Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Senin, 26 Maret 2018

Cara Menjadi Youtuber

Siapa yang tak kenal dengan Youtube? Pasti anda semua sudah sering mendengar bahkan menggunakannya untuk menjelajahi, mencari dan menonton video-video yang menurut anda menarik. Nah, disini saya akan memberikan informasi tentang bagai mana cara menjadi Youtuber. Namun sebelum menuju ke pembahasan, saya akan berikan sedikit gambaran tentang apa itu youtube dan apa saja yang ada didalamnya.

GAMBARAN UMUM YOUTUBE

Sebagai salah satu situs penyedia konten yang berupa video, youtube memang sudah menjadi salah satu situs yang paling populer dikalangan pengguna internet. Hampir semua informasi yang kita butuhkan tersedia di Youtube. Situs ini dimiliki dan dikelola oleh perusahaan besar yaitu Google. Sebagai salah satu produk terpopuler milik Google, tentunya Youtube dikelola dengan sangat baik agar mampu memberikan pelayanan yang baik pula bagi para penggunanya.
Selain sebagai media hiburan dengan menyediakan bermacam-macam video, Youtube juga menjadi salah satu penyedia informasi terlengkap saat ini. Anda bisa mencari berbagai macam informasi yang anda butuhkan sebagai bahan pembelajaran dan informasi. Informasi yang ada pada situs Youtube sebagian besar atau bahkan seluruhnya berupa video. Didalam video yang diunggah tersebut memiliki pembahasan yang bisa dibilang sangat detail dan informatif. Informasi-informasi yang anda cari tersbut biasanya dikemas dalam sebuah video yang unik dan menarik sehingga mempermudah para pengguna yang ingin mencari informasi tersebut.
Didalam situs Youtube ada berbagai macam tema video yang diunggah. Diantaranya seperti video tutorial atau cara-cara yang menunjukan bagaimana melakukan suatu proses secara terperinci dan ringkas. Sehingga anda akan lebih mudah untuk memahami maksud dan tujuan dari tutorial yang ada dalam video tersebut. Selain itu ada juga channel yang menyediakan informasi seputar berita, olahraga, hiburan bahkan politik pun ada disana.
Sebagian besar video yang ada pada Youtube berasal dari channel-channel youtube yang dimiliki oleh para youtuber diseluruh dunia. Video yang diunggah pun memiliki niche atau tema yang bermacam-macam. Biasanya menyesuaikan dengan minat dan apa saja yang sekiranya bisa dilihat oleh banyak pengguna di seluruh dunia. Ada berbagai macam video yang berhasil viral dan memiliki banyak sekali viewer. Dengan banyaknya viewer ini tentu sangat menguntungkan bagi channel yang mengunggah video yang berhasil viral tersebut. Viewer yang banyak pasti akan memberikan peluang memiliki banyak subscriber. Jika dalam satu channel memiliki banyak subscriber, maka otomatis video yang diunggah juga akan berpotensi memiliki banyak viewer. Tujuan dari memiliki banyak viewer dan subscriber ini adalah agar channel tersebut bisa menjadi terkenal dan membuat pemilik channel tersebut menjadi terkenal juga tentunya. Selain itu dengan memiliki banyak viewer dan subscriber maka akan membuat pemilik channel memiliki penghasilan dari channel youtube miliknya.

CARA MENJADI YOUTUBER

Untuk bisa menjadi seorang blogger youtube atau disebut dengan youtuber, tentu bukanlah hal yang mudah dan instant. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum memulai menjadi youtuber. Apa saja itu? Simak penjelasan berikut.

1. Membuat Akun/channel Youtube

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuat channel youtube. Anda perlu membuat akun Gmail yang nantinya akan digunakan untuk membuat akun/channel youtube. Buatlah nama channel yang unik dan menarik serta mudah diingat oleh pengunjung. Penggunaan nama channel yang unik dan menarik tentu bukan tanpa alasan. Channel yang memiliki nama unik justru akan mudah diingat dan membuat banyak pengunjung youtube menjadi penasaran tentang video apa saja yang ada didalam channel tersebut.

2. Menyiapkan Tema/niche Channel Youtube

Anda perlu memilih tema video yang akan anda unggah pada channel youtube anda. Tujuannya agar memudahkan anda dalam membuat video-video yang berhubungan dengan tema tersebut. Usahakan tema video yang anda unggah tersebut sesuai dengan hobi dan kemampuan anda dalam membuat video. Misalnya channel tentang berita, traveling, musik, pengetahuan, pendidikan dan sebagainya. Tema yang sesuai dengan hobi akan lebih memudahkan anda dalam memproduksi video anda. Namun tidak ada salahnya jika anda ingin mengunggah video dengan berbagai macam tema agar channel anda lebih bervariasi. Usahakan tema yang anda pilih tersebut bersifat kontinyu dan tidak mudah basi. Sehingga video yang anda buat akan tetap memiliki viewer setiap saat. 

3. Membuat Video

Setelah anda menentukan tema, langkah berikutnya adalah mulai membuat video dan mengunggahnya ke youtube. Buatlah video yang unik dan menarik sesuai dengan tema channel youtube anda. Atau bisa juga mengunggah video yang menurut anda bisa mendapatkan banyak viewer. Usahakan video yang anda unggah tersebut merupakan video asli buatan anda sendiri dan bukan dari hasil download. Karena jika anda mendownload video kemudian anda mengunggahnya ke youtube, bisa jadi anda akan melanggar hak cipta dari video hasil download tersebut. Hal ini tentu akan merugikan pemilik video asli tersebut dan juga akan merugikan anda sendiri. Buatlah video dengan durasi yang cukup panjang, lebih lama durasi video anda maka akan semakin bagus. Usahakan video yang anda unggah tersebut sesuai dengan kebijakan youtube. Karena jika anda melanggar kebijakan tersebut maka akun dan channel youtube anda bisa dibanned secara permanen. 
Buatlah video sesuai dengan hobi anda karena selain untuk menyalurkan hobi, anda juga bisa terus berkarya membuat video-video yang menarik. Dan juga mempermudah dalam proses pembuatan video yang akan anda unggah ke youtube. Misalnya saja anda memiliki hobi dalam bidang musik, maka buatlah video tentang musik seperti tutorial cara memainkan alat musik, membuat atau menyanyikan sebuah lagu dan sebagainya. 
  • Buatlah video original atau asli buatan anda sendiri.
  • Jangan re-upload video milik orang lain.
  • Video yang diunggah harus sesuai dengan kebijakan Youtube.
  • Usahakan untuk tidak menggunakan soundtrack lagu milik orang lain pada video yang anda unggah karena bisa saja terjadi klaim hak cipta pada video anda tersebut meskipun video tersebut benar-benar asli buatan anda sendiri.
  • Buatlah video yang berdurasi panjang.
  • Buatlah video yang unik dan menarik.
  • Jika anda membuat video tutorial, usahakan tahapan prosesnya dibuat dengan jelas dan berurutan.
  • Usahakan untuk membuat video yang berpotensi menjadi viral. Hal ini tentu saja akan menguntungkan anda karena video yang berhasil viral pasti akan memiliki banyak viewer sehingga akan berpotensi menarik banyak subscriber.
Untuk memulai membuat video anda juga perlu menyiapkan peralatan yang akan anda butuhkan dalam pembuatan video. Misalnya saja seperti kamera untuk mengambil gambar dan komputer atau laptop untuk mengedit video yang anda buat agar video tersebut terlihat lebih menarik dan teratur. Bagi anda yang tidak memiliki banyak dana untuk membeli kamera yang mahal atau untuk membeli komputer untuk mengedit video, anda bisa membuat video dengan kamera smartphone kemudian download aplikasi android untuk mengedit video. Memang tidak sebaik mengedit video dengan komputer namun setidaknya bisa membantu anda dalam mengedit video. Yang penting adalah video yang anda buat tersebut benar-benar berkualitas apalagi jika bisa menjadi viral di youtube atau media sosial lainnya. Sebenarnya pada halaman dashboard youtube sendiri sudah memiliki layanan creator video untuk membuat atau mengedit video anda. Sehingga akan sedikit membantu anda dalam membuat video.

4. Promosi Channel

Hal yang tidak kalah pentingnya yaitu mempromosikan video dan channel youtube anda kepada semua orang. Cara yang bisa anda lakukan untuk mempromosikan channel atau video adalah dengan memanfaatkan media sosial seperti facebook, twitter, google+ dan lainnya. Promosi yang baik tentunya akan membantu anda untuk memperkenalkan channel youtube anda kepada semua orang. Tujuan dari promosi ini adalah untuk menarik banyak viewer dan juga subscriber. Selain itu jika video anda banyak dilihat dan disukai maka video atau channel anda akan banyak di-share oleh banyak orang. Dalam hal ini bisa saja berpotensi menjadi viral di youtube dan media sosial. Namun sebaiknya anda tidak terlalu berambisi untuk membuat video-video viral karena akan membuat anda semakin terbebani pada saat membuat video. Buat saja video yang sekiranya bermanfaat dan mampu menghibur banyak orang sehingga anda tidak merasa terbebani. Jika video anda terlihat bagus dimata orang lain, maka potensi video tersebut di-share sangatlah besar. Hal ini tentu akan membantu dan mempermudah anda dalam mempromosikan video atau channel youtube anda.

5. Mulai Menghasilkan Uang

Saat ini memang ada banyak sekali youtuber lama atau youtuber baru yang bermunculan setiap harinya diseluruh dunia. Hal ini tentu akan sangat menyulitkan kita karena harus bersaing dengan jutaan video dan channel-channel youtube diseluruh dunia. Ada bermacam-macam alasan dan tujuan seseorang untuk menjadi seorang youtuber. Diantaranya agar bisa menjadi terkenal melalui video youtube, ada yang hanya sekedar iseng untuk mengisi wakyu luang dan mencari hiburan dan ada juga yang menjadikan youtube sebagai pekerjaan untuk menghasilkan uang. 
Menghasilkan uang dari youtube? Emang bisa? Jawabannya sangat-sangat bisa. Terus bagaimana caranya? Caranya ya, dengan menjadi youtuber. Saya adalah seorang youtuber, tapi kenapa saya tidak mendapatkan penghasilan dari youtube? Mari kita simak penjelasan berikut ini.
Untuk bisa memulai menghasilkan uang dari youtube, hal yang harus anda lakukan pertama kali adalah membuat channel youtube kemudian mengisinya dengan video-video unik, menarik, menghibur dan bermanfaat. Selain itu lakukan promosi video dan channel anda kepada semua orang agar memperoleh banyak viewer dan juga subscriber. Setelah semua sudah siap, maka anda bisa memulai untuk menghasilkan uang dari youtube. Sekarang ini ada banyak sekali youtuber yang sudah sukses dan mampu menghasilkan banyak uang dari youtube. Hal itu tentu bukanlah perkara yang mudah dan instan. Dibutuhkan banyak perjuangan dan pengorbanan agar bisa menjadi sukses. 
Cara agar bisa menghasilkan uang dari youtube adalah dengan memonetisasi channel youtube anda. Namun untuk bisa di monetisasi tentu harus memenuhi persyaratan yang ada. Diantaranya yaitu :
  • Channel anda harus sesuai dengan kebijakan Youtube.
  • Channel anda harus sudah memiliki 4000 jam tayang dalam setahun terakhir dan juga memiliki 1000 subscriber. Kebijakan ini adalah kebijakan terbaru dari pihak youtube diawal tahun 2018. Jika dibandingkan dengan kebijakan pada tahun 2017, maka sudah pasti kebijakan ini terasa sangat berat bagi para youtuber pemula. Karena kebijakan pada tahun 2017 hanya memerlukan 10.000 tayangan untuk bisa dimonetisasi.
  • Daftarkan channel/akun youtube anda ke Google Adsense.
  • Patuhi kebijakan Google Adsense.
Memang bukan hal yang mudah untuk bisa menghasilkan uang dari youtube, namun anda tetap harus terus berusaha dan berkarya dengan menyediakan konten-konten yang unik dan menarik. Untuk itu dibutuhkan adanya kerja keras, perjuangan serta ketekunan agar bisa tetap eksis di youtube.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar