Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Senin, 27 Mei 2019

Penjelasan Tentang Impact Wrench


Dalam dunia industri yang terus berkembang seperti saat ini, ada banyak sekali bermacam-macam teknologi canggih yang semakin hari semakin canggih. Baik dalam produk yang dihasilkan maupun peralatan serta prosesnya juga menggunakan teknologi yang sudah canggih dan modern.

Misalnya saja dalam sebuah industri otomotif yang saat ini terus berlomba-lomba untuk berinovasi guna menghasilkan produk yang lebih efisien, ekonomis dan modern. Dari segi produk tentu saja sudah menjadi sesuatu yang umum jika menggunakan teknologi canggih. Karena dari proses pembuatannya saja sudah menggunakan teknologi dan peralatan yang canggih.

Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai sebuah alat kerja atau Tools yang biasa digunakan oleh para mekanik maupun operator produksi pada industri otomotif. Alat atau Tools ini adalah Impact Wrench.

penjelasan tentang impact wrench | caramurahmeriah.blogspot.com
1 Set Impact

Impact wrench adalah sebuah peralatan power tools yang digunakan untuk memasang atau melepas baut atau mur dengan cepat dan bertenaga tinggi sehingga dapat mencapai standar kekencangan yang sudah ditentukan.

Impact biasa digunakan oleh para mekanik atau operator produksi di sebuah pabrik otomotif untuk merakit komponen menjadi sebuah unit. Dengan menggunakan impact ini maka proses kerja menjadi lebih cepat dan ringan sehingga target produksi bisa tercapai.

Pada dasarnya, Impact memiliki dua jenis berdasarkan sumber tenaganya. Yang pertama adalah impact bertenaga angin atau Pneumatic dan juga ada yang menggunakan tenaga listrik atau Electric.

Impact Pneumatic biasanya digunakan pada proses produksi massal seperti didalam pabrik. Dan biasanya menggunakan kompresor atau angin bertekanan tinggi sebagai sumber tenaga untuk menggerakkan impact agar dapat digunakan untuk memasang atau melepas baut dengan cepat.

Tekanan angin yang digunakan untuk menggerakkan impact jenis ini haruslah memiliki tekanan yang tinggi. Sehingga cukup untuk memasang baut agar mencapai torsi standar yang telah ditentukan. Jika tekanan anginnya kurang maka impact tidak akan mampu berputar dengan maksimal dan baut yang dipasang tidak mencapai torsi yang diinginkan karena tenaga impact kurang alias Ngempos.

penjelasan tentang impact wrench | caramurahmeriah.blogspot.com
Impact Angin/Pneumatic

Impact yang ngempos akan sangat menghambat dan membahayakan jika terus didiamkan. Untuk itu jika anda sebagai seorang operator produksi yang menggunakan impact dalam proses kerja maka wajib untuk mengecek secara berkala impact yang anda gunakan tersebut. Jika impact anda ngempos maka sebaiknya untuk segera diperbaiki atau diganti dengan impact cadangan yang masih normal.

Karena jika impact ngempos, pasti torsi baut yang terpasang tidak sesuai standar dan unit yang diproduksi pun memiliki kualitas yang tidak baik. Jika ada salah satu baut atau sekrup yang kendor maka unit akan mengalami masalah. Dan jika hal ini didiamkan dan lolos dari pengecekan atau bagian inspeksi dan akhirnya sampai ke tangan konsumen, bisa dibayangkan akan seperti apa jika misalnya anda sendiri yang mengalaminya.

Maka dari itu cek terus kondisi impact yang digunakan agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Karena kualitas adalah nomor satu.

Kemudian berikutnya ada Impact yang menggunakan listrik sebagai sumber tenaga penggerak, atau biasa disebut dengan impact elektrik. Impact jenis ini menggunakan sumber listrik dari baterai atau bisa juga menggunakan listrik rumahan.

penjelasan tentang impact wrench | caramurahmeriah.blogspot.com
Impact Elektrik

Impact yang menggunakan tenaga elektrik biasanya jarang ngempos. Kecuali yang menggunakan tenaga baterai, jika baterainya habis maka tenaganya akan berkurang dan tidak mampu memutar baut atau mur.

Impact jenis ini biasanya digunakan oleh para mekanik non-produksi atau bengkel biasa. Karena jika menggunakan impact angin maka akan memerlukan kompresor yang memiliki kapasitas yang besar sehingga tidak memungkinkan untuk digunakan.

Selain itu impact ini banyak dipilih karena lebih praktis dan ekonomis serta mudah dam penggunaan dan juga perawatannya. Kita hanya tinggal colok ke listrik atau mengecas baterainya saja dan impact ini siap digunakan. Impact yang menggunakan baterai didalamnya biasa disebut dengan Portable Impact. Karena impact ini sangat paraktis dan mudah dibawa kemana-mana.

Baik impact pneumatic atau elektrik biasanya memiliki kesamaan dalam hal penggunaan. Kita perlu mengatur kecepatan angin pada impact pneumatic dengan memutar kontrol suplai angin yang masuk ke impact jenis ini. Sama halnya dengan impact elektrik, kita juga perlu mengatur kontrol power suplay untuk mengatur kecepatan putaran impact.

Selain dari sumber daya penggerak, kedua impact ini juga memiliki tuas untuk mengatur arah rotasi atau arah putaran impact. Tuas ini digunakan jika anda ingin memasang atau melepas baut atau mur.

Pada dasarnya kunci impact menggunakan sambungan socket untuk pengoperasiannya yang bisa diubah sesuai dengan ukuran baut atau mur. Jika ingin memasang atau melepas baut atau mur yang lebih besar atau memerlukan torsi yang besar maka sebaiknya menggunakan impact yang lebih besar atau yang sesuai dengan torsi yang dibutuhkan.

penjelasan tentang impact wrench | caramurahmeriah.blogspot.com
Impact Besar

Hal ini bertujuan agar baut yang dipasang memiliki kekencangan standar dan tidak kendor. Selain itu penggunaan impact yang tidak sesuai dapat menyebabkan kerusakan pada impact karena penggunaan yang tidak tepat.

Itulah sedikit penjelasan mengenai impact wrench. Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan bagi anda dan bisa bermanfaat.


Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar