Merawat kendaraan merupakan hal yang wajib kita lakukan agar kendaraan yang kita miliki tetap dalam kondisi yang baik serta memberikan performa terbaik saat berkendara. Kendaraan yang jarang dirawat pasti akan mengalami banyak kendala jika digunakan untuk berkendara karena banyak komponen-komponen yang tidak terawat sehingga menyebabkan kerusakan komponen. Jika kerusakan yang terjadi sangat parah maka bisa saja kendaraan tersebut tidak dapat digunakan.
Anda pasti sudah sangat familiar dengan mesin kendaraan baik itu sepeda motor atau mobil. Didalam mesin kendaraan tersebut sama-sama memiliki komponen penting yang perlu untuk diperiksa secara berkala untuk menghindari kerusakan serta agar kendaraan tetap dalam performa terbaiknya. Salah satu komponen tersebut adalah Katup/Klep atau dalam bahasa bule nya disebut dengan valve.
Katup atau klep ini berfungsi untuk mengatur keluar masuknya udara dan bahan bakar pada mesin. Katup pengatur masuknya campuran udara dan bahan bakar disebut sebagai Katup Hisap (Intake Valve). Sedangkan katup atau klep untuk mengatur keluarnya gas sisa pembakaran diruang bakar disebut sebagai Katup Buang (Exhaust Valve). Katup hisap dan katup buang ini ada pada setiap silinder mesin. Jika pada mesin memiliki 1 silinder maka ada 2 katup/klep yaitu katup hisap dan katup buang. Jika mesin memiliki 2 silinder berarti akan ada 4 buah katup, yaitu 2 katup hisap dan 2 katup buang. Katup/klep ini harus terbuat dari bahan yang tahan terhadap panas seperti bahan Nickle Chrome Steel (baja chrom nikel). Pada umumnya katup itu berbentuk seperti jamu sehingga disebut sebagai poppet valve. Klep ini terpasang menutup dan melekat pada dudukannya dengan sangat rapat karena tekanan dari pegas katup.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips dan cara bagaimana menyetel katup atau klep mobil sesuai standarnya. Simak penjelasan berikut ini.
Anda pasti sudah sangat familiar dengan mesin kendaraan baik itu sepeda motor atau mobil. Didalam mesin kendaraan tersebut sama-sama memiliki komponen penting yang perlu untuk diperiksa secara berkala untuk menghindari kerusakan serta agar kendaraan tetap dalam performa terbaiknya. Salah satu komponen tersebut adalah Katup/Klep atau dalam bahasa bule nya disebut dengan valve.
Katup atau klep ini berfungsi untuk mengatur keluar masuknya udara dan bahan bakar pada mesin. Katup pengatur masuknya campuran udara dan bahan bakar disebut sebagai Katup Hisap (Intake Valve). Sedangkan katup atau klep untuk mengatur keluarnya gas sisa pembakaran diruang bakar disebut sebagai Katup Buang (Exhaust Valve). Katup hisap dan katup buang ini ada pada setiap silinder mesin. Jika pada mesin memiliki 1 silinder maka ada 2 katup/klep yaitu katup hisap dan katup buang. Jika mesin memiliki 2 silinder berarti akan ada 4 buah katup, yaitu 2 katup hisap dan 2 katup buang. Katup/klep ini harus terbuat dari bahan yang tahan terhadap panas seperti bahan Nickle Chrome Steel (baja chrom nikel). Pada umumnya katup itu berbentuk seperti jamu sehingga disebut sebagai poppet valve. Klep ini terpasang menutup dan melekat pada dudukannya dengan sangat rapat karena tekanan dari pegas katup.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips dan cara bagaimana menyetel katup atau klep mobil sesuai standarnya. Simak penjelasan berikut ini.
Alat Dan Bahan
Pertama-tama sebelum kita memulai proses penyetelan klep mobil, terlebih dahulu kita siapkan alat yang akan kita gunakan. Alat-alat yang digunakan untuk menyetel klep mobil yaitu :
- Kunci pas ukuran 12
- Kunci pas ukuran 14
- Kunci pas ukuran 19
- Kunci momen
- Obeng +/-
- Fuller gauge
Langkah Kerja
Jika mesin dalam keadaan dingin, panasi dahulu mesin tersebut sebelum dilakukan penyetelan katup/klep kemudian matikan kembali mesin. Langkah-langkah untuk menyetel klep mobil yaitu :
- Buka dahulu tutup kepala silinder mesin.
- Putar puli dengan kunci 19 pada titik mati atas (TMA).
- Pastikan coakan kecil pada puli tepat berada sejajar dengan angka 0.
- Lihat posisi rotor pada distributor jika posisi rotor menghadap busi nomor 2, itu tandanya pada posisi top kompresi 1.
- Kencangkan baut-baut kepala silinder dan baut penunjang batang tumbuk katup (rocker arm) menggunakan kunci momen.
- Momen pengencangan baut rocker arm yaitu 1,8 - 2,4 kg.m
- Momen pengencangan baut kepala silinder yaitu 5,4 - 6,6 kg.m
- Setel klep pada gambar dibawah yang ditunjuk tanda panah.
Top kompresi 1 |
- Setel katup hisap dengan menggunakan fuller ukuran 0,20mm.
- Setel katup buang dengan fuller ukuran 0,30mm.
- Jika semua klep pada top kompresi 1 sudah disetel, langkah selanjutnya yaitu memutar puli sebanyak satu putaran penuh sehingga coakan pada puli akan sejajar kembali dengan angka 0.
- Lihat rotor pada distributor pastikan bahwa posisinya membelakangi busi nomor 2. Itu tandanya bahwa pada posisi top komoresi 4.
- Setel klep pada gambar dibawah yang ditunjukkan anak panah.
Top kompresi 4 |
- Setel klep pada posisi top 4 dengan cara dan ukuran celah yang sama seperti saat menyetel klep pada top 1 diatas.
- Setelah semua klep sudah disetel, tutup kembali penutup kepala silinder.
Itulah penjelasan tentang bagaimana penyetelan katup atau klep mobil. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Terimakasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar