Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Jumat, 13 Oktober 2017

Cara Membuat Blog

CARA CEPAT MEMBUAT BLOG 



 Blog?? Apa itu?? 

 Blog adalah singkatan dari web log, yaitu bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web.

 Ada berjuta-blog di internet, baik yang masih aktif ataupun yang sudah tidak aktif lagi. Topiknya pun bermacam-macam tergantung si penulis blog itu sendiri. 

 Nah, kali ini saya akan memberikan cara mudah membuat blog. 

 Pertama, masuk ke Google
Kemudian masuk ke www.blogger.com 
Akan muncul tampilan seperti ini 


Pilih BUAT BLOG
Akan muncul tampilan dimana anda harus memasukkan Email dan Sandi google untuk akun blog anda. 


 Setelah memasukkan email dan sandi google anda, kemudian klik berikutnya dan akan muncul pop up seperti ini


 Masukkan judul blog yang akan anda buat. Pilih judul yang mencerminkan isi dari blog yang akan anda buat. Misalkan saja "Kumpulan Resep Masakan".
 Kemudian masukkan alamat blog anda. Alamat ini akan digunakan sebagai alamat website anda. Cari nama alamat blog yang singkat, mudah dibaca dan mudah diingat untuk memudahkan pengunjung website anda sewaktu akan mengunjungi website anda kembali suatu saat nanti.

 Setelah anda memasukkan alamat blog, google akan memeriksa ketersediaan alamat tersebut. Apakah alamat tersebut sudah atau pernah digunakan atau belum. Jika alamat tidak tersedia maka masukkan alamat lain yang mungkin masih tersedia dan belum pernah digunakan orang lain. 
 Jika pemilihan alamat blog sudah tersedia maka anda akan dialihkan untuk memilih domain anda. 

 Untuk hal ini terserah anda apakah ingin memakai domain blogspot.com atau memakai domain pilihan anda sendiri dengan menggunakan domain TLD ( Top Level Domain ) yang tersedia jika anda menekan tombol telusuri pada tampilan diatas. Setelah di klik akan muncul tampilan seperti ini


 Didalam tampilan tersebut tersedia berbagai macam domain seperti .com .id .org dan lain-lain (akun nonhosted) . Selain itu juga bisa dilihat berapa harga untuk masing-masing domain, harganya pun bervariasi. Harga tersebut memiliki masa aktif 1 tahun. Jadi apabila sudah jatuh tempo masa aktif akan berakhir, google akan mengirimkan email apakah akan diperpanjang atau tidak. 

 Jika tidak ingin membeli domain, maka tekan saja tombol lain kali dan akan otomatis masuk ke dashboard blogger seperti ini


 Setelah itu silahkan anda tekan tombol entri baru untuk mulai menulis artikel kemudian publikasikan agar dapat dilihat oleh pengunjung.

 Happy blogging,.... 
Protected by Copyscape Online Plagiarism Check

Tidak ada komentar:

Posting Komentar