Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Selasa, 07 Mei 2019

Bahaya Bahan Kimia Di Lingkungan Kerja


bahaya bahan kimia di lingkungan kerja | caramurahmeriah.blogspot.com


Dalam bekerja kita pasti berharap agar selalu aman, sehat dan selamat. Akan tetapi kita juga tidak tahu bahaya apa yang akan terjadi dan bisa saja terjadi secara tiba-tiba dan mendadak. Maka dari itu mari kita kenali apa saja bahaya yang ada disekitar kita beserta potensinya.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberika sedikit informasi mengenai jenis-jenis bahaya dalam K3. Bahaya dalam K3 ini terbagi menjadi 5 jenis yang perlu kita ketahui dan harus diwaspadai. Kali ini saya akan membahas mengenai bahaya bahan kimia dalam K3.

Didalam lingkungan kerja pasti ada banyak sekali potensi bahaya yang bisa saja terjadi dan menimpa siapa saja yang ada didalamnya. Perlu kewaspadaan dan konsentrasi serta kepedulian kita dalam menjaga lingkungan kerja serta menjalankan proses kerja yang sesuai standar.

Bahaya jenis kimia dalam K3 biasanya terdapat pada bahan kimia yang digunakan dalam proses produksi. Bahaya jenis kimia ini terjadi pada kontak langsung oleh pekerja ataupun terhirup.
Ada beberapa jenis bahan kimia tertentu yang sifatnya mudah menguap dan pada ambang batas tertentu dapat menimbulkan penyakit terhadap manusia. 

Penggunaan bahan kimia baik itu berbentuk cair, padat dan gas dalam jangka waktu tertentu akan menyebabkan penyakit. Terlebih jika sering kontak langsung dengan bahan-bahan kimia tersebut. Dalam jangka pendek ada beberapa bahan kimia yang akan langsung bereaksi pada tubuh. Namun yang lebih berbahaya adalah jangka panjang yang dapat ditimbulkan. Karena biasanya dalam jangka panjang tidak ada tanda-tanda khusus yang terjadi pada tubuh. Namun baru dapat dirasakan setelah beberapa tahun kemudian.

Untuk itu kita perlu hati-hati dan harus menjalankan prosedur penanganan bahan-bahan kimia sesuai dengan instruksi yang ada. Dan juga menggunakan alat keselamatan atau pelindung diri yang memadai dan sesuai standar.

Selain dapat menimbulkan bahaya bagi tubuh, bahan kimia juga dapat membahayakan lingkungan sekitar. Baik itu manusia, hewan, tumbuhan dan juga membahayakan seluruh ekosistem yang tedampak bahan kimia. 

Dalam jangka pendek biasanya hewan akan keracunan dan tumbuhan tidak dapat tumbuh dengan baik atau bahkan mati. Pembuangan limbah yang mengandung bahan kimia juga sangat berbahaya jika tidak ditangani dengan baik. Perlu adanya perlakuan khusus untuk limbah-limbah yang mengandung bahan kimia. 

Limbah bahan kimia juga tidak boleh langsung dibuang begitu saja. Ada beberapa prosedur yang harus dilakukan seperti misalnya pengolahan limbah dengan menggunakan bahan-bahan tertentu agar limbah tersebut tidak terlalu berbahaya dan beracun. 

Ada juga dengan metode lain seperti penimbunan terbuka, sanitary landfill dan insenerasi. Itulah beberapa cara penanganan limbah kimia yang sering diterapkan pada limbah-limbah kimia berbahaya. Dengan cara ini diharapkan agar nantinya limbah kimia tersebut menjadi tidak berbahaya atau setidaknya bisa mengurangi dampak yang dapat ditimbulkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar