mendengarkan suara dari siaran televisi.

Kemudian pasangkan antena indoor, outdoor atau antena digital. Dalam hal ini terserah kalian mau pakai antena apapun. Namun kalau menurut saya mending pakai antena digital saja karena bisa dipasang indoor dan outdoor, Selain itu penggunaanya juga sangat mudah dan tidak perlu repot merakit dan memasang antena. Kita hanya tinggal memasangnya lalu menghubungkan ke sumber daya.

Nah, setelah semua terpasang maka kita tinggal menghubungkan masing-masing perangkat ke sumber daya. Hubungkan monitor, TV Tuner dan antena jika anda menggunakan antena digital setelah itu nyalakan semua komponen.

Jika semua perangkat sudah menyala maka monitor akan menampilkan layar berwarna biru biasanya. Karena memang belum ada program TV yang disetting. Maka dari itu kita perlu memprograamnya terlebih dahulu. Atau istilahnya adalah melakukan tuning untuk mencari chanel TV. Caranya juga sangat mudah dan sama seperti memprogram TV biasa.

Tinggal pencet menu menggunakan remot dan cari menu pemrograman lalu pilih tuning, dan selanjutnya pilih auto search/auto tuning maka TV Tuner akan mencari chanel siaran TV secara otomatis. Dan seperti biasa maka akan muncul chanel-chanel TV seperti biasanya sama seperti memprogram TV biasa.

Cara Merubah Monitor Menjadi TV Digital


Kemudian bagaimana cara merubah monitor menjadi TV digital?

Caranya sangatlah mudah, kita hanya perlu menyiapkan STB (Set Top Box) TV digital dan konverter HDMI to VGA. Atau jika monitor sudah support HDMI maka kita tidak memerlukan konverter.

Langkahnya hampir sama seperti menggunakan TV tuner, tinggal hubungkan STB ke monitor menggunakan kabel HDMI atau konverter. Kemudian sambungkan antena dan speaker maka kita bisa langsung menonton siaran TV digital.

Itulah langkah-langkah tentang bagaimana merubah monitor komputer menjadi TV dengan bantuan TV tuner. Dengan cara ini maka kita bisa menghemat biaya daripada monitor tidak terpakai dan membeli TV biasa untuk menonton TV. Maka lebih baik kita menggunakan cara ini agar lebih hemat.

Jika dihitung-hitung harganya juga lebih murah dibanding TV baru. Harga monitor LCD seken sekitar Rp 400.000, TV Tuner baru sekitar Rp 190.000 an, antena digital yang kualitasnya lebih baik dibanding antena biasa sekitar Rp 150.000 an, speaker aktif juga tidak perlu mahal yang penting berfungsi. Pakai saja speaker aktif untuk komputer PC yang kecil harganya juga murah sekitar Rp 50.000 an saja.

Baca Juga

4 komentar:

  1. Aslmkm Admin.. sy mau nanya nih. Bisakah tv tuner dijadikan Smart TV. Jika bisa caranya gmana dan alat tambahannya apa saja? Cara merakitnya gmna? Mksih sblmnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya gx bisa gan, klo mau bisa coba pake smart tv box atau android tv box.

      Tp saya sendiri belum pernah mencobanya

      Hapus
  2. Sekarang kan lagi ramai tv digital. Apakah monitor tabung bisa di pakai untuk tv digital. Dgn bantuan STB?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan bisa, asalkan konektornya support dengan STB

      Hapus