Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Rabu, 24 Januari 2018

Sejarah Dan Pengertian Komputer

SEJARAH KOMPUTER

Kata komputer pada awalnya digunakan untuk mendefinisikan orang yang melakukan perhitungan aritmatika dengan mesin/alat bantu ataupun tidak. Menurut Barnhart Concise Dictionary Of Etimologi, kata tersebut digunakan dalam bahasa inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk " orang yang menghitung ". Kemudian menjelang tahun 1897 juga digunakan sebagai " alat hitung mekanis ".

Selama perang dunia ke II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita di Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.

DEFINISI KOMPUTER

Berikut ini adalah beberapa definisi komputer menurut beberapa tokoh, antara lain :
  • Charles Babbage, Dia mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule yang juga bisa dikatakan sebagai komputer.
  • V.C. Hamacher et al (1982), Komputer merupakan mesin penghitung elektronik yang dengan cepat mampu menerima informasi input digital kemudian memprosesnya dengan sesuai dengan program yang tersimpan di dalam memory sehingga menghasilkan output informasi.
  • Robert H. Blissmer (1985), Komputer adalah suatu alat yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.
  • Donal H. Sanderes (1985), Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program (sistem operasi) yang tersimpan didalam penyimpanan (stored program).
  • Elias M. Awad, Komputer adalah suatu alat hitung yang memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan data analog.
  • Larry Long dan Nancy Long, komputer adalah alat hitung yang mampu menginterpresentasikan dan juga melaksanakan perintah program untuk input, output, perhitungan dan operasi-operasi logik.
  • William M. Fuori, Komputer adalah suatu alat pemproses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika tanpa campur tangan manusia.
  • Williams, Sawyer, Komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram yang menerima data (fakta-fakta dan gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya kedalam informasi yang dapat kita gunakan.
Definisi komputer menurut para ahli diatas dapat dijadikan bahan dalam memahami dan mengerti komputer lebih luas lagi. Awalnya komputer ditujukan untuk orang yang memiliki kegiatan atau pekerjaan menghitung. Namun lama kelamaan berkembang menjadi lebih canggih dan mampu memudahkan pekerjaan manusia.

Protected by Copyscape
Komputer sudah ada sejak jaman dulu namun tampilannya pasti sangat sederhana dan tidak berbentuk seperti mesin. Karena dari sejarah masa lalu pun proses pengolahan data sudah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik sebagai alat bantu dalam penghitungan dan pengolahan data agar lebih cepat dan tepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan manusia sejak jaman dahulu berupa alat mekanik atau elektronik.

Saat ini komputer dan alat pendukungnya sudah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada saat ini memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematika biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kasir supermarket yang mampu membaca kode-kode barang. Sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat diseluruh dunia.

Pengertian komputer secara umum bisa kita artikan sebagai kumpulan alat elektronik yang tersusun menjadi rangkaian membentuk sebuah mesin berteknologi dengan kontrol sistem operasi disertai program-program yang mampu menerima dan menyimpan data, melakukan pengolahan dan memberikan hasil dalam bentuk informasi sesuai prosedur operasi yang dirumuskan.

Pada dasarnya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang mampu menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan didalam memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.

Dari definisi yang sudah disebutkan tadi, terdapat tiga istilah penting yaitu input (data), pengolahan data dan informasi (output). Pengolahan data menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau Electronic Data Processing (EDP). Sementara data adalah kumpulan data yang diangkat dari suatu kenyataan atau fakta, dapat berupa angka-angka, huruf, simbol khusus atau gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.

Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data kedalam bentuk yang lebih berguna dan berarti yaitu informasi. Dengan begitu maka informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Pengolahan data elektronik adalah proses manipulasi dari data kedalam bentuk yang lebih bermakna berupa informasi dengan menggunakan alat elektronik yaitu komputer.

Setelah membaca dan memahami beberapa definisi diatas maka dapat disimpulkan bahwa komputer adalah :

Suatu alat elektronik yang dapat menerima input data, dapat mengolah data, dapat memberikan informasi, dapat menggunakan program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan dan bekerja secara otomatis.

Sedangkan yang disebut dengan program adalah kumpulan instruksi atau perintah terperinci yang sudah dipersiapkan agar komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang sudah ditentukan. Seiring perkembangan teknologi mungkin pengertian dari komputer akan mengalami perubahan sesuai dengan konteksnya nanti.

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula digunakan untuk menggambarkan orang yang melakukan pekerjaan penghitungan aritmatika dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Awal mulanya pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika. Tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Dalam artian yang luas, komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang dapat bekerja sama antara komponen yang satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Komponen komputer meliputi ; CPU, Keyboard, Mouse dan Printer sebagai pelengkap. 

Tanpa menggunakan printer pun komputer tetap bisa menjalankan tugasnya untuk mengolah data, namun hanya sebatas tampilan pada layar monitor belum dalam bentuk print out (kertas). Dalam perkembangannya saat ini komputer sudah semakin canggih dengan bermacam-macam fitur yang dapat membantu kita dalam melakukan pekerjaan yang menggunakan komputer.

 Bahkan sekarang sudah banyak komputer yang dapat dibawa kemana-mana dengan desain yang lebih kecil karena antara monitor, cpu dan mouse digabung menjadi satu. Atau yang lebih kita kenal sebagai laptop. 

1 komentar: