Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Selasa, 13 Februari 2018

Menghasilkan Uang Dari Blog

Selain sebagai media sosial ternyata blog juga bisa kita manfaatkan sebagai sarana untuk menghasilkan uang. Selain menghasilkan uang dari Google Adsense, blog juga bisa digunakan sebagai alat promosi, penyedia layanan dan jasa serta jual beli secara online. Dan penghasilan yang bisa kita dapatkan pun bisa dibilang cukup besar dan menjanjikan.

Jenis Usaha Yang Dapat Dilakukan Dengan Blog

Ada beberapa jenis usaha yang dapat kita lakukan untuk menghasilkan uang dari blog yaitu :

1. Bisnis Menjual Produk

Salah satu yang bisa kita jadikan sebagai peluang bisnis online yaitu bisnis menjual produk kepada konsumen melalui blog yang kita fungsikan sebagai toko online dan juga sebagai alat promosi produk-produk yang kita jual. Bisnis menjual produk melalui blog adalah salah satu bisnis yang paling disukai oleh banyak orang untuk menghasilkan uang dari blog. Berikut ini ada beberapa contoh bisnis yang menjual produknya melalui blog.

a. Membuat Toko Online 

Toko online yaitu toko yang transaksi jual belinya dilakukan secara online melalui media internet. Perkembangan bisnis jual beli online ini memiliki perkembangan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Karena hampir semua orang pasti bisa mengakses internet dengan begitu mudah melalui smartphone ataupun komputer. Sehingga banyak orang yang melirik untuk beralih ke bisnis jual beli online ini. Selain usaha milik perseorangan, kini banyak juga perusahaan dagang yang mulai beralih ke jual beli online. Tidak hanya perusahaan mancanegara saja, perusahaan lokal bahkan usaha rumahan pun banyak bermunculan di internet. 

b. Menjual E-book

E-book atau buku elektronik pun bisa kita gunakan sebagai peluang bisnis. Bisnis e-book adalah bisnis berjualan e-book melalui internet. Anda bisa memanfaatkan media sosial atau membuat website sendiri untuk mempromosikan dan menjual e-book milik anda. Jika anda adalah seorang penulis atau yang memiliki hobi menulis maka bisnis e-book ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan untuk menghasilkan uang dari blog. Langkah untuk membuat e-book juga sangat mudah. Pertama anda hanya perlu menulis kemudian mendesainnya seperti membuat buku pada Microsoft Word. Setelah selesai anda tinggal mengkonversinya kedalam bentuk file PDF. Langkah kedua yaitu anda membuat website, bisa menggunakan blogger yang gratis atau dengan membeli domain dan hosting berbayar. Langkah ketiga anda harus mempromosikan website anda yang berisi kumpulan beberapa e-book yang anda miliki kepada pelanggan. Untuk media promosi anda bisa menggunakan media sosial seperti blog, wordpress, facebook, twitter, instagram dan lain-lain. Selain itu anda juga harus aktif di forum ataupun komunitas agar anda bisa memperluas jaringan promosi anda sehingga anda dan produk yang anda miliki akan lebih dikenal oleh banyak orang. Menurut survey, iklan baris adalah media yang paling efektif untuk mempromosikan produk melalui internet. Bagi anda yang bukan seorang penulis anda juga bisa berbisnis e-book ini dengan cara menjadi reseller atau menyediakan jasa promosi atau menjual produk e-book milik orang lain. Namun ada juga hal yang membuat bisnis e-book ini menjadi sedikit susah dalam menjalankannya, yaitu menentukan jenis e-book yang akan kita buat dan kita pasarkan kepada konsumen. Kita harus jeli dan pandai membaca situasi untuk menentukan jenis e-book yang diminati oleh banyak orang. Untuk mengatasinya anda bisa menentukan terlebih dahulu sasaran pasarnya secara spesifik misalnya saja anak-anak, remaja, dewasa, pelajar, ibu rumah tangga, atau pebisnis dan lain-lain.

c. MLM Online

MLM adalah kepanjangan dari Multi Level Marketing. Bisnis yang bisa dijalankan untuk menghasilkan uang dari blog yaitu dengan cara menjual barang milik MLM. Nah, dari setiap penjualan anda akan mendapatkan komisi dari perusahaan MLM yang anda ikuti. Dahulu MLM dilakukan secara offline yaitu dengan cara memuat iklan diposter atau brosur untuk menarik konsumen ataupun mitra bisnis yang ingin bergabung. Akan tetapi setelah berkembangnya teknologi bisnis MLM mulai diterapkan secara online menggunakan media internet. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali perusahaan-perusahaan MLM. Hal ini dikarenakan potensi pasar yang sangat luas dan daya beli masyarakat yang stabil membuat para perusahaan MLM sangat berminat dalam mengembangkan usahanya. Ada banyak orang yang sukses di MLM online ini namun banyak juga yang gagal. Tergantung bagaimana kita bisa berusaha untuk lebih maju dan berkembang dengan cara melakukan beberapa inovasi yang menurut kita penting dan perlu dilakukan demi menunjang kestabilan dan kelancaran bisnis MLM yang sedang kita jalankan. Perusahaan MLM juga ada yang bersifat SCAM tetapi ada juga yang jujur terhadap konsumen atau mitra bisnisnya. Untuk bergabung ke bisnis MLM, pilihlah perusahaan MLM yang memiliki produk fungsional sesuai kebutuhan sehari-hari sehingga kita tidak dikejar target tutup point.

d. Menjual Game

Industri game di Indonesia juga sangat berpotensi besar. Karena selain jumlah penduduk yang banyak, penggunaan internet di negara ini juga begitu tinggi. Untuk bisa menghasilkan uang dari blog, kita bisa membuat blog yang berisi game-game kemudian kita bisa menjualnya kepada konsumen. Namun untuk membuat game sendiri membutuhkan keahlian khusus yang tidak sembarangan bisa dilakukan oleh orang lain. Selain itu membuat game juga membutuhkan biaya yang besar untuk digunakan sebagai biaya produksi seperti membeli komputer, membayar programmer atau pembuat game jika anda tidak bisa membuat game sendiri. Namun ada cara lain agar kita tetap bisa menghasilkan uang dari blog yaitu dengan menjadi reseller atau menyediakan jasa promosi agar kita bisa mendapatkan komisi dari hasil penjualan game tersebut. Apalagi jika game yang dibuat adalah game online, kita bisa menghasilkan uang lebih banyak dengan cara menyediakan iklan di dalam game sehingga kita akan menerima bayaran dari pemasang iklan di dalam game tersebut. Sediakan juga layanan In Application Purchases agar pemain game bisa membeli item-item berbayar atau item premium yang disediakan di dalam game.

e. Menjual Jasa

Selain sebagai media sosial atau media untuk menyalurkan hobi menulis, ternyata blog juga bisa kita manfaatkan untuk menjual barang dan jasa. Apabila anda memiliki suatu keahlian tertentu seperti desain grafis, programmer, penulis, pelukis dan lain-lain, anda dapat menjual keahlian anda tersebut melalui blog yang anda miliki. Anda tinggal membuat postingan dan mempromosikannya kepada orang lain agar situs anda banyak dikenal dan dilihat oleh banyak orang sehingga apabila ada yang berminat dan ingin menggunakan jasa atau layanan yang anda sediakan mereka tinggal menghubungi anda secara langsung. Bila perlu sediakan juga foto, video atau contoh lain keahlian anda tersebut sebagai bahan referensi agar dapat dilihat oleh calon konsumen atau mitra bisnis anda. Selain dengan cara tersebut, anda bisa juga membuat iklan atau situs yang berisikan portofolio anda. Sudah banyak orang-orang sukses yang telah membuktikan kesuksesannya dengan cara ini.

f. Menjual Iklan

Inti dari bisnis menjual iklan ini adalah membuat situs yang unik dan menarik banyak pengunjung baru dan mempertahankan tingkat return pengunjung yang tinggi. Situs web yang dibuat pun harus memberikan isi (biasanya gratis) dan juga pelayanan seperti e-mail, chat,dan sebagainya. Isi situs yang ada pun bisa beragam misalnya tentang entertainment, olahraga, kesehatan, blog tutorial tergantung tema yang anda pilih. Para pemasang iklan akan membayar lokasi banner yang kita tawarkan dengan ukuran dan harga yang bervariasi. Jika anda sedang malas mencari pemasang iklan situs, masih ada cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan cara menjadi banner iklan online. Dimana kita harus memiliki dan menyediakan situs yang banyak dikunjungi dan menyediakan tempat untuk iklan online milik perusahaan terkenal seperti Google atau Yahoo. Setiap iklan yang muncul dan diklik, maka kita akan mendapatkan imbalan dari pemasang iklan di situs anda. Apabila anda tertarik untuk menghasilkan uang dari blog dengan cara ini maka kita harus mampu menjaring pemasang iklan yang potensial serta mendapatkan pengunjung yang banyak agar peluang anda untuk mendapatkan penghasilan dari iklan ini lebih besar.

g. Menyediakan Jasa konsultasi

Model bisnis dari blaog untuk jenis ini adalah dengan sistem membership yang bebas bertanya atau membayar untuk setiap pertanyaan yang berhasil dijawab. Salah satu hal utama yang harus diperhatikan untuk menjalankan bisnis ini adalah kita harus mengetahui apa yang menjadi keahlian kita. Selain itu kita juga harus tau betul tentang seluk beluk keahlian tersebut agar apabila ada orang yang bertanya atau berkonsultasi dengan kita, kita dapat dengan mudah memberikan solusi jawaban yang relevan terhadap pertanyaan yang diajukan oleh klien kita tersebut. Selanjutnya kita juga harus bisa mendapatkan kepercayaan dan nama baik dari klien. Dengan bermodal keahlian, kepercayaan dan nama baik yang kita miliki tersebut maka kita dapat menjalankan bisnis menjual jasa konsultasi ini dengan lebih mudah. Bidang-bidang yang bisa kita jadikan peluang bisnis konsultasi antara lain dengan menawarkan jasa konsultasi bisnis, kesehatan, hukum, pendidikan dan lain sebagainya. Tentu kita harus memilih bidang jasa konsultasi yang sesuai dengan keahlian kita. Untuk mengukur seberapa tingkat keahlian kita dibidang yang kita kuasai, anda bisa membuat beberapa artikel tentang bidang yang anda kuasai. Jika anda pernah meraih sebuah penghargaan dibidang yang anda kuasai, alangkah baiknya jika anda ikut mencantumkan penghargaan tersebut didalam artiket atau situs yang anda miliki. Sehingga orang lain lebih percaya dan tertarik untuk berkonsultasi dengan anda. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi kesuksesan anda dalam menjalankan bisnis jasa konsultasi ini dan akan semakin menambah nilai jual situs yang anda kelola tersebut.

Masih banyak lagi peluang-peluang usaha yang bisa kita lakukan untuk bisa menghasilkan uang dari blog. Namun pada kesempatan kali ini sementara itu saja dulu. Silahkan tunggu postingan berikutnya. Terimakasih sudah berkunjung.
Protected by Copyscape Online Plagiarism Check

Tidak ada komentar:

Posting Komentar