Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Sabtu, 17 Maret 2018

Kelebihan Vespa Dibanding Sepeda Motor Lain

Siapa yang tak kenal dengan vespa, sepeda motor antik era jaman old ini masih menjadi primadona dan menjadi barang buruan yang paling dicari oleh para pecinta scooter terutama vespa. Para pecinta vespa memang banyak sekali yang menginginkan kendaraan antik ini untuk koleksi kendaraan bermotor mereka. Barang antik asal Italia ini mampu memperoleh pasar tersendiri di kelasnya. Ada banyak sekali pecinta vespa yang menggunakan kendaraan ini agar terlihat keren dengan vespa antik yang mereka miliki.

Vespa antik ini sekarang memang sudah jarang dijumpai dijalanan karena sudah tergantikan oleh sepeda motor modern yang begitu canggih dan banyak model-model yang sudah memiliki banyak peminat. Namun untuk soal peminat, vespa tetap menjadi kendaraan primadona yang akan membuat pemilik atau pengendaranya menjadi terlihat keren ketika dibawa jalan-jalan.

Lalu apa sih yang menyebabkan vespa memiliki begitu banyak peminat terutama para pecinta barang antik khususnya vespa? Pengen tau jawabannya? Mari kita review bersama apa saja kelebihan yang dimiliki vespa.


  • Konstruksi mesin dan body vespa lebih sederhana dibandingkan dengan sepeda motor sekarang yang memiliki konstruksi mesin dan body yang begitu rumit. 
  • Vespa memiliki akselerasi atau tarikan yang spontan. Begitu handle gas ditarik, maka vespa akan langsung melaju dengan spontan sehingga tidak menimbulkan efek tarikan mesin yang terasa berat.
  • Perawatan mesin lebih mudah. Vespa lebih mudah dalam hal perawatan karena tidak memerlukan mekanisme katup hisap dan katup buang seperti yang ada pada motor jenis lain. Hal ini disebabkan karena vespa menggunakan mesin 2 tak jadi tidak memerlukan katup.
  • Oli mesin lebih awet dan hemat. Hal ini disebabkan karena vespa memiliki sistem pelumasan oli dimana oli mesinnya tidak melumasi komponen pembakaran di ruang bakar. Jadi dalam hal ini oli mesin tidak ikut terbakar di ruang bakar sehingga oli mesin lebih tahan lama.
  • Vespa menggunakan oli transmisi sekitar 300 cc. Jadi tidak memerlukan banyak oli gardan untuk melumasi komponen-komponen transmisi.
  • Sistem pendinginan mesin vespa menggunakan pendingin udara. Jadi vespa tidak memerlukan adanya radiator atau pendingin tambahan untuk menjaga temperatur atau suhu kerja mesin. Selain itu vespa memiliki sistem pendingin udara yang diatur dengan rotor yang memiliki kipas sehingga sistem pendinginan lebih stabil sesuai dengan kecepatan putaran mesin.
  • Vespa tidak memerlukan rantai atau belt sebagai penggerak roda. Hal ini disebabkan karena vespa memiliki sistem penggerak langsung dengan sistem transmisi roda gigi tanpa perantara rantai atau belt sehingga efisiensi tenaga lebih besar dan daya tanjaknya juga lebih kuat.
  • Sistem pemindah gigi ada pada handle sebelah kiri. Dengan sistem pemindah gigi yang berada pada handle sebelah kiri seperti ini akan memudahkan pengendara saat memindahkan gigi transmisi sesuai kebutuhan. Selain itu posisinya yang disebelah kiri bersamaan dengan handle kopling membuat tangan kiri pengendara dapat melakukan dua pekerjaan sekaligus yaitu menarik handle kopling dan memindahkan gigi transmisi.
  • Karena letak pemindah gigi transmisi ada pada handle kiri, maka kaki pengendara lebih leluasa dan bebas dari kerja kecuali saat melakukan pengereman. Sehingga kenyamanan pengendara saat menaiki vespa akan lebih terjamin.
  • Pengendara terbebas dari radiasi panas mesin. Hal ini disebabkan karena mesin berada dibelakang dan tertutup oleh bodi yang kuat dan tebal sehingga kenyamanan pengendara tetap terjaga. 
  • Vespa memiliki pijakan kaki yang lebar. Kelebihan dari model pijakan lantai atau bahasa pabriknya disebut dengan step floor seperti ini adalah kaki pengendara lebih leluasa bergerak dan terhindar dari percikan atau genangan air dijalan sehingga kaki pengendara tidak terlihat kotor.
  • Vespa memiliki bagasi yang luas dan dapat dikunci sehingga pengendara dapat menyimpan barang dengan aman.
  • Selain bagasi yang dapat dikunci, vespa juga memiliki tempat gantungan barang sehingga apabila bagasi sudah penuh pengendara dapat menggantungkan barang bawaannya dengan aman.
  • Vespa juga memiliki kunci yang unik karena multifungsi. Satu kunci bisa digunakan untuk mengunci bagasi, mengunci kemudi, dan mengunci sadel atau jok.
  • Salah satu perlengkapan yang sangat penting yang ada pada vespa yaitu adanya roda cadangan, sehingga jika salah satu roda mengalami kerusakan maka bisa segera diganti dengan roda cadangan.
  • Yang unik dari vespa dan menjadi suatu kelebihan yang tidak dimiliki oleh sepeda motor lain yaitu, roda depan dan belakang dapat ditukar sekaligus dengan peleknya. Jadi tidak perlu khawatir roda tertukar karena roda depan dan belakang memiliki ukuran dan model yang sama saja.
Itulah kelebihan yang dimiliki vespa. Akan tetapi  vespa juga memiliki beberapa kekurangan antara lain :
  • Kunci yang multifungsi tersebut yang dapat digunakan untuk mengunci kemudi, bagasi dan jok apabila hilang maka semua tidak bisa dibuka.
  • Sparepart original ataupun yang imitasi dari vespa yang semakin sulit didapatkan menjadi salah satu kendala yang sering dialami oleh pemiliknya.
  • Harga sparepart yang mahal dan langka.
  • Sistem pemindahan gigi dan kopling yang berada pada tangan kiri secara bersamaan seringkali membuat bingung terutama bagi pengendara yang baru menaiki vespa atau yang belum terbiasa dengan model pemindahan gigi transmisi dan kopling seperti ini.
  • Karena menggunakan mesin 2 tak tak heran jika vespa mengeluarkan asap sisa pembakaran yang cukup banyak.
Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada pada scooter jadul yang antik dan memiliki pamor yang luar biasa dikalangan pecinta barang antik terutama vespa. Namun pada dasarnya apapun pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, hal seperti ini masih bersifat wajar. Bagi para pecinta vespa antik kekurangan dan kelebihan tersebut justru menjadi sensasi tersendiri yang membuat para pecinta vespa semakin tertantang untuk bisa memilikinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar