Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Minggu, 18 Maret 2018

perbedaan vga onboard dan vga card

Dalam dunia perkomputeran pasti anda sudah tidak asing lagi dengan salah satu alat yang pasti ada didalam sebuah PC atau komputer. Alat tersebut dinamakan kartu grafis atau VGA. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang perbedaan VGA onboard dan VGA card.

Pengertian VGA

Sebelum menuju ke pembahasan lebih lanjut, pertama-tama kita harus tahu apa itu VGA beserta penjelasannya. Berikut akan saya jelaskan apa itu VGA.
VGA merupakan singkatan dari Video Graphics Accelerator. VGA berfungsi sebagai alat untuk mengolah data grafis yang akan ditampilkan pada layar monitor. Jadi jika tidak ada VGA ataupun VGA mengalami kerusakan dalam sebuah komputer maka layar monitor tidak akan menampilkan apapun alias blank. VGA itu sendiri ada yang berupa slot tambahan atau VGA Card eksternal dan VGA bawaan yang terdapat pada motherboard pada CPU komputer yang disebut dengan VGA OB (OnBoard). 
VGA juga memiliki sebuah processor yang disebut dengan GPU (Graphics Processing Unit) yang juga memerlukan memori atau penyimpanan data. Pada motherboard yang beredar dipasaran saat ini biasanya menggunakan motherboard yang sudah memiliki VGA onboard atau bawaan dari motherboard itu sendiri. Hal ini sangat menguntungkan para pengguna sehingga kita tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membeli VGA card. Jadi lebih hemat bukan?

Perbedaan VGA OB (Onboard) dan VGA Card

Setelah kita mengetahui apa itu VGA beserta jenis dan fungsinya, kita juga perlu mengetahui apa perbedaan VGA Onboard dan VGA Card. Sehingga selain menambah pengetahuan, kita juga harus tau apa saja perbedaan dari kedua jenis VGA tersebut. Berikut ini adalah beberapa perbedaannya.
  1. Dari segi kinerja VGA, ada sebuah perbedaan yang perlu anda ketahui. VGA OB mempunyai kinerja yang lebih rendah bila dibandingkan dengan VGA Card eksternal. Akan tetapi jika komputer yang anda gunakan tidak memerlukan kinerja yang maksimal seperti untuk bermain game 3D yang beresolusi HD, anda masih bisa menggunakan VGA OB yang sudah ada pada motherboard. Tetapi jika anda ingin kinerja yang lebih baik dan optimal dalam bermain game maka sebaiknya anda menggunakan VGA card eksternal. Karena pada dasarnya game-game terbaru saat ini memiliki grafik yang luar biasa keren dan dibuat se-real mungkin. Sehingga pasti akan memerlukan kapasitas VGA yang lebih besar. Namun sekarang ini juga sudah banyak beredar motherboard dengan VGA OB yang kinerjanya sudah mampu menandingi bahkan lebih unggul dari VGA card eksternal.
  2. Sedangkan jika dilihat dari segi penggunaan dan kapasitas memori, VGA OB tidak memiliki memori sendiri sehingga VGA OB akan menggunakan sebagian kapasitas RAM yang ada pada komputer untuk dapat bekerja. Hal ini tentu akan menyebabkan kinerja RAM menjadi lebih lambat. Tapi jangan khawatir, karena sekarang sudah banyak produsen motherboard yang sudah menambahkan memori tersendiri untuk VGA OB agar kinerja yang dihasilkan lebih bagus sehingga kinerja RAM menjadi lebih cepat dan maksimal karena kapasitas dari RAM itu sendiri tidak terganggu oleh VGA OB yang belum memiliki memori sendiri. VGA card memiliki kapasitas memori yang lebih besar. Semakin besar kapasitas memori yang ada pada VGA card maka semakin baik pula hasil pengolahan grafisnya sehingga sangat maksimal dalam menampilkan grafis terutama pada saat memainkan game.
  3. Perbedaan selanjutnya yaitu ada pada bentuk dan ukuran dari VGA OB yang memiliki bentuk yang lebih kecil daripada VGA card eksternal. Hal ini tentu saja bertujuan untuk menghemat biaya produksi dan menghemat tempat. Ukuran yang kecil ini disebut dengan MicroATX. VGA card tidak sama dengan VGA port, VGA card bersifat ekstenal sedangkan VGA port atau VGA OB/internal terpasang langsung pada motherboard didalam CPU.
Protected by Copyscape
Itulah beberapa perbedaan yang dimiliki antara VGA OB/internal dan VGA card/eksternal. Tentunya kedua jenis VGA ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Baca Juga : Cara Menjual Foto di Internet

1 komentar: