Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Jumat, 23 Februari 2018

Pengertian Affiliate Marketing

Apa Itu Affiliate Marketing?

Affiliate marketing atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan pemasaran affiliasi merupakan sebuah bisnis affiliasi yang pada dasarnya bisnis ini merupakan model atau tipe yang sudah sangat lama. Affiliate marketing dapat menghasilkan banyak uang dengan ketentuannya yaitu membayar jasa seseorang hanya jika mereka berhasil menjual. Affiliate marketing termasuk sebuah bisnis yang besar dan diperkirakan bisnis ini dapat menghasilkan puluhan juta dollar setiap tahunnya. Dalam bisnis ini kita akan dibayar apabila kita berhasil menjual produk atau jasa seorang merchant atau affiliate merchant. Merchant/affiliate merchant adalah orang atau perusahaan yang memiliki produk atau jasa yang mereka pasarkan melalui internet. Sementara orang yang tidak memiliki produk atau jasa untuk dijual mereka bisa membantu afiiliate merchant tersebut dalam memasarkan dan menjual produknya. Setiap produk atau jasa yang berhasil mereka jual, akan mendapatkan bayaran sebagai hasil dari pemasaran yang telah dilakukan.
Orang yang memasarkan agar produk atau jasa yang dipasarkan itu dapat segera terjual disebut dengan Affiliate Marketer (Affiliater). Jika kita mendaftar pada affiliate program, dalam hal ini milik merchant maka secara langsung kita telah mendaftarkan diri menjadi sales online mereka. Istilah lain untuk affiliate program adalah associates program, referer program, bounty program, revenue sharing program atau partners program. Istilah-istilah tersebut sebenarnya sama saja hanya beda dalam penyebutan atau istilah yang digunakan. Namun banyak orang yang sering menyebutnya dengan affiliate program karena istilah ini lebih sering dipakai oleh para marketer.

Cara Kerja Affiliate Marketing

Setelah kita membaca sedikit tentang apa itu affiliate marketing diatas, pasti kita juga ingin tau bagaimana cara kerja dari affiliate marketing ini kan? Dengan affiliate marketing ini kita bisa menghasilkan banyak keuntungan dari bisnis internet ini. Dalam bisnis online para marketer melakukan penjualan dengan menggunakan sebuah link khusus atau yang disebut dengan affiliate link. Affiliate link ini diberikan kepada marketer dan link ini berasal dari affiliate merchant sebagai pemilik produk atau jasa. Cara kerjanya seperti ini sebagai contoh saja. Ada sebuah produk atau jasa yang dijual diinternet kemudian kita melihat situs tersebut menawarkan program affiliasi. Setelah dilihat ternyata mereka akan memberikan upah sebesar 25% untuk setiap produk atau jasa yang berhasil kita jual. Kemudian kita mendaftar pada program affiliate tersebut dengan mengisi formulir yang disediakan oleh situs tersebut. Dalam pengisian formulir biasanya kita akan diminta untuk mengisi data seperti nama, alamat lengkap, nama penerima untuk komisi, email, nomor telepon dan lain sebagainya. Setelah itu kita akan diminta untuk membaca affiliate agreement atau persetujuan affiliate. Affiliate agreement ini adalah sebuah dokumen resmi yang akan mengikat kita pada affiliate merchant. Untuk itu kita perlu membaca dan memahami isi dari agreement tersebut yang isinya menyatakan kesepakatan syarat dan ketentuan yang telah ditentukan langsung oleh afiiliate merchant. Misalnya tidak boleh mengirim email spam yaitu mengirim email tanpa diminta oleh pemilik email tersebut. Dalam affiliate agreement ini sangatlah penting karena apabila kita melanggar syarat dan ketentuan yang telah dijelaskan pada agreement, maka affiliate merchant dapat membatalkan pembayarajn atau memutus hubungan kerjasama kita dalam program affiliate mereka.
Setelah kita menyetujui dan bersedia untuk mematuhi peraturan yang telah ditentukan, affiliate merchant akan memberikan kita sebuah affiliate link. Selanjutnya kita harus mempromosikan affiliate link tersebut kepada semua orang. Caranya bisa dengan meletakkan link tersebut pada website atau melalui email signature. Setelah kita mempromosikan link affiliate tersebut kita tinggal menunggu dan berharap sambil terus berusaha untuk mempromosikan agar kita berhasil menjual produk atau jasa yang kita promosikan tadi agar segera bisa mendapatkan penghasilan.

Protected by Copyscape

Istilah-istilah Dalam Affiliate Marketing

Dalam menjalankan bisnis affiliate kita perlu untuk mengetahui beberapa istilah yang sering digunakan dalam program affiliate ini. Berikut ini istilah yang sering digunakan.
  • PTC (Paid To Click), yaitu kita akan mendapat bayaran dengan cara meng-klik atau melihat iklan-iklan yang disediakan oleh situs affiliate yang telah menjadi anggotanya.
  • PPC (Pay Per Click), yaitu kita akan dibayar apabila iklan yang telah kita pasang pada website kita tersebut diklik oleh pengunjung website. Cara ini banyak digunakan oleh para memilik website atau blog untuk menghasilkan uang.
  • PTR (Paid To Read), yaitu kita akan mendapatkan bayaran dengan cara membaca iklan atau email yang ditawarkan oleh situs penyedia layanan PTR.
  • PPS (Pay Per Sale), yaitu kita akan mendapatkan penghasilan jika dapat menjual produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan affiliate. Sistem pembayarannya adalah dengan cara bagi hasil atau kita mendapat berapa persen dari harga produk atau jasa tersebut.
  • PPL (Pay Per Lead), yaitu kita akan mendapatkan bayaran apabila kita mampu merekrut seseorang lalu mengisi formulir pendaftaran yang disediakan untuk menjadi member suatu perusahaan affiliate. Syaratnya kita harus terlebih dahulu menjadi member di perusahaan affiliate tersebut. 
  • CPC (Cost Per Click), sistemnya sama dengan PTC, hanya beda istilah saja. CPC ini juga dapat menghasilkan uang apabila ada yang meng-klik iklan yang terpasang pada website atau blog kita. Semakin banyak yang meng-klik iklan trsebut maka akan semakin banyak pula penghasilan yang akan kita peroleh. 
  • CPM (Cost Per Million) atau CPI (Cost Per Impression), yaitu kita akan mendapatkan penghasilan dari program ini apabila iklan yang kita pasang sudah mencapai 1000 kali tampilan.
Itulah sedikit penjelasan tentang affiliate program atau affiliate marketing yang sudah sejak lama digunakan sebagai cara untuk mendapatkan penghasilan dari internet atau secara online. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar