Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Senin, 19 Maret 2018

Pengertian RAM komputer

Salah satu perangkat penting yang harus ada dalam sebuah komputer atau PC adalah RAM. Sebagai salah satu komponen penting dalam komputer, RAM memiliki peranan yang sangat berpengaruh terhadap kinerja komputer. Lalu, apa yang dimaksud dengan RAM itu sendiri? 

Pengertian RAM Komputer

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory yang memiliki fungsi sebagai media penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap dan tidak terpengaruh terhadap letak data tersebut dalam memori. Hal ini berlawanan dengan jenis memori yang berurutan dimana semua gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan seperti tipe magnetik, disk dan drum.
Ram pertama kali diperkenalkan pada era tahun 60-an hanya saja pada masa tersebut memori semi konduktor masih belum populer karena harganya yang masih sangat mahal. Pada masa itu masih menggunakan memori utama magnetik.
Ram memiliki fungsi yaitu untuk memegang kendali data yang akan diproses oleh processor. RAM memiliki sifat volatile dimana data yang disimpan oleh RAM akan hilang apabila komputer dimatikan. Misalnya saja pada saat anda membuka sebuah website, maka RAM didalam komputer akan berisi data-data tentang histori website yang anda kunjungi tersebut. Kemudian data tersebut akan hilang dengan sendirinya ketika komputer anda dimatikan. Oleh sebab itu dalam sebuah komputer memerlukan sebuah perangkat penyimpanan memori untuk menyimpan data-data.
Salah satu perusahaan semi konduktor seperti intel memulai debutnya dengan memproduksi RAM atau lebih tepatnya jenis DRAM. RAM biasanya dapat ditulis dan dibaca, berbeda dengan ROM (Read Only Memory). RAM biasanya digunakan sebagai media penyimpanan utama dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif. Meskipun beberapa perangkat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka panjang. Ada juga yang berpendapat bahwa ROM merupakan jenis lain dari RAM karena sifatnya yang juga Random Access seperti halnya SRAM dan DRAM. Hanya saja proses penulisan dalam ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah dan fleksibel seperti halnya pada SRAM dan DRAM. Selain itu beberapa bagian dari space address RAM dari sebuah sistem yang diletakkan kedalam satu atau dua chip ROM. 
Jika dalam penggunaan memori RAM ini kapasitasnya terlalu kecil maka akan memperlambat proses pengoperasian komputer. Dan jika semakin besar kapasitas RAM yang ada maka akan semakin banyak data yang dapat disimpan sehingga membuat kinerja processor lebih cepat. Untuk mengantisipasi agar data yang telah dibuat tidak hilang ketika komputer dimatikan, maka diperlukan adanya media penyimpanan data eksternal seperti hardisk, disket, flashdisk dan sebagainya.

Jenis-jenis RAM

Berikut ini ada beberapa jenis RAM yang beredar, diantaranya yaitu,

1. DRAM (Dynamic Random Access Memory)

DRAM adalah salah satu jenis RAM yang menyimpan setiap bit data yang terpisah dalam kapasitor pada satu sirkuit terpadu. Data yang ada didalamnya perlu disegarkan secara berkala oleh CPU agar tidak hilang. Hal ini membuatnya sangat dinamis dibandingkan dengan memori lainnya.dalam strukturnya DRAM hanya memerlukan satu transistor dan kapasitor per bit sehingga memiliki kepadatan yang sangat tinggi. Ciri-ciri dari DRAM yaitu hanya mempunyai satu slot. Lubang slot yang ada pada RAM tersebut tidak sama ukurannya antara kanan dan kirinya.

2. SRAM (Static Random Access Memory)

RAM jenis ini adalah salah satu jenis memori semi konduktor yang tidak menggunakan kapasitor. Sehingga SRAM tidak perlu lagi disegarkan secara berkala seperti DRAM. Berdasarkan fungsinya, SRAM dibagi menjadi dua yaitu Asynchronous dan Synchronous. Memori jenis ini langsung menempel pada motherboard yang memiliki kaki kanan dan kiri dan ukurannya lebih kecil dari DRAM.

3. EDO RAM (Extended Data Out Random Access Memory)

Yang merupakan jenis RAM yang dapat menyimpan dan mengambil isi memori secara bersamaan. Sehingga memiliki kecepatan yang baik dalam membaca dan menulis data. Pada umumnya digunakan pada komputer-komputer terdahulu untuk menggantikan FPM (Fast Page Memory) RAM. Dari segi bentuk, RAM jenis ini memiliki bentuk yang sama dengan DRAM.

4. SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory)

Adalah jenis RAM dinamis yang memiliki kecepatan yang lebih cepat dari pada EDORAM dan memiliki kepingan yang terdiri dari 168 pin. RAM jenis ini disinkronisasi oleh clock system dan cocok untuk sistem dengan bus yang memiliki kecepatan hingga 100 MHz. SDRAM memiliki dua buah lubang slot dengan jarak antar lubang yang tidak terlalu berdekatan.

5. RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)

RDRAM adalah salah satu dari jenis RAM dinamis sinkron yang diproduksi oleh Rambus Corp. menggunakan Bus Speed sebesar 800 MHz tetapi memiliki jalur data yang sempit sekitar 8 bit. RDRAM memiliki memory controller yang sangat canggih sehingga tidak semua motherboard bisa mendukungnya. Salah satu contoh produk yang menggunakan ini adalah 3dfx seri Voodoo4. Jenis memory ini hampir sama dengan memory SDRAM hanya saja bda jarak antara lubang slot. Memori ini memiliki lubang slot yang berdekatan. 

6. NVRAM (Non-Volatile Random Access Memory)

Jenis RAM ini menggunakan baterai lithium didalamnya sehingga data yang tersimpan tidak akan hilang apabila komputer dimatikan atau tidak dihubungkan ke sumber daya. 

Protected by Copyscape
Itulah beberapa jenis RAM komputer yang sering digunakan pada komputer-komputer yang ada dipasaran saat ini. Dan diantara jenis-jenis memori tersebut yang paling banyak digunakan adalah jenis SDRAM dan DRAM. Selain karena penggunaannya yang lebih mudah, kedua jenis memori tersebut memiliki harga yang lumayan terjangkau dibandingkan dengan jenis memori lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar