Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Selasa, 30 Januari 2018

Tips Memilih Dan Membeli Komputer

Tips-tips Membeli Komputer

Seiring perkembangan jaman sekarang ini, komputer sangat dibutuhkan karena memiliki banyak kegunaan untuk membantu pekerjaan kita. Mulai dari pendidikan, perdagangan, desain grafis sampai dibidang keamanan dan militer pun banyak yang memanfaatkan teknologi komputer. Dan berikut ini saya akan memberikan tips-tips dalam membeli komputer.

Komputer memiliki banyak kegunaan didukung dengan perangkat lain yang terhubung sebagai pelengkap untuk memaksimalkan dan memudahkan kinerja dari komputer itu sendiri. Untuk masing-masing komponen memiliki spesifikasi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan pengguna (user). Pada saat pembelian komputer sebaiknya user benar-benar memahami kebutuhan yang diperlukan dalam penggunaan komputer tersebut. Misalnya saja bagi yang bekerja di perkantoran atau di sekolah-sekolah yang membutuhkan data berupa cetakan dikertas (print out) maka user pasti akan membutuhkan sebuah printer untuk mencetak hasil dari pengolahan data di komputer. Atau seorang editor dan desainer grafis maka mereka akan membutuhkan komputer dengan spesifikasi tinggi agar memudahkan saat pengoperasian komputer. Jadi jangan salah, sesuaikan kebutuhan anda karena jika salah dalam pemilihan spesifikasi komputer yang akan dibeli nantinya akan sia-sia saja. Selain menyesuaikan kebutuhan anda juga harus menentukan dahulu berapa dana yang akan dialokasikan untuk membeli komputer dan akan digunakan untuk apa komputer tersebut. 

Contoh Spesifikasi Komputer

1. LOW-END

Komputer low-end dari segi harga relatif murah namun penggunaan dan fungsinya hanya sekedar untuk mengetik data dan pengolahan data tingkat rendah. Berikut contoh spesifikasi komputer low-end.
  • Dual core E5400
  • ECS G41T-M5
  • VISI-ON 1GB PC 6400
  • SPEED POWER AX-500-S 500W
  • WDC SATA II 160GB 8MB

2. MID-END

Komputer mid-end harganya sedikit mahal dari komputer low-end namun penggunaan dan fungsinya setingkat lebih tinggi dari komputer low-end. Selain itu komputer mid-end bisa digunakan untuk desain grafis tingkat menengah. Contoh spesifikasi komputer mid-end.
  • Core i5 750 Box (8m Cache, 2.66 Ghz)
  • G.SKILL F3-12800CL7D-4GBRM SATA II 500GB 32Mb Green
  • Biostar T5XE
  • MST GTX 275 Twin Frozer OC 896Mb 448Bit DDR3
  • Lite On DVDRW Sata 24x
  • Speedpower AX-550-S 550W

3. HIGH-END

Komputer dengan spesifikasi high-end harganya relatif mahal tetapi penggunaan dan fungsinya lebih unggul dari low-end dan mid-end. Dengan spesifikasi yang tinggi, komputer jenis ini sudah bisa digunakan untuk editing ataupun desain grafis dengan baik. Berikut contoh spesifikasinya.
  • Core i5 750
  • Biostar T5XE
  • G.SKILL 4GB DDR3 1600Mhz
  • WDC 500GB SATA II 32Mb
  • HIS HD 5850 Cypress Pro 1Gb 256bit DDR5
  • DELL 20 Inch S2009W+DVI 1600x900
  • Speedpower AX-600-S 600W
  • Lite On DVDRW Sata 24x
  • ALTEC Lansing BXR-1221 2.1 by the user by the user COMPUTER
Itulah beberapa contoh spesifikasi komputer yang dapat anda jadikan sebagai referensi sebelum membeli komputer. 

Protected by Copyscape

Gambaran Spesifikasi Komputer

Setelah kita mengetahui spesifikasi komputer berdasarkan tingkatan diatas, berikut ini adalah gambaran detil dari spesifikasi tersebut berdasarkan fungsi atau kegunaanya dalam kehidupan sehari-hari.

1. Komputer Kantor

Pada umumnya komputer untuk kebutuhan kantor hanya digunakan untuk mengetik, mengolah data, print out data, menjalankan aplikasi kantor dan browsing internet. Sehingga tidak memerlukan komputer dengan spesifikasi yang tinggi. Cukup dengan pentium 4 processor 2.4 Ghz dan memori 1Gb. Sedangkan untuk VGA dan Soundcard sudah cukup on board fasilitas motherboard.

2. Komputer Multimedia

Komputer multimedia adalah komputer yang digunakan dalam bidang hiburan. Biasanya komputer seperti ini memiliki kualitas gambar serta suara yang bagus dan seimbang. Contoh spesifikasi yang cocok untuk komputer yang akan digunakan untuk keperluan multimedia yaitu besarnya memori 1Gb atau lebih, untuk motherboard, VGA dan Soundcardnya harus ditambah. Misalnya VGA Card : GeForce 7200 atau Redeon X 1550 dan Soundcard : Creative Sound Blaster 5.1. Sedangkan untuk monitor dapat menggunakan layar LCD atau LED agar kualitas gambar lebih bagus dan jernih.

3. Komputer Warnet

Komputer warnet biasanya digunakan dalam jangka waktu yang lama sehingga harus memiliki daya tahan yang tinggi. Komputer untuk keperluan warnet tidak perlu  spesifikasi yang tinggi karena biasanya hanya digunakan untuk keperluan mengetik, chatting dan browsing. Namun yang penting adalah ketahanan fisik yang tinggi. Spesifikasi komputer untuk warnet adalah motherboard bisa memakai slot LGA 775 dengan seri Intel DG31GL/B. Sedangkan untuk hardisk pakailah yang mempunyai kapasitas besar misal 250Gb. Untuk VGA dan Soundcard bisa memakai fasilitas onboard dari motherboard bawaan. 

4. Komputer Multiplayer Dan Game

Bagi anda yang suka main game pc, carilah komputer dengan kualitas gambar dan koneksi internet yang baik karena akan digunakan untuk menjalankan aplikasi game yang cukup berat. Untuk spesifikasi carilah komputer yang memiliki kapasitas RAM dan memori yang besar agar pada saat memainkan game PC bisa lancar dan tidak mengalami lag. Spesifikasinya termasuk kelas menengah dengan ketahanan fisik yang baik. Karena apabila sudah asyik main game biasanya para gamers pasti suka lupa waktu, mereka bisa memainkan game selama berjam-jam dalam sehari. Selain ketahanan fisik komputer, diperlukan juga ketahanan fisik dari penggunanya karena berlama-lama didepan komputer tidaklah baik untuk kesehatan terutama pada kesehatan mata. Jadi, sayangilah tubuh anda dengan tidak terlalu lama didepan komputer.

5. Komputer Server

Server adalah komputer yang digunakan untuk mengontrol akses pada sebuah jaringan. Server juga menjadi induk sebuah program yang terpusat. Spesifikasi utama yang diperlukan oleh komputer server adalah kapasitas processor, memori dan hardisk karena digunakan selama 24 jam non stop. Untuk itu komputer server harus didukung dengan sistem pendingin yang baik. Spesifikasi untuk komputer server yaitu kapasitas RAM dapat memakai 4Gb dengan jenis DDR3. Sedangkan untuk hardisk juga memerlukan kapasitas yang besar paling tidak 500Gb. Dan yang paling penting adalah sistem pendingin yang baik, anda dapat menggunakan jenis Cooler Processor Thermal Take dan Fan Casing yang lebih besar.

6. Komputer Grafis

Komputer jenis ini biasanya digunakan oleh para desainer grafis, jadi wajar saja apabila memerlukan komputer dengan spesifikasi yang tinggi. Karena aplikasi desain grafis biasanya memerlukan hardware dengan spesifikasi yang tinggi. Sehingga pada saat digunakan untuk keperluan desain grafis, semua aplikasi dapat berjalan lancar tanpa terjadi lag. Carilah komputer high-end yang memiliki kapasitas RAM dan hardisk yang besar.

Itulah tips-tips dan gambaran dalam memilih komputer untuk membantu keperluan kita. Sebelum membeli komputer sebaiknya pikirkan dahulu dan sesuaikan dengan kebutuhan kita agar tidak salah pilih dan menjadi sia-sia. Semoga artikel ini dapat membantu memberikan informasi dan gambaran kepada anda pada saat akan membeli komputer. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar