Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Kamis, 26 Oktober 2017

Cara Mengganti Template Blog


 Berikut ini saya akan memberikan info tentang bagaimana cara mengganti template blog dengan mudah.

 Sebelum saya mulai, perlu anda ketahui terlebih dahulu tentang apa itu template blog.

 Template blog yaitu suatu file script yang memuat rangkaian kode-kode HTML dan kode-kode programming lainnya seperti CSS dan javascript yang digunakan sebagai dasar sebuah tampilan blog. Bentuk file template blog itu sendiri yaitu berupa file .xml.

 Anda bisa menggunakan template bawaan yang disediakan oleh blogger atau bisa juga dengan menggunakan template blog lain yang lebih responsive dan sudah SEO friendly. Pemilihan template yang tepat sangat berpengaruh terhadap tampilan blog kita. Jadi, pilihlah templat blog yang sederhana dan memiliki kecepatan loading yang ringan sehingga tidak mengganggu proses pemuatan halaman blog anda. Anda bisa mendapatkan file-file template blogger didalam situs seperti btemplates.com, soratemplates.com, zoomtemplate.com dll. Setelah menemukan template yang anda inginkan kemudian extract terlebih dahulu file tersebut karena biasanya masih berupa zip file. ( baca: Cara Mengekstrak File Zip/rar Template Blog )

 Untuk cara mengganti template, silahkan anda simak langkah-langkah dibawah ini.

 Pertama, silahkan anda masuk terlebih dahulu ke dashboard blogger anda.
 Kemudian pilih Tema


 Pada halaman Tema, anda bisa melihat beberapa jenis tampilan template blog yang bisa anda gunakan. Tema-tema seperti Contempo, Soho, Emporio dan lain-lain seperti yang terlihat pada tampilan tersebut merupakan template bawaan blogger pilihlah sesuai keinginan anda. Jika anda ingin menggunakan template selain template bawaan, anda bisa menambahkannya dengan cara menekan tombol Backup/Pulihkan.


 Kemudian Pilih File template blog yang akan anda gunakan. Pastikan file yang sudah anda download sudah di extract terlebih dahulu sehingga jenis filenya berupa .xml. Jika masih berupa file zip maka template tidak dapat digunakan.

 Setelah itu klik Upload, dan selesai.
Template blog anda kini telah berubah sesuai keinginan anda.

Catatan :
 Jika anda ingin mengatur warna, font dan tata letak template silahkan anda buka Tema, pilih Sesuaikan jika anda tidak ingin pusing-pusing mengedit template dengan coding. Namun jika anda ingin mengedit dengan menggunakan coding, anda bisa tekan Edit HTML kemudian masukkan kode script yang akan anda gunakan. Protected by Copyscape Online Plagiarism Check

Tidak ada komentar:

Posting Komentar