Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Sabtu, 03 Maret 2018

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari internet

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana caranya mendapatkan uang atau penghasilan dari internet. Sebelum melangkah lebih jauh lagi, sebenarnya cara yang paling logis dan masuk akal untuk mendapatkan uang adalah dengan BEKERJA. Ya, bekerja adalah cara yang paling banyak digunakan untuk mendapatkan uang atau penghasilan. Cara ini sudah dipakai sejak jaman nenek moyang kita pada jaman dahulu sampai sekarang dan akan terus seperti itu selamanya. Ada banyak macam cara yang bisa anda lakukan dengan berbagai bidang pekerjaan selama pekerjaan itu masih memberikan manfaat positif bagi kita. Semua bidang pekerjaan pada dasarnya akan memberikan manfaat yang baik, selama masih dilakukan dengan cara yang baik pula.
Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang dari internet? Jawabannya tetap sama yaitu dengan bekerja. Apakah ada cara lain untuk mendapatkan uang atau penghasilan tanpa bekerja? Tentu tidak ada bukan? Kita bisa mendapatkan uang dari internet jika kita mau bekerja di internet. Caranya bagaimana? Berikut cara yang dapat anda lakukan dan bisa dijadikan sebagai bidang pekerjaan untuk menghasilkan uang.

1. Bisnis Online

Jika anda ingin mendapatkan penghasilan dari internet anda bisa mencoba cara ini, yaitu dengan berbisnis di internet. Ada berbagai macam bisnis yang bisa anda kerjakan di internet. Pasar dan konsumennya pun juga berasal dari internet yang sekarang ini sedang mengalami perkembangan yang begitu pesat. Perkembangan ini tentunya disebabkan oleh banyaknya pengguna internet online yang jumlahnya terus bertambah dari hari ke hari. Selain itu juga didukung dengan perkembangan teknologi yang semakin maju. Dahulu, internet hanya bisa diakses menggunakan komputer saja. Tapi seiring perkembangan jaman dan banyaknya inovasi dan terobosan-terobosan baru yang dilakukan agar mempermudah pekerjaan manusia, kini semua orang bisa mengakses internet dengan menggunakan ponsel. Yang jumlah akses ke internetnya paling banyak saat ini daripada jumlah akses internet menggunakan komputer. Banyaknya pengguna smartphone untuk mengakses internet ini bisa anda gunakan sebagai peluang bisnis. Anda bisa menjual pulsa, atau paket internet kemudian anda promosikan melalui media internet karena pada topik pembahasan kali ini adalah bagaimana cara mendapatkan uang dari internet. Jika saya menyarankan untuk berjualan pulsa dan paket internet ditoko atau yang tidak menggunakan media internet, itu sama saja saya menyimpang dari topik ini bukan? Untuk itu anda bisa menggunakan media internet untuk menjual pulsa atau paket internet melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain-lain yang tentunya penggunaan media sosial tersebut pasti menggunakan akses internet. Jadi masih nyambung dengan topik pembahasan bukan. Ini sebagai contoh saja karena ada begitu banyak peluang bisnis di internet. Untuk lebih jelasnya tentang peluang bisnis di internet anda bisa browsing di internet.

2. Berjualan Online

Berjualan online sebenarnya merupakan salah satu peluang bisnis di internet. Dan saat ini berjualan online menjadi salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk menghasilkan uang dari internet. Pelaku dan peminatnya pun cukup besar karena begitu banyaknya orang yang menggunakan internet saat ini. Anda bisa memulai bisnis ini dengan membuat toko online di situs-situs jual beli online yang sekarang ini banyak tersedia. Keunggulan dari berjualan online ini adalah anda tidak perlu terlalu banyak modal untuk memulai berjualan online. Dibandingkan dengan membuat toko atau menyewa kios yang tentunya memerlukan banyak biaya yang tidak sedikit. Anda juga bisa mendapatkan banyak calon konsumen di seluruh daerah bahkan di seluruh dunia karena internet dapat diakses diseluruh belahan dunia. Anda juga tidak perlu memiliki produk sendiri karena anda bisa membeli produk kemudian anda jual kembali disitus jual beli online anda tersebut, sama seperti jika anda memiliki sebuah toko. Selain itu anda juga tidak memerlukan tempat penyimpanan barang yang terlalu besar karena anda bisa membeli/mengambil produk dari orang lain kemudian menjualnya jika sudah ada yang memesan kepada anda. Jika anda tidak mau ribet anda bisa menjadi reseller atau menyediakan jasa marketing online dan bekerja sama dengan orang lain untuk membantu promosi dan membantu penjualan produknya dengan metode bagi hasil yang telah disepakati sebelumnya. Berjualan online juga bisa dilakukan pada saat ada waktu luang karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. 

3. Mengikuti Program Affiliasi

Program affiliasi atau affiliate adalah suatu program dimana anda bisa mengikuti program affiliate yang disediakan oleh affiliate merchant. Cara kerjanya sama seperti menjadi marketer online pada bisnis jual beli online. Yaitu dengan mempromosikan produk atau jasa yang dimiliki oleh affiliate merchant kepada semua orang, bisa dengan menggunakan media internet dan bisa juga melakukan promosi langsung kepada orang lain yang kemudian diarahkan ke situs milik affiliate merchant untuk melihat produk atau jasa yang ditawarkan. Besarnya pendapatan dari bisnis affiliate ini tergantung kesepakatan antara pemilik produk atau jasa yang disebut affiliate merchant dengan affiliate marketer/affiliater sebagai tenaga promosi dan penjualan. Sudah banyak affiliater sukses yang saat ini bisa menghasilkan jutaan dollar setiap bulannya. Jika anda tertarik anda bisa mendaftarkan diri ke situs-situs yang menyediakan program affiliate ini.

Protected by Copyscape

4. Menjadi Youtuber

Sebagai salah satu situs penyedia konten video terpopuler saat ini yang dimiliki oleh Google Inc., youtube ternyata juga bisa digunakan sebagai media untuk menghasilkan banyak uang dengan menjadi youtuber yang menyediakan video-video di Youtube.com. sebelum memulai menghasilkan uang dari youtube, hal yang harus anda lakukan adalah membuat channel youtube kemudian mengisinya dengan mengupload video-video unik hasil karya anda sendiri. Buatlah video yang unik dan berdurasi lama untuk menarik banyak viewer dan subscriber channel youtube anda. Usahakan video yang anda buat tersebut berpotensi untuk menjadi viral di youtube atau media sosial. Karena video yang berhasil viral sangat menguntungkan dan mampu menarik banyak viewer bahkan subscriber channel anda. Setelah anda memiliki channel youtube yang berisi banyak video-video unik, anda dapat memulai untuk menghasilkan uang dari youtube dengan cara monetisasi channel youtube anda. Caranya adalah dengan mendaftarkan channel youtube anda ke Google Adsense youtube. Namun untuk bisa memulai menghasilkan uang dari google adsense youtube ada aturan yang harus dipatuhi agar akun youtube anda dapat disetujui oleh google adsense. Aturannya yaitu channel anda harus memiliki 1000 subscriber dan 4000 jam tayang dalam satu tahun terakhir. Aturan ini merupakan kebijakan terbaru dari adsense youtube mulai tahun 2018. Memang kebijakan terbaru ini terasa semakin berat bagi calon publisher google adsense youtube. Karena bila dibandingkan dengan kebijakan pada tahun 2017 masih dirasa cukup ringan bagi calon publisher google adsense yang hanya memerlukan 10.000 kali tayang untuk bisa ditinjau dan menjadi publisher google adsense youtube. Nah, jika anda adalah orang yang kreatif, maka anda bisa membuat channel youtube kemudian memulai proyek pembuatan video yang unik dan menarik yang mampu menjadi viral agar dapat menghasilkan uang dari internet terutama dari google adsense youtube. Saat ini banyak sekali youtuber sukses diseluruh dunia yang mampu menghasilkan jutaan dollar setiap bulannya. Apakah anda tertarik?

5. Menjadi Blogger

Anda memiliki hobi menulis? Ingin menjadikan hobi menulis anda sebagai sumber penghasilan? Jadilah seorang blogger. Ya, dengan menjadi seorang blogger dan menulis banyak artikel anda dapat menghasilkan uang dari hobi menulis anda tersebut dengan menjadi seorang blogger. Tahukah anda? Bahwa pekerjaan yang paling menyenangkan adalah menggeluti bidang pekerjaan yang sesuai dengan hobi kita. Pekerjaan yang sesuai dengan hobi akan lebih mudah dan menyenangkan untuk dikerjakan. Karena anda bisa menghasilkan uang dan menyalurkan hobi anda secara bersamaan. Menjadi seorang blogger dan hobi menulis akan lebih mudah dikerjakan karena kita menyukai bidang tersebut. Sehingga anda bisa membuat tulisan-tulisan dalam artikel kemudian anda jual agar memperoleh penghasilan. Menjual dalam artian anda memberikan dan menyediakan artikel-artikel yang bermanfaat dan informatif kepada orang lain yang memiliki hobi membaca artikel atau ditujukan untuk orang yang sedang mencari informasi melalui media internet. Hal pertama yang harus anda lakukan untuk menjadi blogger dan mulai membuat banyak artikel yang bermanfaat agar bisa menghasilkan uang adalah dengan membuat akun blogger atau wordpress. Buatlah judul blog yang menarik dan sesuai dengan tema artikel blog yang akan anda buat. Dalam memilih tema artikel blog sebaiknya sesuaikan dengan bidang yang anda kuasai agar memudahkan anda dalam membuat artikel. Selain itu jika ada pertanyaan dari orang lain pada artikel anda, anda mampu memberikan jawaban dan penjelasan dengan mudah karena anda memahami bidang tersebut. Setelah anda berhasil mendaftar dan membuat blog, maka mulailah mengisi blog anda dengan artikel-artikel yang berkualitas, bermanfaat dan informatif. Buatlah artikel sebanyak-banyaknya agar blog anda menjadi kaya informasi. Namun usahakan untuk membuat artikel hasil karya anda sendiri bukan dari hasil copy paste dari blog orang lain karena akan menyusahkan anda dikemudian hari ketika anda ingin memulai menghasilkan uang dari blog anda tersebut. Setelah anda membuat blog dan memiliki banyak artikel, langkah selanjutnya anda harus mendaftarkan blog anda ke google webmaster dan bing webmaster agar blog anda dapat terindeks pada kedua search engine tersebut. Setelah blog anda terindeks mesin pencari maka otomatis blog anda akan mulai mendapatkan banyak pengunjung setiap harinya. Setelah blog anda ramai pengunjung kini saatnya bagi anda untuk mulai menghasilkan uang dari blog dengan cara menyediakan space iklan didalam blog anda. Anda bisa mendaftarkan blog anda di google adsense agar blog anda bisa menampilkan iklan sehingga anda dapat menghasilkan uang. Namun untuk bisa menjadi publisher google adsense bukanlah hal yang mudah. Butuh waktu agar blog anda dapat disetujui sepenuhnya oleh google adsense dan mulai menampilkan iklan. Contohnya blog yang saya kelola ini, butuh waktu kurang lebih 7 bulan agar dapat disetujui menjadi publisher google adsense. Dalam kurun waktu tersebut banyak sekali hal-hal yang harus diperjuangkan seperti mencari ide artikel agar dapat menarik banyak pengunjung setiap harinya. Saat mendaftar menjadi publisher google adsense pun bukanlah hal yang mudah dan instan. Setidaknya blog ini sudah mengalami belasan bahkan mungkin puluhan kali ditolak oleh google adsense. Namun karena semangat dan keyakinan bahwa, orang lain saja bisa kenapa saya tidak? Akhirnya saya tetap konsisten dan terus berusaha dengan memperbanyak artikel-artikel asli dan melakukan optimasi serta pembenahan pada blog akhirnya akun google adsense saya secara resmi disetujui sepenuhnya menjadi publisher google adsense pada awal tahun 2018 ini. Namun perjuangan belum selesai sampai disitu saja, blog yang sudah diterima menjadi publisher adsense pun harus tetap berkarya dengan menyajikan konten-konten informatif agar mampu bersaing dengan jutaan blog diseluruh dunia. Sebenarnya ada banyak alternatif selain google adsense agar bisa menghasilkan uang dari blog dengan menjadi publisher iklan di internet. Namun menurut saya google adsense adalah program pengiklan terbaik karena kita akan dibayar sesuai dengan hasil yang kita peroleh. Kita akan mendapatkan penghasilan apabila ada pengunjung blog yang mengklik iklan yang ada didalam blog kita. Namun untuk mendapatkan klik iklan tersebut bukanlah hal yang mudah. Bisa saja dari 1000 pengunjung hanya ada beberapa pengunjung saja yang bersedia mengklik iklan yang ada. Hal ini disebabkan karena pengunjung blog ingin mencari informasi dan bukan untuk klik iklan. Untuk itu pentingnya menyediakan artikel yang kaya informasi agar mampu menarik lebih banyak pengunjung setiap harinya. Penempatan iklan juga harus pada posisi yang strategis dan dapat terlihat oleh pengunjung. Sehingga peluang untuk terjadinya klik iklan menjadi lebih besar. Setelah anda mampu menghasilkan uang sedikit demi sedikit dari program adsense ini maka anda dapat menikmati hasilnya dengan melakukan payout dari saldo google adsense anda. Setelah mencapai ambang pembayaran minimal yaitu sekitar 100 dollar, maka google akan mengirimkan pin melalui surat ke alamat pembayaran anda. Untuk itu isilah alamat tempat tinggal anda dengan jelas dan benar agar memudahkan dalam pengiriman pin untuk dapat melakukan payout atau pengambilan uang dari saldo adsense anda. Jika anda berminat untuk menghasilkan uang dari hobi menulis artikel di blog, maka mendaftarlah sekarang. Karena bisa jadi suatu saat akan ada kebijakan terbaru yang dapat sedikit menyulitkan anda untuk bisa menjadi publisher google adsense. Selain itu peminat google adsense selalu betambah setiap harinya sehingga persaingan pun akan semakin ketat. Manfaat mendaftar lebih awal adalah agar anda bisa menyiapkan segalanya secara bertahap sehingga tidak akan terasa begitu berat untuk dilakukan. 

6. Menjadi Frelancer

Frelance merupakan pekerjaan paruh waktu atau pekerjaan sampingan yang dapat anda manfaatkan untuk menghasilkan uang dari internet. Ada banyak sekali bidang-bidang pekerjaan yang dapat diikuti oleh calon frelancer. Anda bisa menyediakan jasa pembuatan artikel untuk blog kemudian anda jual kepada blogger yang membutuhkan artikel untuk blog mereka. Anda bisa memasang tarif untuk setiap artikel yang anda buat atau sesuai persetujuan yang telah anda buat kepada calon pembeli artikel anda. Agar anda bisa dikenal oleh banyak orang sebagai penyedia jasa pembuatan artikel, anda bisa melakukan promosi melalui media internet atau media sosial lainnya. Jika anda memiliki hobi desain atau menggambar, anda juga bisa menjadi desainer dengan menjadi salah satu anggota pada situs yang menjadi penyedia jasa desain seperti desain logo, kaos dan lain-lain. Anda juga bisa menjadi seorang internet marketer sebuah produk dengan menjalin kerja sama dengan pihak yang terkait. Dan masih banyak lagi peluang pekerjaan menjadi frelancer yang bisa anda cari di internet.

Itulah beberapa cara tentang bagaimana menghasilkan uang dari internet yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi. Semoga dengan membaca artikel ini anda dapat tergerak semangatnya untuk bisa bekerja lebih keras lagi untuk mendapatkan penghasilan tambahan selain dari pekerjaan utama anda. Satu pesan saya, jika anda ingin sukses maka bekerjalah dan terus berusaha serta selalu berdoa agar diberi kelancaran dalah setiap pekerjaan anda. Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar