Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Selasa, 20 Februari 2018

Pengertian CPU komputer

Mengenal CPU Komputer

Sebagai salah satu contoh dari hasil kecanggihan teknologi masa kini adalah komputer atau PC. Hampir semua orang yang bekerja dikantor, instansi pendidikan, siswa yang belajar disekolah atau anak yang bermain game dirumah sudah mengenal dan mampu mengoperasikan komputer. Komponen-komponen komputer sendiri terdiri dari beberapa bagian seperti monitor, keyboard, cpu dan mouse yang semua komponen tersebut kemudian digolongkan sebagai hardware atau perangkat keras. 
Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang cpu komputer, walaupun mungkin sudah banyak yang tau namun mungkin bisa untuk menambah wawasan kita. Berikut ini komponen yang ada pada cpu.

1. Casing CPU

Casing cpu adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan atau menempelkan motherboard, power supply, optical disc drive, hardisk dan sebagainya.
Casing cpu ini dibedakan berdasarkan ukurannya yang sering disebut dengan form factor (seperti ATX dan Micro ATX) dimana form factor ini mengacu kepada form factor motherboard yang didukungnya. Casing adalah bagian dalam komputer yang berfungsi sebagai pakaian atau pelindung dari komponen-komponen cpu. Bentuk yang umum dari casing ini adalah berbentuk persegi namun bisa saja dimodifikasi casingnya agar tampilannya lebih menarik. Sebagai pelindung, casing ini berguna untuk melindungi bagian-bagian dalamnya dari debu atau kotoran serta melindungi dari benturan benda lain sehingga bagian-bagian yang vital akan tetap aman dan tidak cepat rusak. Selain sebagai fungsi primer tersebut, casing juga dapat tampil dalam berbagai varian warna dan bentuk agar terlihat menarik dan indah sehingga akan memiliki fungsi estetika atau keindahan. Selain sebagai pelindung cpu, casing juga bisa berfungsi sebagai pendingin tambahan. Karena biasanya casing modern saat ini sudah dilengkapi dengan kipas pendingin yang jumlahnya bisa lebih dari satu buah. Fungsi utama lainnya yaitu sebagai pondasi untuk menempatkan berbagai macam bagian komputer lainnya terutama cpu, yang didalamnya terdapat komponen seperti Motherboard, Processor, Memori (RAM), Hardisk,CD ROM, VGA Card dan Souncard.

2. CPU (Central Processing Unit)

Dalam bahasa Indonesia CPU disebut dengan Unit Pemroses Sentral (UPS) yang merujuk pada perangkat keras atau hardware komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Istilah lain pemroses/processor sering digunakan untuk menyebut CPU. Sedangkan microprocessor adalah CPU yang dibuat dalam sirkuit terpadu dan seringkali dalam sebuah paket sirkuit terpadu tunggal.
Sejak pertengahan tahun 1970-an, microprocessor sirkuit terpadu tunggal ini telah umum digunakan dan menjadi aspek penting dalam penerapan CPU. Komponen-komponen CPU terdiri dari beberapa macam yaitu;

a. Unit kontrol

Yaitu unit yang mampu mampu mengatur jalannya program. Komponen ini sudah pasti ada dalam setiap CPU yang bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. Yang termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil instruksi-instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. Apabila ada instruksi atau perintah untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika maka unit terkendali akan mengirim intruksi tersebut ke ALU. Hasil pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan dan pada saatnya akan ditampilkan ke alat output.

Kesimpulannya adalah unit kendali ini memiliki tugas yaitu;

  • Untuk mengatur dan mengendalikan alat-alat masukan (input) dan keluaran (output). 
  • Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama. 
  • Mengambil data dari memori utama untuk diproses apabila sedang diperlukan. 
  • Mengirim instruksi ke ALU apabila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kinerja ALU. 
  • Menyimpan data hasil pemrosesan ke memori utama.

b. ALU

Yaitu unit yang bertugas untuk melakukan operasi pengolahan data aritmatika dan operasi logika berdasar instruksi yang telah ditentukan. ALU sering juga disebut sebagai mesin bahasa karena bagian ini terdiri dari dua bagian yaitu Unit Aritmatika dan Unit Logika Boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri. Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai dengan perintah program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan desebut dengan Adder.

c. Register

Register yaitu alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi dan digunakan untuk menyimpan data dan instruksi atau perintah program yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara dan biasanya digunakan untuk menyimpan data pada saat diolah atau untuk pengolahan selanjutny. Secara analogi register ini dapat diibaratkan seperti ingatan didalam otak yang apabila kita melakukan pengolahan data secara manual. Dan otak itu sendiri dapat diibaratkan sebagai CPU yang menyimpan semua ingatan.

d. CPU Interconnection

Adalah sistem koneksi yang menghubungkan komponen internal CPU seperti Unit Kontrol, ALU dan Register serta komponen-komponen eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya seperti memori utama dan perangkat input/output.

Cara Kerja CPU

Pada saat data atau istruksi dimasukkan ke processing device, hal yang pertama yaitu data tersebut diletakkan di MAA melalui input storage. Apabila berbentuk instruksi, maka akan ditampung oleh Control Unit di Program Storage. Namun jika berbentuk data maka akan ditampung pada Working Storage. Setelah Register sudah siap untuk menerima pengerjaan eksekusi,maka Control Unit akan mengambil instruksi daro Program Storage untuk ditampung ke Instruction Register. Sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung di Program Counter. Data diambil dari Control Unit dari Working Storage untuk ditampung pada General Purpose Register (dalam hal ini di Operand-register). Jika berdasrkan instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah aritmatika dan logika maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasarkan instruksi yang sudah ditetapkan dan hasilnya akan ditampung didalam Akumulator.
Apabila hasil pengolahan data telah selesai maka control unit akan mengambil hasil dari pengolahan data di akumulator untuk ditampung kembali ke working storage. Jika keseluruhan pengerjaan pengolahan data telah selesai maka control unit akan mengambil hasil pengolahan data dari working storage untuk ditampung ke output storage. Dan selanjutnya dari output storage hasil pengolahan data tersebut akan ditampilkan ke output devices.

Protected by Copyscape

Fungsi CPU Komputer

Fungsi utama dari CPU adalah untuk menjalankan program-program aplikasi atau data-data yang akan disimpan ke memori utama. CPU berfungsi seperti kalkulator hanya saja CPU lebih kuat dan lebih cepat dalam pemrosesan datanya. Selain itu CPU juga memiliki fungsi utama yang lain yaitu melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras seperti keyboard, mouse dan monitor sebagai alat output untuk menampilkan data yang sedang diproses. CPU dikontrol dan diatur dengan menggunakan beberapa instruksi program dari perangkat lunak atau software komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpanan seperti hardisk, memori ijnternal/eksternal, disket, flashdisk dan lain-lain. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik atau MAA yang setiap instruksi tersebut akan diberi nama berupa alamat alamat unik yang disebut dengan alamat memori atau memory address. Kemudian CPU dapat mengakses data-data pada MAA dengan menentukan alamat data-data yang dikehendaki. CPU terdiri dari beberapa rangkaian yang meliputi mainboard, processor, hardisk, cdroom, memori (RAM), power supply dan vga. Komponen-komponen tersebut kemudian dirakit menjadi satu dan saling terhubung satu sama lain didalam casing CPU. CPU juga berfungsi sebagai alat yang mengendalikan proses dalam sistem komputer atau sebagai pusat pengolahan semua data yang akan diproses.

Itulah sedikit penjelasan tentang pengertian cpu beserta fungsinya dalam sebuah komputer yang sering kita gunakan sehari-hari untuk membantu pekerjaan manusia dalam mengolah data. Dengan adanya komputer maka proses pengolahan data yang tadinya dilakukan dengan cara manual kini dapat lebih mudah untuk dilakukan dengan bantuan komputer. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi anda yang sedang mencari informasi tentang cpu sebagai bahan pembelajaran dan sebagai penambah wawasan anda dalam bidang teknologi elektronika yang berkembang saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar