Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Senin, 23 Oktober 2017

Pengertian Blog

 Blog adalah singkatan dari Web Log yang merupakan suatu bentuk aplikasi web yang berisi tulisan-tulisan bisa juga disertai dengan gambar yang dimuat sebagai postingan artikel pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan postingan artikel ini dimuat pada halaman web dengan urutan postingan terbaru berada di posisi paling atas diikuti dengan postingan yang lama. Situs web seperti blogger ini bisa di lihat dan di akses oleh semua pengguna internet di seluruh dunia. Yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan para pengguna blog baik itu pemilik blog maupun pengunjung blog. Blog juga biasanya diakses oleh para penggunanya sesuai dengan topik yang digunakan dengan cara mengakses melalui Google, Yahoo!, Bing dan search engine lainnya. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara memasukkan keyword pada halaman pencarian search engine yang tersedia.

 Blog sendiri dahulunya dipopulerkan oleh Blogger.com yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh pihak Google pada akhir tahun 2002 lalu. Setelah kemunculan blogger yang mulai populer dikalangan masyarakat dunia, kemudian muncul beberapa aplikasi-aplikasi pendukung blogger yang diperuntukkan bagi para pengguna blogger demi perkembangan blog yang mereka miliki. Misalnya saja aplikasi ataupun situs pembuatan template blog, pembuatan logo blog dan masih banyak lagi lainnya. Semua itu dilakukan guna mempermudah dalam hal pengembangan situs blog agar lebih menarik dan bervariasi.

 Blog memiliki fungsi yang beraneka ragam mulai dari catatan harian, media promosi dan publikasi, bahkan media program-program lain yang kaitannya dengan kepentingan orang banyak. Blog sendiri bisa dimiliki dan dikelola secara individu atau perorangan maupun secara kelompok atau organisasi. Bagi sebagian blog juga ada yang dipelihara oleh penulis tunggal dan ada juga yang memiliki beberapa penulis atau admin blog. Selain itu ada beberapa fasilitas blog yang bisa digunakan untuk berinteraksi dengan pengunjung blog seperti buku tamu dan kolom komentar. Sehingga pengunjung blog dapat meninggalkan komentar atau pertanyaan seputar topik yang ada di dalam artikel.

 Untuk jenis-jenis blog ada bermacam-macam diantaranya :

  • Blog Pendidikan, yaitu blog yang isinya membahas tentang pendidikan seperti kiat sukses menghadapi ujian, contoh soal-soal latihan dan pembahasan maupun berita tentang dunia pendidikan terkini. Blog jenis ini biasanya ditulis oleh pelajar, mahasiswa atau guru.
  • Blog Kesehatan, blog yang satu ini membahas tentang kesehatan guna memberikan informasi bermanfaat kepada pengunjung blog tentang bagaimana cara hidup sehat dan lain-lain. 
  • Blog Politik, membahas tentang dunia politik seperti kampanye partai atau sekedar memberikan informasi seputar politik di dunia. 
  • Blog Pribadi, atau biasa disebut dengan blog catatan harian. Yaitu blog yang isinya seputar kehidupan sehari-hari dari penulis artikel di blog tersebut. 
  • Blog Bertopik, adalah blog yang membahas tentang sesuatu dan fokus pada topik tertentu. 
  • Blog Sastra, atau disebut dengan Litblog ( Literary Blog ) yang isinya berupa artikel sastra seperti puisi, pantun, syair dan sebagainya. 
  • Blog Perjalanan, blog yang fokus terhadap artikel yang berisi tentang cerita atau pengalaman saat melakukan perjalanan atau berkunjung ketempat tertentu ketika sedang traveling.
  • Blog Mode, lebih dikenal sebagai Fashion Blog. Yaitu blog yang berisi info seputar gaya hidup dan perkembangan fashion.
  • Blog Riset, yaitu blog tentang akademis serta laporan hasil riset tertentu. 
  • Blog Hukum, atau nama lainnya yaitu Blawgs ( Blog Laws ), isinya seputar persoalan hukum dan yang berkaitan dengan hukum. 
  • Blog Media, isinya berfokus pada bahasan berbagai macam informasi.
  • Blog Bisnis, yaitu blog yang biasanya digunakan oleh perorangan atau perusahaan serta wirausahawan yang digunakan sebagai media promosi bisnis mereka. 
  • Blog Agama, blog yang membahas tentang agama. 
  • Blog Kebersamaan, yaitu blog untuk membahas topik tertentu yang ditulis oleh suatu kelompok atau komunitas tertentu. 
  • Blog Petunjuk ( Directory ), sebuah blog yang berisi ratusan link halaman website. 
  • Blog Pengejawantahan, yaitu blog yang fokus pada objek diluar manusia seperti hewan dan tumbuhan. 
  • Blog Parenting, yaitu blog yang berisi cerita yang bertema tentang kehidupan keluarga seperti bagaimana cara menjadi orang tua yang baik, cara mengasuh anak danain sebagainya. 
  • Blog Pengganggu, disebut juga Splogs ( Spam Blogs ) digunakan sebagai media untuk promosi bisnis affiliate.
  • Blog Virus, digunakan untuk merusak. 
 Itulah beberapa pengertian dan pembahasan tentang apa itu blog, sejarah berdirinya blog serta jenis dan kegunaan blog. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat untuk menambah wawasan anda sebelum menjadi seorang blogger profesional guna mencapai kesuksesan didunia blogging. Setelah anda mengetahui tentang blog, silahkan mencoba untuk mulai membuat blog

 Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf apabila ada kesalahan. 
Terimakasih. 
Protected by Copyscape Online Plagiarism Check

Tidak ada komentar:

Posting Komentar