Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Selasa, 09 Juli 2019

Jamu Ayam Bangkok


Seperti yang kita ketahui selama ini bahwa jamu merupakan obat tradisional yang dibuat dari bahan-bahan herbal alami yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Penggunaan jamu ini sangat bermanfaat karena mengandung senyawa alami dan bukan dari bahan kimia. Banyak orang yang mengonsumsi jamu tradisonal sebagai obat atau untuk daya tahan tubuh.

jamu ayam bangkok | caramurahmeriah.blogspot.com

Selain bermanfaat bagi kesehatan manusia, ternyata jamu juga bermanfaat untuk ayam bangkok atau ayam aduan lainnya. Penggunaan jamu untuk ayam bangkok biasanya diberikan secara langsung atau bisa juga dicampurkan kedalam pakan sehingga mempermudah proses pemberian jamu untuk ayam bangkok.

Apabila ayam bangkok sedang dalam keadaan kurang fit, maka tidak ada salahnya untuk mencoba memberikan jamu agar kembali sehat seperti biasa. Jamu untuk ayam bangkok yang biasa diberikan ada bermacam-macam. Karena setiap orang memiliki resep khusus untuk jamu ayam peliharaannya.

Disini kita akan membahas beberapa manfaat bahan-bahan herbal untuk jamu ayam bangkok yang bisa kita berikan kepada ayam kesayangan.

1. Madu

Khasiat yang ada pada madu sangatlah banyak. Selain bermanfaat untuk kesehatan manusia, ternyata madu juga sangat bermanfaat untuk ayam bangkok sebagai suplemen alami yang banyak khasiat. Manfaat madu untuk ayam bangkok diantaranya adalah untuk menjaga daya tahan tubuh atau sebagai antibiotik agar ayam tidak mudah terserang penyakit.

Selain itu madu juga berguna untuk menambah tenaga ketika ayam sedang bertarung. Karena madu memiliki banyak kandungan seperti glukosa, protein, fruktosa dan kalsium yang sangat bermanfaat. Madu juga memiliki karbohidrat yang berguna sebagai sumber energi untuk ayam dalam melakukan aktifitas sehari-hari terutama saat menjalani pertandingan.

Pemberian madu ini biasanya dilakukan pada pagi hari agar ayam lebih tahan terhadap penyakit ketika cuaca sedang ekstrim. Madu bisa diberikan secara langsung dengan cara meminumkannya kepada ayam bangkok. Jika tidak ingin repot kita juga bisa memberikannya secara tidak langsung. Yaitu dengan cara mencampurkannya pada minuman ayam. Sehingga ketika ayam sedang minum maka kandungan yang ada pada madu akan ikut masuk kedalam tubuh.

2. Daging Belut

Daging belut memiliki banyak manfaat untuk ayam bangkok. Diantaranya adalah untuk pembentukan massa otot yang bagus. Karena didalam daging belut ini mengandung banyak protein yang bermanfaat untuk pertumbuhan tubuh ayam agar lebih besar dan kuat.

Selain itu daging belut juga memiliki senyawa Leusin yang bermanfaat untuk kesehatan otot ayam. Sehingga apabila ayam mengonsumsi daging belut ini maka otot-ototnya akan lebih sehat dan kuat. Jika ototnya sehat dan kuat, maka ayam bangkok akan mampu memberikan pukulan yang maksimal dan bertenaga.

Kandungan zat besi dan phospor yang ada pada ayam bangkok juga tidak kalah penting. Yaitu untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang. Ayam yang memiliki tulang yang besar dan kuat tentu akan semakin menambah kekuatan dan bentuk fisik yang lebih bagus lagi.

Pada daging belut juga terdapat lemak yang kaya manfaat sebagai sumber energi dan cadangan tenaga. Lemak yang terkandung didalamnya akan memberikan cadangan tenaga bagi ayam ketika sedang bertanding. Sehingga ayam mampu bertahan lebih lama dan tidak cepat kehabisan tenaga.

Pemberian daging belut ini bisa kita lakukan dengan cara mencincangnya kemudian dicampurkan pada pada pakan ayam.

3. Kunyit

Untuk menjaga kesehatan ayam, umumnya para peternak menggunakan bahan dari kunyit yang mengandung senyawa kurkumin. Senyawa inilah yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan ayam bangkok. Karena kunyit berguna sebagai bahan anti biotik, anti virus, anti kolesterol dan anti mikroba.

Selain digunakan sebagai bahan anti hama, kunyit juga berguna untuk menghilangkan bau tak sedap disekitar kandang ayam. Tak heran jika banyak peternak yang banyak menggunakan kunyit agar kandang mereka tidak berbau yang tak sedap.

Penggunaan kunyit juga sangat mudah. Setelah dicuci bersih, kunyit diparut dan diperas untuk diambil airnya. Selanjutnya air perasan kunyit tersebut ditambahkan ke pakan ayam. Beberapa praktisi perunggasan menggunakan sari kunyit dengan dosis hanya sekitar 3 persen dari berat pakan. Jadi untuk setiap 100 gram pakan ayam cukup ditambahkan sekitar 3 cc perasan kunyit.

4. Gula Merah

Untuk meningkatkan stamina dari ayam bangkok, kita dapat memberikan gula merah pada campuran pakannya. Gula merah mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, zat besi, garam mineral, asam folat serta protein. Selain itu gula merah juga bermanfaat sebagai sumber energi tambahan untuk ayam bangkok karena gula merah mengandung banyak glukosa sebagai sumber tenaga.

5. Temulawak

Jika dalam kehidupan manusia temulawak bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, maka sama halnya dengan manfaatnya untuk ayam bangkok. Temulawak sangat bermanfaat bagi ayam agar memiliki nafsu makan yang baik. Sehingga ayam akan sangat suka sekali makan dan efeknya sangat bagus bagi pertumbuhan tubuh ayam bangkok. Jika ayam suka makan, maka pertumbuhannya akan lebih cepat besar.

6. Bawang Putih

Bawang putih sangat baik untuk menjaga kesehatan sebagai anti biotik alami. Ketika ayam sedang sakit, biasanya para peternak akan memberikan jamu berupa bawang putih agar ayam kembali sehat. Caranya adalah dengan memasukkan bawang putih kedalam mulut ayam agar ayam menelan bawang putih tersebut. Lebih baik bawang putih yang diberikan adalah yang tidak berukuran besar agar ayam mudah menelannya. Atau bisa juga dipotong menjadi ukuran yang lebih kecil agar lebih mudah.

Itulah sedikit informasi mengenai jamu untuk ayam bangkok yang bisa kita berikan untuk daya tahan, stamina dan fisik yang bagus. Untuk memperoleh ayam bangkok yang berkualitas tentunya kita juga harus menjaga pakan dan kebersihan kandang agar selalu bersih. Selain itu latihan untuk ayam bangkok juga sangat penting agar memiliki mental yang baik.

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar