Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Selasa, 16 Januari 2018

Langkah-langkah Memulai Bisnis Di Internet

 Pada saat memulai binis baru ada langkah-langkah yang harus diperhatikan agar lebih terarah. Namun sebelumnya mari kita simak alasan kenapa memilih bisnis online.

 Mungkin anda bertanya kenapa kita harus melakukan bisni online dan kenapa tidak membuka toko yang besifat offline saja dengan modal yang tersedia?  Untuk mendapatkan jawabannya anda perlu memperhatikan kelebihan-kelebihan dari bisnis online.


  1.  Modal yang dibutuhkan relatif kecil bila dibandingkan dengan membuka sebuah toko atau usaha lainnya. 
  2. Pangsa pasar luas tanpa ada batasan wilayah sehingga berpotensi untuk menghasilkan keuntungan yang sangat besar dan memungkinkan kita mempunyai konsumen di seluruh dunia. 
  3. Tidak beresiko tinggi walaupun pada sebagian bisnis online ada juga yang beresiko seperti forex trading. 
  4. Tidak memerlukan tenaga ahli khusus karena kini banyak bermunculan program-program penunjang instant yang mudah dipelajari. 
  5. Dapat dijalankan secara otomatis sehingga tidak memerlukan waktu 24 jam untuk mengawasinya. 
 Setelah kita mengetahui alasan yang berupa kelebihan berbisnis online diinternet, kini saatnya kita mempelajari tentang langkah-langkah memulai berbisnis di intrnet. Simak penjelasan berikut. 
  1. Menentukan ide atau tema bisnis
 Ide atau tema bisnis adalah hal yang pertama kali kita pikirkan saat memulai bisnis online. Meskipun pada dasarnya didunia maya bisnis yang ada terbagi menjadi 2 macam yaitu menjual barang atau jasa. Carilah ide segar dan kreatif serta belum banyak orang yang menggeluti bidang tersebut. Selain itu pemilihan ide juga harus sesuai dengan minat atau keahlian agar anda tidak terlalu kesusahan nantinya.

 2. Menganalisa ide atau tema bisnis

 Sebelum menjalankan tema bisnis yang sudah ditentukan, akan lebih baik jika terlebih dahulu di analisa. Apakah tema tersebut dapat diterima di pasaran dan tentunya oleh target konsumen dari barang atau jasa yang anda jual. Selain itu analisa juga tentang prospek pemasaran dan kebutuhan barang atau jasa yang akan anda jalankan itu sehingga bisa terus berjalan lancar.

 3. Membangun sarana bisnis

 Sarana bisnis yang harus kita miliki dan kita bangun yaitu sebuah situs atau blog. Untuk membangun sarana tersebut anda tidak perlu harus menjadi web master terlebih dahulu, karena anda bisa melakukannya dengan cukup mudah tanpa memerlukan keahlian khusus dibidang web. Anda hanya perlu mendownload secara gratus program cms seperti Joomla dan Os Commerce yang akan saya bahas pada postingan berikutnya. Setelah membangun sebuah situs web sendiri, anda juga harus memperhatikan hal-hal berikut.

  • Isi situs
 Yang termasuk isi dalam sebuah situs meliputi; tampilan situs, artikel, gambar dan lain-lain. Usahakan agar isi situs anda dibuat semenarik dan seunik mungkin sehingga pengunjung akan senang dan betah mengunjungi situs anda untuk melihat produk yang ada dalam situs anda itu. Selain itu tampilan dan navigasi yang mudah pasti akan membuat pengunjung tertarik mengunjungi situs anda. 
  • Melakukan promosi
 Hal yang tak kalah penting yaitu mempromosikan situs yang anda buat tadi karena pada awal berdirinya sebuah situs, biasanya pengunjung tidak langsung mengenali situs anda. Untuk itulah mengapa perlunya promosi agar situs kita lebih cepat dikenal pengunjung internet. Anda bisa mempromosikan situs anda secara gratis dengan cara membagikan tautan yang akan mengarah kesitus anda melalui media sosial seperti facebook, instagram, whatsapp, twitter dan lainnya. Jika anda ingin mendapat pengunjung dengan promosi berbayar, anda bisa melakukannya dengan cara memasang iklan pada situs penyedia iklan, memasang banner iklan pada situs-situs terkenal, melakukan program afiliasi serta mendaftarkan url anda ke situs search engine terkenal seperti google, yahoo, bing dan sebagainya. 

 4. Bersikap fleksibel

 Sebagai pemilik situs web atau blog, ada baiknya kita harus menerima masukkan dan kritikan yang datang dari sumber manapun. Baik itu dari teman, keluarga, konsumen atau bahkan dari pengguna internet yang mengunjungi situs anda. Tujuan dari sikap fleksibel ini adalah guna perbaikan lebih lanjut tentang usaha yang kita jalankan. Dengan adanya kritik dan saran, tentunya akan membuat anda menjadi tahu kekurangan apa yang kita miliki sehingga kita bisa memperbaiki kekurangan atau kesalahan tersebut agar tidak terulang dimasa yang akan datang. Selain itu kita juga perlu memberikan reward atau hadiah kepada pengunjung tetap anda sehingga mereka akan tetap terjaga dan menjadi konsumen tetap anda. Jika mereka sudah merasa dihargai, pasti mereka akan merasa senang dan tidak berpaling ke kompetitor kita yang lain. 
Protected by Copyscape Online Plagiarism Check

Tidak ada komentar:

Posting Komentar