Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Selasa, 06 Maret 2018

Tutorial Cara Merubah Hp Android Menjadi Komputer

Pada postingan kali ini saya akan memberikan tips tentang bagaimana cara merubah hp menjadi komputer. Dalam hal ini bukan berarti merubah secara keseluruhan baik dari tampilan luar maupun program didalamnya. Namun yang dimaksud adalah menjadikan hp android anda menjadi seperti komputer dengan menambahkan beberapa perangkat komputer pada hp anda seperti mouse dan keyboard. Dengan menggunakan keyboard dan mouse komputer pada hp android dapat mengurangi resiko mata lelah yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan mata karena anda tidak perlu lagi terlalu dekat menatap layar hp android kalian. Dan memudahkan anda dalam pengetikan teks atau tulisan panjang yang membutuhkan ketelitian dan kecepatan sehingga dapat selesai dengan lebih cepat.

Namun cara ini memiliki kekurangan yaitu kurang efektif untuk digunakan ketika sedang bepergian. Karena anda harus membawa peralatan seperti keyboard dan mouse yang tentunya akan sedikit merepotkan. Saya hanya menyarankan untuk menggunakan cara ini pada saat sedang bersantai dirumah sambil bermain hp sebagai hiburan diwaktu luang anda. Atau pada saat santai dirumah sambil mengerjakan tugas sekolah atau pekerjaan dan membuat artikel jika anda adalah seorang blogger atau penulis. Cara ini memang sangat efektif bagi anda yang hobi menulis artikel atau menjadi seorang blogger yang mungkin membutuhkan waktu lama untuk membuat tulisan dalam artikel. Cara ini juga sangat membantu para blogger atau penulis yang mungkin tidak memiliki komputer dan laptop atau yang sedang dalam perbaikan. Jadi anda bisa tetap berkarya melalui tulisan yang anda buat untuk menyalurkan hobi atau mempermudah pekerjaan anda.
Berikut ini adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat hp android anda menjadi seperti komputer.

ALAT DAN BAHAN

a. Keyboard

Fungsi dari keyboard ini adalah untuk menggantikan fungsi dari papan ketik yang ada pada tampilan layar hp android anda. Sehingga akan memudahkan anda dalam melakukan pengetikan terutama jika diperlukan untuk mengetik secara cepat atau dalam waktu yang lama seperti untuk chatting, update di sosial media, mengerjakan tugas sekolah atau pekerjaan. Dan bisa sangat membantu anda untuk membuat artikel dengan menggunakan hp karena anda bisa mengetik dengan keyboard sehingga mengurangi kesalahan menekan karakter ketika anda mengetik menggunakan papan ketik yang ada pada layar hp anda. 
Keuntungan dari menggunakan keyboard sebagai alat pengetikan pada hp android kalian adalah :
  • Dapat memaksimalkan pengetikan. 
  • Dapat menggunakan tombol-tombol fungsi yang ada pada keyboard seperti Tab, CapsLock, Shift, Ctrl dan lain-lain.
  • Dapat menggunakan keyboard untuk scroll halaman saat browsing internet dengan menggunakan tombol anak panah yang ada pada keyboard.
  • Proses pengetikan lebih cepat.
  • Mengurangi resiko salah ketik.
  • Keyboard model qwerty sehingga memudahkan pengetikan menjadi dan lebih nyaman.
Untuk memilih keyboard yang akan digunakan sebaiknya anda pilih keyboard USB karena keyboard ini sangat mudah digunakan untuk dihubungkan dengan hp. Jika ingin yang lebih praktis anda bisa menggunakan keyboard wireless untuk dihubungkan langsung dengan hp android kalian. Caranya cukup mudah yaitu dengan menghidupkan bluetooth kemudian akan tersambung secara otomatis dan anda bisa mengetik dengan lebih leluasa tanpa ada batasan panjang kabel.

b. Mouse

Mouse digunakan untuk menggantikan fungsi dari scroll atau penggeseran pada layar hp android kalian. Keuntungan dari menggunakan mouse adalah untuk memudahkan anda saat menggeser layar keatas dan kebawah atau untuk mengklik menu yang ada pada hp android. Jadi anda tidak perlu lagi memegang hp anda saat ingin menggunakannya untuk keperluan anda. Pilihlah mouse model USB karena sangat mudah untuk dihubungkan dengan menggunakan kabel. Anda juga bisa menggunakan mouse wireless agar lebih praktis dan lebih leluasa untuk digunakan.

c. Kabel OTG

Kabel OTG atau kabel USB OTG (On The Go) digunakan untuk menghubungkan seluruh perangkat ke hp android. Pastikan agar hp android kalian sudah support OTG jika tidak maka sia-sia saja anda menghubungkan mouse dan keyboard ke hp android kalian. Namun kabel OTG ini hanya diperlukan apabila anda menggunakan mouse dan keyboard model USB. Jika anda menggunakan perangkat wireless maka anda tidak memerlukan kabel OTG ini. Tetapi ada keuntungan lain yaitu anda bisa menghubungkan flashdisk ke hp android kalian untuk mengakses data tersimpan atau menyimpan data-data penting yang ingin anda simpan. 

d. USB Hub

USB Hub adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan mouse, keyboard atau flashdisk secara bersamaan dalam satu kabel.

CARA KERJA

Setelah semua alat yang diperlukan untuk membuat hp menjadi seperti komputer sudah siap, kini anda tinggal merakit masing-masing peralatan tersebut dalam satu rangkaian. Caranya yaitu dengan menghubungkan mouse, keyboard dan flashdisk pada port-port yang tersedia pada USB Hub. Kemudian hubungkan USB Hub dengan kabel OTG setelah itu anda tinggal menghubungkan kabel OTG ke hp android kalian dan selesai. Kini hp android kalian sudah dapat digunakan layaknya sebuah komputer. Pengetikan dilakukan dengan keyboard, scroll dan klik tombol menu dilakukan dengan mouse,sedangkan hp android kalian menjadi monitor dan CPU-nya.

Protected by Copyscape
Bagaimana menarik sekali bukan? Anda tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya untuk membeli komputer atau laptop jika hanya digunakan untuk menulis artikel, karena kini proses pembuatan artikel menjadi lebih mudah dengan bantuan keyboard dan mouse komputer pada hp android kalian. Selain itu cara ini juga bisa digunakan sebagai alternatif cadangan jika komputer anda terjadi kerusakan atau sedang dalam perbaikan. Sehingga anda tetap bisa mengerjakan tugas anda dengan menggunakan hp android. Yang perlu anda lakukan hanya menyimpan data dari komputer ke flashdisk untuk jaga-jaga apabila komputer anda rusak. Akan tetapi memang masih ada banyak kekurangan, yaitu ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan atau diproses dengan menggunakan hp android. Karena hp android tidak secanggih komputer yang mampu mengolah data secara maksimal. Namun jika keperluan anda hanya sekedar menulis, maka masih dapat dilakukan dengan sangat baik. 
Mungkin itu saja dulu tips yang dapat saya bagikan kepada anda tentang bagaimana cara merubah hp android menjadi seperti komputer. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa membantu anda. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar