Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Rabu, 28 Februari 2018

Pengertian Motherboard Pada CPU Komputer

Pengertian Motherboard/Mainboard

Dalam sebuah cpu komputer terdapat sebuah komponen penting yaitu motherboard atau biasa juga disebut dengan mainboard. Motherboard dapat diibaratkan sebagai sebuah kota yang berisi gedung-gedung, rumah, jalan dan infrastruktur lainnya. Jadi dalam gambaran teknis motherboard adalah sebuah kota sebenarnya dari sebuah sistem komputer. Gedung-gedungnya diibaratkan sebagai device (periferal) rumah diibaratkan sebagai kumpulan chipset dan jalan-jalannya sebagai sirkuit elektrik yang menghubungkan setiap device tersebut. Power supply diibaratkan sebagai pembangkit listrik di kota tersebut. Motherboard pada dasarnya adalah sebuah kepingan papan elektronik PCB (Printed Circuit Board) yang berfungsi untuk menyediakan tempat seperti socket, slot dan connector) bagi komponen tersebut agar dapat saling bekerjasama secara terkoordinir dan teratur. Komponen-komponen tersebut meliputi processor, memory, VGA dan device connector untuk monitor, mouse printer dan lain-lain.
Wadah tempat mereka diletakkan pada processor mempunyai istilah tersendiri seperti socket, slot atau connector. Contohnya socket processor, slot PCI card, slot memori dan connector USB. Dan seperti pada umumnya motherboard terdiri dari PCB yang mempunyai jalur-jalur sirkuit elektrik yang menghubungkan setiap komponen tersebut. Sirkuit elektrik ini berfungsi untuk menyalurkan dan mentransfer sinyal dan daya listrik. PCB sendiri terdiri dari beberapa lapisan yang disebut dengan layer dan setiap layer memiliki jalur tersendiri sehingga jalur yang rumit berhubungan dengan jalur lain yang tidak berhubungan. Semakin banyak layer pada motherboard maka akan semakin berkualitas karena dapat mengurangi adanya gangguan interferensi. Biasanya motherboard yang berkualitas memiliki 4-8 layer pada PCBnya. 
Motherboard mendapatkan daya listrik dari power supply dimana tegangan listrik akan dialirkan melalui sebuah power connector. Seluruh periferal yang terinstal dengan mainboard akan mendapatkan pasokan daya listrik ini. Ada beberapa model power supply yang beredar dipasaran yaitu 250w, 300w sampai 500w.

Protected by Copyscape

Komponen Motherboard

Komponen motherboard terdiri dari multi-layered PCB yang berisi jalur sirkuit elektronik kompleks yang membawa sinyal dan voltase untuk menghubungkan setiap komponen yang ada. Jalur sirkuit ini bisa berada pada setiap layer pada motherboard karena biasanya PCB pada motherboard memiliki 4-8 lapisan. Tujuan dari layer berlapis ini adalah untuk membagi jalur tersebut agar komponen yang tidak berkaitan jalurnya tidak berhubungan karena ditempatkan pada layer yang berbeda atau disebut interseksi. Komponen yang ada pada motherboard yaitu :
  • Socket 775 connector
  • Back panel connector
  • PCI slot
  • PCI X1 slot
  • PCI X16 slot
  • Firewire headers
  • Serial ATA/RAID headers
  • USB 2.0 headers
  • RAID headers
  • Serial headers
  • Serial ATA header
  • HDD headers
  • Intel ICH6R southbridge chipset
  • ATX connector
  • FDD header
  • Intel 915P northbridge chipset
  • DDR DIMM memory slots
Secara sederhana sebuah motherboard berisi PCB utama, processor socket/slot, memory slot, PCI slot, IDE slot, chipset, BIOS. I/O cennector (pararrel, serial, sound, USB, PS/2) power connector dan komponen-komponen elektronik lainnya.
Slot dan connector adalah tempat dimana device lain dapat diinstalasikan sesuai standar masing-masing. Misalnya processor akan diinstal pada processor socket, memori pada memory socket, sound card pada PCI slot atau keyboard yang bisa dipasang pada port USB atau PS/2. Motherboard merupakan papan utama yang berfungsi untuk menyediakan tempat seperti socket, slot dan connector bagi komponen-komponen tersebut. Motherboard terdapat komponen-komponen chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard dan mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC. Pada motherboard terdapat socket untuk processor, memory dan slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen seperti VGA card, Sound card, modem internal dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar