Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Sabtu, 31 Maret 2018

Cara Instal Linux

Bagi anda yang menggunakan Linux Ubuntu, sebelum bisa digunakan tentunya kita harus menginstalnya terlebih dahulu. Dan jika anda ingin menggunakannya untuk keperluan jaringan kabel maka anda perlu untuk memasang ethernet card pada komputer anda. Disini akan saya jelaskan bagaimana cara menginstal Linux Ubuntu untuk networking.
Untuk spesifikasi komputer yang diperlukan itu bervariasi. Versi stabil terakhir Ubuntu Dekstop mendukung arsitektur intel x86 atau AMD64 yang termasuk didalamnya yaitu processor intel core. Untuk versi server mendukung arsitektur intelx86, AMD64 dan Sparc. Selain dari versi resmi yang didukung tersebut, Ubuntu juga diporting untuk Power PC, Itanium64 dan Playstation3. Sedangkan untuk komputer lama anda dapat menggunakan Xubuntu yang berbasis Xfce sehingga hanya memerlukan separuh dari kapasitas RAM dan disk space.

Spesifikasi Komputer Yang Disarankan

Agar kinerja dari Linux Ubuntu dapat bekerja secara maksimal, maka diperlukan spesifikasi yang harus dipenuhi. Berikut ini adalah spesifikasi minimum yang layak dan disarankan untuk komputer yang akan anda gunakan untuk menginstal Linux Ubuntu untuk networking.

Dekstop Edition

Untuk versi dekstop spesifikasi minimum yang disarankan yaitu :
  • Memiliki processor x86 500 MHz.
  • Memiliki RAM sebesar 192 MB.
  • Ruang kosong yang ada pada hardisk sebesar 8 GB, meskipun yang diperlukan hanya sebesar 4 GB.
  • Kartu VGA yang sudah dapat mendukung resolusi 1024x768.
  • Memiliki sound card jika ingin mendengarkan suara.
  • Memerlukan adanya koneksi internet untuk instalasi program dan untuk update.

Server Edition

Sedangkan untuk versi server dari Ubuntu sebenarnya bisa diinstal pada komputer lama seperti misalnya Pentium 75 MHz yang memiliki RAM sebesar 32 MB. Akan tetapi sangat disarankan agar memiliki spesifikasi minimum seperti dibawah ini untuk performa minimum yang layak. Spesifikasi minimumnya yaitu:
  • Memiliki processor x86 300 MHz.
  • Memiliki RAM sebesar 64 MB.
  • Memerlukan 2 GB ruang kosong pada hardisk untuk full instalation dan swap.
  • Memiliki VGA card yang dapat merender resolusi 640x480.
  • Memiliki Drive CD-ROM.

Proses Instalasi

Setelah semua spesifikasi minimum yang disarankan tersebut benar-benar sudah terpenuhi, maka kini saatnya untuk memulai proses penginstalan Linux Ubuntu untuk networking. Namun sebelumnya anda perlu memiliki CD Linux Ubuntu 11.04. Berikut ini adalah cara untuk menginstal Linux Ubuntu ke komputer anda.

  1. Langkah pertama yaitu hidupkan komputer anda. Setelah muncul bagian BIOS setup kemudian tekan tombol F2 atau DEL tergantung pada merk BIOS anda untuk masuk ke tampilan BIOS Setup Utility.
  2. Pada bagian BIOS Setup Utility, set pilihan First Boot Device ke CD ROM agar anda bisa melakukan boot menggunakan CD installer Ubuntu yang sudah anda miliki tersebut.
  3. Setelah itu keluar dari BIOS Setup Utility dan komputer anda akan me-restart dan akan terlihat tampilan menu awal ketika instalasi.
  4. Jika sudah maka langkah berikutnya yaitu anda tekan tombol apa saja pada keyboard untuk dapat menampilkan menu pemilihan bahasa.
  5. Jika sudah terlihat tampilan untuk memilih bahasa, silahkan anda pilih bahasa yang akan anda gunakan sehingga akan tampil menu instalasi.
  6. Pilihlah menu Install Ubuntu dan selanjutnya akan dilakukan proses booting dari CD.
  7. Setelah selesai booting maka akan muncul tampilan jendela Welcome.
  8. Setelah itu akan tampil berbagai dukungan bahasa. Ubuntu memiliki berbagai dukungan bahasa yang bisa anda gunakan seperti bahasa inggris, prancis bahkan bahasa indonesia pun ada. Pilih salah satu bahasa yang akan anda gunakan. Bagi anda yang sudah terbiasa dengan komputer anda bisa memilih bahasa inggris agar lebih mudah.
  9. Setelah memilih bahasa yang akan digunakan, selanjutnya tekan tombol Forward untuk memulai proses instalasi Linux Ubuntu.
  10. Setelah menekan Forward, maka akan tampil jendela Preparing to Install Ubuntu atau dalam bahasa indonesia berarti mempersiapkan untuk menginstal Ubuntu. Pada jendela ini akan ditampilkan persyaratan sistem untuk menginstal Ubuntu. Apabila komputer anda terhubung ke jaringan internet, anda juga bisa memilih opsi untuk mengunduh update dan juga plugin.
  11. Apabila komputer anda tidak terkoneksi ke internet atau belum dilakukan pengaturan jaringan internet anda bisa mengabaikan opsi ini lalu klik tombol Forward.
  12. Selanjutnya akan tampil halaman Allocate Drive Space untuk menentukan lokasi penginstalan Ubuntu. Jika hardisk yang anda gunakan masih kosong, pilih Erase Disk And Install Ubuntu agar lebih mudah. Kemudian tekan Forward.
  13. Proses instalasi akan mendeteksi hardisk yang terdapat dalam komputer. Misalnya saja ditemukan sebuah hardisk ATA dengan kapasitas 8GB yng dikenali sebagai /dev/sda.
  14. Setelah itu klik tombol Install Now untuk memulai proses penginstalan Ubuntu pada komputer anda.
  15. Selanjutnya anda akan diminta untuk menentukan zona waktu dari lokasi anda. Anda bisa mengarahkan mouse pada peta sesuai lokasi zona waktu anda.
  16. Setelah menentukan zona waktu, kemudian anda akan diminta untuk menentukan keyboard layout. Pilih saja USA agar lebih mudah.
  17. Kemudian akan muncul tampilan halaman Who are you? Masukkan nama anda pada kolom Your Name. Masukkan nama komputer anda pada kolom Your computer's name. Masukkan user name anda pada kolom Pick a username. Masukkan password anda pada kolom Choose a password. Dan konfirmasikan ulang kata sandi anda pada kolom Confirm your password untuk memastikan kata sandi yang anda masukkan tersebut benar.
  18. Jika anda menginginkan untuk bisa login otomatis maka beri tanda cek pada kolom Log in automatically.
  19. Dan jika nada ingin mendapatkan tingkat keamanan yang lebih, maka beri tanda cek pada kolom Require my password to login.
  20. Berikutnya anda tekan tombol Forward untuk memulai proses instalasi dan tunggu hingga proses instalasi tersebut selesai.
  21. Setelah proses instalasi selesai maka akan muncul kotak dialog Instalation Complete. Tekan tombol Restart Now untuk me-restart komputer anda agar bisa mulai menggunakan Ubuntu.
  22. Setelah komputer selesai di-restart, silahkan anda login dengan memasukkan username dan password yang anda gunakan pada saat instalasi.
  23. Selesai.
  24. Protected by Copyscape
Ubuntu versi 11.04 secara default menggunakan dekstop Unity yang terlihat lebih menawan dan berbeda dengan Ubuntu pada versi sebelumnya. Namun tampilannya yang sangat berbeda dengan dekstop Gnome Classic mungkin akan sedikit membingungkan bagi pengguna lama Ubuntu. Tapi jangan khawatir karena Ubuntu masih menawarkan pilihan untuk login dengan menggunakan tampilan Classic.

Itulah tahapan dari proses instalasi Ubuntu yang mungkin bisa membantu anda ketika akan menginstal Linux Ubuntu pada komputer yang anda gunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar