Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Kamis, 01 Maret 2018

Perkembangan Processor Komputer

Pengertian Processor Komputer

Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengolahan data pengendali komputer yang juga didukung oleh komponen lainnya. Processor adalah IC yang mengatur seluruh jalannya sebuah sistem komputer yang digunakan sebagai pusat dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas pengolahan data. 
Processor terletak pada socket yang ada pada motherboard dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang berpengaruh terhadap kecepatan komputer tergantung pada dari jenis dan kapasitas processornya.
Processor adalah chip yang sering disebut dengan microprocessor yang sekarang processor ukurannya sudah mencapai gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan processor dalam mengolah data atau informasi. Merk processor yang banyak beredar dipasaran yaitu AMD, Apple, Cyric VIA, IBM, IDT, dan Intel.bagian-bagian dari processor terdiri dari Aritcmatics Logical Unit (ALU), Control Unit (CU) dan Memory Unit (MU).

Sejarah Perkembangan Processor

Processor yang sekarang ini banyak digunakan sebenarnya telah mengalami banyak perubahan dan perkembangan. Berikut ini perkembangan processor dari tahun ke tahun.
  • Pada tahun 1971 muncul microprocessor pertama dari Intel dan diberi nama Microprocessor 4004 yang digunakan pada mesin kalkulator Busicom. Dengan penemuan ini maka terbukalah jalan untuk memasukkan kecerdasan buatan pada benda sebuah alat.
  • Pada tahun 1972 muncul microprocessor 8008 yang berkekuatan dua kali lipat dari pendahulunya yaitu 4004.
  • Pada tahun 1974 muncul microprocessor 8080 yang menjadi otak dari sebuah komputer yang bernama Altair dan pada saat itu terjual sekitar 10.000 unit dalam satu bulan.
  • Pada tahun 1978 muncul microprocessor 8086-8088. Sebuah penjualan penting dalam divisi komputer terjadi pada produk untuk komputer pribadi buatan IBM yang memakai processor 8088 yang berhasil mendongkrak nama Intel.
  • Pada tahun 1982 muncul microprocessor 286 atau Intel 286 yang lebih dikenal dengan nama 80286 yang merupakan processor yang pertama kali dapat mengenali dan menggunakan software yang digunakan untuk processor sebelumnya. 
  • Pada tahun 1985 muncul microprocessor Intel 386™ yaitu sebuah processor yang mempunyai 275.000 transistor yang tertanam diprocessor tersebut yang jika dibandingkan dengan 4004 memiliki 100 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan 4004.
  • Pada tahun 1989 muncul Intel 486™ DX CPU microprocessor merupakan processor pertama yang memudahkan berbagai aplikasi yang tadinya harus mengetikkan command menjadi hanya dengan klik saja dan mempunyai fungsi kompleks metematika sehingga memperkecil beban kerja pada processor. 
  • Pada tahun 1993 muncul Intel® Pentium® Processor yang merupakan processorgenerasi baru yang mampu mengatasi berbagai jenis data seperti suara, tulisan tangan dan gambar atau foto.
  • Pada tahun 1995 muncul Intel® Pentium® Pro Processor yang dirancang untuk digunakan padda aplikasi server dan workstation yang dibuat untuk memproses data secara cepat karena processor ini memiliki 5,5 juta transistor yang tertanam.
  • Protected by Copyscape
  • Pada tahun 1997 muncul Intel® Pentium® II Processor yang menggabungkan Intel MMX yang dirancang secara khusus untuk mengolah data video, audio dan grafik secara efisien. Pada processor ini terdapat 7,5 juta transistor yang tertanam dan terintegrasi didalamnya sehingga dengan processor ini pengguna PC dapat mengolah berbagai data dan menggunakan internet dengan lebih baik.
  • Pada tahun 1998 muncul Intel® Pentium® II Xeon® Processsor yang dibuat untuk kebutuhan aplikasi pada server. Intel pada saat itu ingin memenuhi strateginya yang ingin memberikan sebuah processor unik untuk sebuah pasar tertentu.
  • Pada tahun 1999 muncul Intel® Celeron® Processor yang merupakan sebuah processor yeng dikeluarkan sebagai processor yang ditujukan untuk pengguna yang tidak terlalu membutuhkan kinerja processor yang lebih cepat bagi pengguna yang ingin membangun sebuah sistem komputer dengan biaya yang tidak terlalu besar. Procesor Intel Celeron ini memiliki bentuk yang sama dengan processor intel jenis pentium tetapi dengan instruksi-instruksi yang lebih sedikit, L2 cache-nya yang lebih kecil, kecepatan yang lebih lambat, dan harga yang lebih murah dari pada processor intel jenis pentium. Dengan keluarnya processor celeron ini maka intel kembali memberikan sebuah processor untuk sebuah pasar tertentu. Ditahun yang sama muncul pula Intel® Pentium® III Processor yang diberi tambahan 70 instruksi baru yang memperkaya kemampuan pencitraan tingkat tinggi, tiga dimensi, audio streaming dan aplikasi video dan pengenalan suara. Masih ditahun yang sama Intel kembali merambah pasaran server dan workstationdengan mengeluarkan Intel® Pentium® III Xeon® Processor tetapi jenis pentium yang mempunyai 70 perintah SIMD. Keunggulan dari processor ini adalah dapat mempercepat pengolahan informasi dari sistem bus ke processor yang juga mampu mendongkrak performa secara signifikan. Processor ini jug dirancang untuk dipadukan dengan processor lain yang sejenis.
  • Pada tahun 2000 muncul Intel® Pentium® IV yang merupakan produk  dari Intel dengan kecepatan prosesnya mampu mencapai 3.06 GHz. Pertama kali keluar processor ini memiliki kecepatan 1.5 GHz dengan formfactor pin 423 setelah itu intel merubah form factor processor intel pentium 4 menjadi pin 478 yang dimulai dari processor intel pentium 4 berkecepatan 1.3 GHz sampai yang terbaru saat ini mampu menembus kecepatan hingga 3.4GHz. 
  • Pada tahun 2001 muncul Intel® Xeon® Procesor. Processor intel pentium 4 xeon merupakan processor yang ditujukan untuk digunakan sebagai komputer server. Processor ini memiliki jumlah pin lebih banyak dari processor intel pentium 4 dan dengan memori L2 cache yang lebih besar pula. Kemudian masih ditahun 2001 muncul Intel® Itanium® Processor yang merupakan processor pertama yang berbasis 64 bit ditujukan bagi pemakaian pada server dan workstation serta pemakaian tertentu. Processor ini sudah dibuat dengan struktur yang benar-benar berbeda dari sebelumnya yang didasarkan pada desain dan teknologi Intel's  Explicitly Parallel Instruction Computing (EPIC).
  • Pada tahun 2002 muncul Intel® Itanium® 2 Processor yang merupakan generasi kedua dari Itanium.
  • Pada tahun 2003 muncul Intel® Pentium® M Processor. Chipset 855 dan Intel® Pro/Wireless 2100 adalah komponen dari Inte® Centrino™ yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar akan keberadaan sebuah komputer yang mudah dibawa kemana-mana.
  • Pada tahun 2004 muncul Intel Pentium M 735/745/755 yang dilengkapi dengan chipset 855 dengan fitur baru 2Mb L2 cache 400MHz sistem bus dan kecocokan dengan socket processor dengan seri-seri pentium M sebelumnya. Masih ditahun 2004 muncul Intel E7320/E7520 chipset yang dapat digunakan untuk dual processor dengan konfigurasi 800MHz FSB, DDR2 400 memory dan PCI express periferal interfaces.
  • Pada tahun 2005 muncul Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73 GHz yang merupakan sebuah processsor yang ditujukan untuk pasar pengguna komputer yang menginginkan sesuatu yang lebih dari komputernya. Processor ini menggunakan konfigurasi 3.73GHz frequency, 1.066GHz FSB, EM64T, 2MB L2 cache dan Hyper Threading. Ditahun yang sama muncul Intel Pentium D820/830/840 yang merupakan processor yang berbasis 64bit dan disebut dual core karena menggunakan 2 buah inti dengan konfigurasi 1MB L2 cache pada tiap core, 800MHz FSB dan bisa beroperasi pada frekuensi 2.8GHz, 3.0GHz. Pada processor ini juga disertakan dukungan HyperThreading.
  • Pada tahun 2006 muncul Intel Core 2 Quad Q6600 yang merupakan komputer untuk tipe dekstop dan digunakan pada orang yang ingin kekuatan lebih dari komputer yang dimiliki. Processor ini memiliki 2 buah core dengan konfigurasi 2.4GHz dengan 8MB L2 cache sampai dengan 4MB yang dapat diakses tiap core, 1.06GHz Front-side bus dan Thermal Design Power (TDP). Ditahun 2006 pula muncul Intel Quad-core Xeon X3210/X3220. Processor yang digunakan untuk tipe server dan memiliki 2 buah core dengan masing-masing memiliki konfigurasi 2.13 dan 2.4GHz berturut-turut dengan 8MB L2 cache dapat mencapai 4Mb yang diakses untuk tiap core, 1.06GHz Front-side bus dan TDP. 
 Itulah pembahasan mengenai sedikit penjelasan tentang processor dan perkembangannya dari tahun ke tahun. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar