Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Rabu, 21 Februari 2018

Cara Mendaftar Google Adsense

Google Adsense

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang google adsense, berikut ini akan saya jelaskan sedikit tentang apa itu google adsense. Google adsense adalah suatu program yang dibuat oleh google untuk menampilkan iklan. Isi dari iklan adsense tersebut biasanya adalah teks link atau gambar yang dipasang pada sebuah blog atau website. Biasanya teks link atau gambar tersebut mengandung link dan juga bisa berupa search box atau kotak pencarian. Sistem dari google adsense tersebut adalah dengan membayar publisher iklan google adsense setiap kali iklan tersebut diklik oleh pengunjung. Biasanya jenis iklan dan tampilannya akan menyesuaikan dengan tema dan isi blog yang menjadi publisher google adsense. Untuk itu akan lebih baik jika blog atau website yang dibuat memiliki satu tema yang jelas dan tidak campuran. Namun ada juga blog gado-gado alias blog campuran yang menjadi publisher google adsense. Karena google akan otomatis menampilkan iklan sesuai isi dari blog agar iklan yang tampil bisa se-relevan mungkin dengan blog. 
Saat ini banyak sekali blogger-blogger di seluruh dunia yang berbondong-bondong dan berlomba-lomba untuk menjadi publisher google adsense untuk mendapatkan penghasilan dari google adsense ini. Alasannya sangat masuk akal mengingat besarnya penghasilan yang bisa kita dapatkan dari google adsense ini. Rata-rata penghasilan blogger adsense ini bisa mencapai ratusan bahkan ribuan dollar setiap bulannya. Sehingga banyak orang yang tertarik untuk mencoba memperoleh penghasilan dari adsense yang hanya dengan bermodalkan website atau blog kemudian mengisi blog tersebut dengan konten-konten yang menarik, unik dan berkualitas agar memberikan manfaat bagi para pengunjung atau pembaca blog. 

Macam-macam Tipe adsense

Ada beberapa macam tipe adsense yang disediakan oleh google adsense, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Adsense For Content

Tipe adsense ini merupakan model adsense yang biasa digunakan oleh banyak orang dan digunakan pada blog atau website. Bentuknya yaitu berupa iklan yang dipasang pada blog dan kita akan mendapatkan penghasilan jika ada orang yang mengklik iklan tersebut. Atau istilah lainnya adalah PPC ( Paid Per Click ). Tapi terkadang kita juga bisa mendapatkan penghasilan setiap kali mencapai 1000 impression/tampilan ( Paid Per Impression ). Namun untuk jenis PPI ini sepertinya hanya berlaku untuk iklan tertentu dan dibuka di negara tertentu.

2. Adsense For Search

Tipe adsense for search ini bentuknya berupa search engine. Kita hanya akan mendapatkan penghasilan apabila ada orang yang melakukan pencarian melalui search engine yang kita pasang di website atau blog yang kita miliki. Dan kemudian orang yang melakukan pencarian tersebut mengklik iklan yang ada pada hasil pencarian. Akan tetapi tidak semua hasil pencarian itu berupa iklan yang dibayar, tetapi hanya iklan yang diberi kotak dan terdapat keterangan " Ads by Google".

3. Adsense Referrals

Adsense referals ini bentuknya sama dengan adsense for content perbedaanya hanya terdapat pada sistem perolehan penghasilannya. Dengan adsense referrals ini kita akan mendapatkan penghasilan apabila ada yang mendaftar, mendownload, membeli dan menggunakan produk dari iklan tersebut.

Protected by Copyscape

Cara Mendaftar Google Adsense

Setelah kita memahami apa itu google adsense, jenis-jenis dan sistem pembayaran google adsense, kini saatnya kita untuk mendaftar ke google adsense. Untuk cara daftarnya cukup mudah tapi bisa dibilang gampang-gampang susah. Syaratnya yaitu kita harus memiliki website atau blog terlebih dahulu. Dengan beberapa ketentuan blog yang juga harus sesuai dengan aturan dan kebijakan adsense. Selain itu kondisi blog juga perlu diperhatikan sehingga blog tersebut memiliki kondisi yang bagus. Jadi apabila blog yang kita buat untuk didaftarkan ke google adsense masih belum memiliki konten yang cukup atau masih acak-acakan misalnya, akan susah untuk bisa di approve atau disetujui sepenuhnya oleh google adsense.
Ketentuan-ketentuan blog yang wajib ditaati oleh calon publisher iklan google adsense meliputi :

a. Usia blog harus cukup lama dan tidak baru dibuat. Bahkan dibeberapa negara tertentu, google adsense memberlakukan peraturan syarat blog harus minimal berusia 6 bulan.
b. Tema blog tidak boleh memiliki lebih dari satu tema. Hal ini bertujuan agar memudahkan google dalam menentukan jenis iklan yang akan ditampilkan pada blog. Dalam poin ini memang tidak menutup kemungkinan bahwa blog yang memiliki beberapa tema konten bisa di approve sepenuhnya oleh google adsense, akan tetapi lebih baik tentukan dulu satu tema konten saja untuk mendaftar ke google adsense. Baru nanti setelah akun dan blog anda disetujui oleh google adsense untuk menjadi publisher iklannya, anda bisa menambahkan tema konten lain untuk memperkaya jumlah konten yang ada pada blog tersebut guna memberikan informasi yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengunjung blog anda.
c. Konten yang terdapat tidak boleh mengandung unsur SARA atau berisi konten dewasa dan konten yang tidak pantas. Hal ini demi kenyamanan para pengunjung blog yang sedang melihat blog anda.
d. Blog tidak boleh menggunakan artikel tentang kriminal seperti obat-obatan terlarang, minuman keras dan lain-lain.

e. Konten yang ada tidak boleh berasal dari konten hasil copy paste, akan tetapi berasal dari konten asli atau original yang anda tulis sendiri. Jika konten yang anda buat berasal dari hasil copas maka dapat dipastikan permohonan andsense anda tidak akan disetujui.

Jika sudah memiliki blog yang sesuai dengan ketentuan dan kebijakan dari google adsense maka langkah selanjutnya adalah mendaftarkan blog anda ke google adsense dengan cara mengunjungi dan masuk ke https://www.google.com/adsense/home kemudian silahkan anda mendaftar disana. Jika anda sudah mendaftar, anda tinggal menunggu sampai akun anda disetujui sepenuhnya oleh google adsense dalam beberapa hari. Akan tetapi bisa sampai satu minggu bahkan sampai satu bulan. 
Jika akun adsense anda sudah disetujui oleh google adsense, baru anda bisa memasang iklan adsense pada blog yang sudah disetujui tersebut. Selain itu kita juga bisa memasang adsense pada blog kita yang lain apabila akun adsense kita sudah disetujui. Jadi iklan tidak hanya bisa ditampilkan pada blog yang kita daftarkan pada saat membuat akun adsense saja. Dan kita tidak perlu lagi mendaftarkan blog lain yang akan kita pasangi iklan adsense. Namun tetap ada kebijakan yang harus dipatuhi yaitu blog lain tersebut harus sesuai dengan kebijakan dari google adsense.

Itulah beberapa informasi yang sekiranya dapat membantu anda dalam mendaftar ke google adsense. Semoga dengan membaca artikel ini bisa bermanfaat bagi anda dan akun google adsense anda segera disetujui sepenuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar