Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Sabtu, 21 Oktober 2017

Cara Membuat Artikel Blog Yang Benar


 Menulis artikel di blog merupakan sesuatu kegiatan yang menarik dan menyenangkan. Selain sebagai media menyalurkan hobi menulis, membuat artikel juga dapat melatih keterampilan seni menulis kita. Selain itu juga dapat melatih kemampuan berbahasa yang baik dan benar melalui media tulisan.

 Menulis artikel di blog juga memiliki sensasi yang jauh lebih menantang. Bagaimana tidak, ketika kita membuat artikel pasti kita akan berfikir apakah postingan blog kita bisa dibaca oleh banyak orang atau tidak. Biasanya hal ini dialami oleh para blogger pemula. Namun tidak jarang blogger profesional pun juga pasti pernah mengalaminya. Akan tetapi dalam kasus ini lebih banyak dialami oleh blogger pemula seperti saya sendiri. Makanya saya sendiri kadang merasa tertantang dan berusaha bagaimana caranya agar artikel yang kita buat bisa dilihat dan dibaca oleh banyak orang.

 Menulis artikel memang gampang-gampang susah. Gampang jika hanya menulis saja namun susah karena harus berfikir bagaimana merangkai kata demi kata agar tulisan yang kita buat bisa menarik dan mudah dipahami tujuannya oleh pembaca.

 Berikut ini ada beberapa tips dalam membuat artikel yang baik dan benar agar menarik dan mudah dipahami oleh pembaca artikel dalam blog kita. Sehingga pengunjung akan merasa senang dan betah berlama-lama mampir di blog milik kita.

 Mari kita simak bersama poin-poin apa saja yang harus diperhatikan dalam menulis artikel di blog.

  • Pertama, siapkan tema yang akan kita buat. Usahakan cari tema yang paling sering dan banyak dicari oleh pengunjung google. Ini bertujuan agar artikel kita bisa muncul di halaman pencarian google. Misalkan saja contohnya tema tentang tips dan trik, tutorial, berita terkini dan lain-lain. 
  • Usahakan tema yang kita pilih tersebut benar-benar kita kuasai dengan baik agar suatu saat apabila ada pertanyaan dari orang lain atau pembaca artikel kita dapat menjawabnya dengan baik. Sehingga pengunjung akan merasa senang karena pertanyaannya bisa dijawab oleh pembuat artikel tersebut. 
  • Pilih tema yang bermanfaat bagi orang lain. Selain sekedar menulis kita juga harus memikirkan manfaat apa yang dapat kita berikan kepada pembaca blog. Sehingga dapat membantu pembaca dalam memecahkan masalah yang sedang di cari solusinya melalui media internet.
  • Kemudian buatlah judul dari artikel yang akan kita buat. Usahakan untuk membuat judul yang singkat padat dan jelas. Selain itu jangan sekali-kali membuat judul yang menipu pembaca. Maksudnya adalah judul yang kita buat sama sekali tidak nyambung dengan tema ataupun isi dari artikel yang kita buat. Sehingga pengunjung akan merasa kesal dan merasa dibohongi gara-gara judul artikel yang tidak sesuai. Memang dalam beberapa kasus banyak juga yang melakukan hal tersebut. Tujuannya tidak lain hanya untuk menarik pengunjung saja agar banyak yang melihat. Tetapi membuat judul yang tidak sesuai juga bisa berdampak buruk terhadap blog milik kita. Bagaimana tidak, pengunjung yang kesal bisa saja melaporkan blog kita ke pihak google melalui layanan report abuse atau laporkan penyalahgunaan yang ada di dalam blog. Setelah dilaporkan maka google akan meninjau blog kita dan akan berdampak pada menurunnya rangking serta kinerja blog kita. Bahkan bisa saja kemungkinan terburuknya adalah " BANNED ".
  • Setelah pemilihan tema dan judul yang tepat langkah selanjutnya adalah membuat isi dan penjelasan dari tema yang kita pilih tersebut. Buatlah isi artikel yang sesuai dengan judul dan tema yang sudah kita tentukan. Berikan penjabaran yang jelas tentang isi artikel anda. Sehingga akan lebih mudah dipahami oleh pembaca. Penjelasan yang singkat dan jelas bertujuan agar tidak menimbulkan pertanyaan dari pembaca artikel karena cukup hanya dengan membaca isi artikel maka mereka sudah paham dan tidak perlu bertanya lagi. 
  • Bila perlu buatlah kerangka atau skema sebelum kita mulai menulis artikel. Mulai dari pembukaan, isi dan penutup. Hal ini bertujuan agar artikel yang kita buat lebih tersusun secara sistematis sehingga tidak membuat pusing dan membingungkan pembaca atau penulisnya sendiri. 
  • Gunakanlah bahasa yang baku dan sesuai dengan ejaan yang benar. Hal ini bertujuan agar artikel yang kita buat terlihat lebih rapi dan tidak acak-acakan dalam hal tata bahasa. Selain itu tata bahasa yang baik pasti akan lebih mudah dipahami dan diterjemahkan oleh google translate. Seperti yang kita tahu bahwa pengunjung blog kita tidak hanya berasal dari satu negara saja. Akan tetapi dari berbagai negara didunia. Untuk itu tata bahasa yang baku sangatlah dianjurkan dalam membuat artikel. 
  • Selain tata bahasa yang baku, kita juga tidak diperbolehkan menggunakan kata-kata jorok, kasar, memprovokasi apalagi mengandung unsur SARA. Ini sangat-sangat tidak dianjurkan oleh siapapun. Karena dapat memicu hal-hal yang buruk yang tidak kita inginkan. Selain itu penggunaan kata atau kalimat yang tidak baik akan membuat pembaca menjadi malas membaca dan merasa bosan sehingga menurunkan jumlah viewer blog kita. Hal ini tentu sangat merugikan kita sendiri mengingat tujuan kita membuat blog adalah agar banyak pengunjung dan follower. Sehingga blog kita dapat cepat berkembang dengan baik.
  • Kemudian buatlah artikel dengan jumlah karakter minimal 500 karakter. Lebih banyak akan lebih baik. 
Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat artikel di blog dengan baik dan benar. Masih banyak poin-poin penting lainnya, namun untuk postingan kali ini cukup sampai disitu saja sebagai dasar dalam membuat artikel. Kami akan segera update postingan kembali secepatnya. 
 Terimakasih sudah membaca. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar