Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Senin, 12 Maret 2018

Fungsi Processor komputer

Setiap komputer pasti memiliki sebuah komponen yang disebut dengan processor. Lalu, apa fungsi processor komputer itu? Mari kita simak bersama penjelasan berikut.

Fungsi processor adalah untuk memproses data yang diterima dari masukan (input) kemudian data tersebut diolah sehingga akan menghasilkan keluaran atau output. Selama processor sedang memproses data tersebut, processor juga akan selalu terhubung dengan komponen komputer yang lain terutama dengan hardisk dan RAM. Processor dapat digambarkan sebagai otak pada komputer dimana data akan yang masuk dari input akan diolah sehingga memberikan hasil berupa output yang sesuai. Processor juga sering disebut dengan CPU atau Central Processing Unit.

Sebagai contoh, pada saat anda membuka sebuah website dengan memasukkan alamat website pada search engine maka processor akan menerima masukan tersebut dan kemudian mengolah data masukan untuk diproses sehingga website tersebut akan dapat terbuka sesuai alamat yang dimasukkan. Jika processor tidak berfungsi maka komponen-komponen yang lain tidak akan berfungsi.

Selain itu processor juga memiliki fungsi lain seperti :

  1. Melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa hardware.
  2. CPU atau processor dikontrol dengan menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. CPU menjalankan perangkat lunak dengan membacanya dari media penyimpanan. Perintah-perintah tersebut kemudian disimpan dahulu pada RAM dimana setiap perintah akan diberi alamat khusus yang disebut dengan memory address.
  3. Setelah semua perintah sudah diberi alamat unik maka CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.
Protected by Copyscape
Itulah sedikit penjelasan mengenai fungsi dari processor komputer. Semoga dapat menambah pengetahuan kita dan menambah wawasan agar lebih memahami komputer.

1 komentar: