Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Kamis, 18 Januari 2018

Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Online

 Bisnis online kini semakin maju dan merajalela diinternet. Banyak orang yang kini beralih berjualan online daripada membangun sebuah toko. Hal ini disebabkan Karena banyaknya pengguna internet diseluruh dunia. Disisi lain peranan kemajuan teknologi menjadi alasan utama dalam hal ini. Bagaimana tidak, hanya dengan bermodal smartphone saja kita sudah bisa mengakses bahkan menjadi pedagang online.

 Keuntungan di bisnis online adalah bisa dikerjakan kapanpun dan dimanapun kita mau selama kita masih bisa mengakses internet, sehingga dapat dilakukan untuk sekedar mengisi waktu luang. Atau bisa juga dilakukan fulltime apabila kita tidak memiliki kegiatan lain atau memang karena penghasilan kita bersumber dari bisnis online tersebut.

 Pangsa pasar bisnis online juga tidak dibatasi oleh letak geografis atau wilayah tertentu. Selain itu kita juga bisa mengakses pasar dunia hanya dengan hitungan detik saja. Potensi pemasukan yang bisa kita dapatkan sangatlah besar dan tidak terduga.

 Bisnis online memiliki beberapa efisiensi yang sangat tinggi yaitu :

  • Kita bisa menduplikasi atau memperbanyak bisnis kita dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan bisnis offline atau membuka toko. 
  • Tidak memerlukan banyak karyawan. Anda bisa mengerjakan bisnis anda seorang diri tanpa harus repot-repot mencari karyawan dan membayarnya. Namun jika diperlukan maka tidak ada salahnya mempekerjakan orang untuk menunjang kelancaran bisnis anda. Sehingga secara tidak langsung kita telah membantu perputaran roda perekonomian karyawan kita agar terus berjalan. 
  • Tidak memerlukan banyak biaya untuk memulai bisnis online. Seperti yang saya sebutkan tadi, hanya dengan bermodal smartphone dan juga koneksi internet saja kita sudah bisa menjalankan bisnis online ini. 
  • Ada pula program autopilot yang akan membantu anda sehingga dapat berjalan secara otomatis selama 24 jam. 
  • Bebas dari resiko penjarahan, kebakaran dan kejahatan lain seperti yang terjadi pada toko-toko besar.
 Namun setiap kelebihan pasti juga memiliki kekurangan yang membuat seseorang enggan memulai bisnis online. Diantaranya sebagai berikut :
  • Memerlukan akses internet yang lancar sehingga belum pasti bisa dilakukan disembarang tempat. Di Indonesia sendiri masih banyak tempat-tempat yang memiliki koneksi internet yang buruk dan tidak stabil bahkan ada juga yang tidak memiliko akses jaringan internet sama sekali seperti didaerah pelosok dan pegunungan. 
  • Memerlukan website sendiri dan promosi yang kuat pada bisnis afiliasi dan google adsense. Meskipun kita bisa memanfaatkan website gratisan seperti blogger atau yang lainnya, kita juga perlu membayar tagihan untuk memperpanjang masa aktif website apabila kita menggunakan website dengan domain dan hosting berbayar. 
  • Masih banyak penipu atau scammer didunia internet sehingga banyak juga orang yang tidak percaya lagi dengan bisnis online diantaranya seperti : autosurf program, HYIP, MLM, arisan online dan lain-lain. 
  • Banyak pembajak atau plagiat yang merajalela dalam bisnis online seperti penjualan e-book atau software. 
  • Banyak juga peristiwa-peristiwa cybercrime seperti pencurian kartu kredit dan hacker website yang dapat mengancam bisnis online. Untuk kasus cybercrime ini Indonesia adalah nomor dua didunia setelah Ukraina sehingga semua kejahatan di internet itu membuat orang takut untuk berbisnis diinternet. 
 Itulah beberapa kelebihan dan juga kekurangan dari bisnis online di internet. Semoga dengan membaca artikel ini dapat membantu anda dan dijadikan bahan referensi yang baik. Terimakasih atas kunjungan anda
Protected by Copyscape Online Plagiarism Check

Tidak ada komentar:

Posting Komentar