Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Minggu, 07 Juli 2019

Mesin CNC


Mesin CNC - Pada awalnya semua pekerjaan dilakukan dengan menggunakan tenaga manusia. Baik itu membuat suatu benda maupun dalam hal mengolah data-data seperti menghitung maupun menulis. Dengan berkembangnya jaman yang semakin maju, kini manusia mulai mencari cara bagaimana agar bisa mempermudah pekerjaan mereka. Mulai dari membuat alat untuk bekerja maupun untuk membantu dan mempermudah pekerjaan.

Mesin CNC | caramurahmeriah.blogspot.com

Seperti halnya dalam membuat suatu benda, dahulu benda-benda disekeliling kita dibuat secara manual menggunakan tenaga manusia dengan dibantu alat yang seadanya. Misalnya membuat kerajinan dari kayu atau bahan lainnya. Kalau jaman dahulu memakai tenaga manusia, kini mulai berkembang dengan menggunakan peralatan-peralatan canggih yang hasilnya tidak kalah baik dengan buatan manusia. Bahkan mesin-mesin saat ini mampu mengerjakan sesuatu hal yang tidak mungkin bisa dibentuk dengan tangan manusia secara presisi.

Tujuan dari penggunaan alat semacam ini adalah untuk meningkatkan kualitas baik dari segi bentuk dan tingkat presisi suatu benda. Mesin yang sering digunakan untuk membuat benda dengan tingkat presisi yang tinggi adalah menggunakan Mesin CNC.

Mesin CNC adalah mesin yang menggunakan teknologi komputerisasi dan mengaplikasikannya terhadap suatu benda dengan sistem mekanis. CNC merupakan kepanjangan dari Computer Numerical Control. Sesuai dengan namanya, mesin CNC menggunakan komputer untuk melakukan proses kerja yang sudah diatur dengan komputer secara otomatis dengan memasukkan data-data numerik kedalamnya. Sehingga hasilnya lebih presisi dan bisa dikontrol sesuai keinginan.

Awalnya mesin CNC mulai digunakan dengan alasan untuk meminimalisir human eror dan mengurangi biaya akibat kesalahan manusia tersebut. Mengingat tingginya resiko human eror membuat sebagian orang atau pelaku industri kini beralih menggunakan mesin CNC. Selain itu juga untuk meminimalisir kecelakaan akibat human eror itu sendiri. Sehingga lebih aman bagi para pekerja dan lingkungan sekitar.

PRINSIP KERJA MESIN CNC

Prinsip kerja dari mesin CNC sendiri sebenarnya hanya memindahkan pekerjaan yang sebelumnya dilakukan secara manual menjadi otomatis dengan bantuan komputer. Cukup dengan memasukan data pengerjaan seperti panjang, lebar, dan bentuk yang akan diproses kemudian sistem komputer yang terhubung pada mesin akan bekerja secara otomatis.

Jadi, dengan mesin CNC ini kita hanya perlu memasukkan data berupa angka-angka (Numeric) kedalam komputer kemudian komputer akan memproses secara otomatis agar mesin CNC dapat berjalan sesuai data yang telah dimasukkan. Dengan memasukkan data tersebut maka hasil pekerjaan mesin CNC akan lebih presisi karena sesuai dengan standar yang ditentukan untuk membuat benda dengan tingkat presisi yang tinggi.

Apabila terjadi kesalahan dalam memasukkan data maka hasilnya pun tidak akan presisi dan sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Jadi ketelitian dalam melakukan programming mesin CNC seperti memasukkan data-data harus diperhatikan dengan teliti untuk menghindari kesalahan.

Prinsip kerja dari mesin CNC ini sebenarnya sangat sederhana. Mulai dari membuat drawing atau model kemudian melakukan programming mesin dengan memasukkan data seperti panjang dan lebar. Setelah itu memasukkan data programming seperti boring, drilling, milling dan lain-lain. Setelah semua program selesai maka tinggal menjalankan mesin dan mesin akan berjalan secara otomatis sesuai data yang dimasukkan.

JENIS MESIN CNC

Mesin CNC memiliki beberapa jenis diantaranya adalah :

  • Mesin Milling CNC 5 Axis
  • Mesin Frais CNC
  • Mesin Bubut CNC
  • Mesin CNC Plasma Cutting
  • Mesin Pembuat Lekukan
Mesin CNC | caramurahmeriah.blogspot.com

Mesin-mesin tersebut biasanya digunakan dalam industri manufaktur di pabrik-pabrik atau bengkel yang memerlukan tingkat presisi tinggi. Misalnya saja di bengkel bubut untuk membubut besi, kayu atau yang lainnya. Contoh lain yang sering dipakai adalah mesin bubut untuk memperbaiki blok silinder mesin kendaraan. Jika menggunakan mesin bubut CNC maka hasilnya akan lebih presisi dibanding dengan mesin bubut biasa.

Kelebihan dari penggunaan mesin CNC adalah :
  1. Meningkatkan tingkat presisi ukuran suatu benda yang diproses.
  2. Menghindari kesalahan proses.
  3. Meminimalisir human eror yang dapat merugikan.
  4. Mengurangi tingkat kecelakaan kerja.
  5. Meningkatkan efektifitas kerja.
  6. Menghemat biaya produksi.
  7. Mengurangi sampah berupa scrap sisa produksi.
  8. Lebih tahan lama dibanding mesin manual.
  9. Mempercepat proses produksi dalam jumlah yang banyak.
  10. Mampu mengerjakan material yang berdimensi besar.
Mesin CNC banyak digunakan didalam industri manufaktur karena membutuhkan tingkat presisi yang sangat tinggi. Selain itu juga membutuhkan banyak barang produksi agar mampu memenuhi kebutuhan pasar. Dan juga untuk mengurangi resiko kecelakaan kerja didalam pabrik.

Itulah sedikit penjelasan mengenai mesin CNC yang sering digunakan dalam industri. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita tentang dunia industri khususnya mesin CNC.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar