Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Minggu, 02 Juni 2019

Pengetahuan Umum Painting Industri


Sejak dahulu kala cat telah dikenal, bahkan cat banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Proses pengecatan merupakan salah satu bentuk pelapisan suatu benda dimana bahan pelapis yang dipakai  biasanya memiliki warna tertentu. Secara umum pengecatan sering digunakan untuk pengerjaan akhir (finishing) produk-produk dari logam, kayu, plastik, dan lain-lain.


pengetahuan umum painting industri | caramurahmeriah.blogspot.com

Bahan yang digunakan dalam proses painting ada bermacam-macam. Mulai dari bahan cat itu sendiri yang digunakan dalam proses painting dan juga bahan pengencer atau emulsi yang digunakan untuk mengencerkan cat agar mudah digunakan dan cepat kering.

Pada umumnya cat yang digunakan dalam proses painting adalah merupakan campuran dari beberapa bahan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas cat agar lebih awet dan tahan lama. Adapun tujuan utama dari proses pengecatan bahan logam ataupun non logam sebagai berikut :

Tujuan Dekorasi (Aesthetic)

Pengecatan bertujuan untuk memperindah benda / barang yang dicat, sehingga benda / barang tersebut mempunyai nilai seni dan daya tarik yang lebih tinggi dibanding sebelum dilakukan pengecatan.

Fungsi Pelindung (Protective)

Pengecatan bertujuan melindungi permukaan bahan/material yang dicat, terutama pada bahan-bahan logam. Perlindungan ini untuk menghambat terjadinya korosi akibat pengaruh cuaca/lingkungan sekitar, sehingga dapat memperpanjang usia logam tersebut dari korosi/karat.

Fungsi Khusus
Pengecatan yang digunakan untuk tujuan-tujuan khusus antara lain :
Pemantulan cahaya - Cat juga memiliki sifat memantulkan cahaya meskipun intensitas cahaya yang dipantulkan berbeda-beda tergantung dari warna cat tersebut. Cat yang memiliki lapisan yang mengkilap biasanya akan lebih banyak memantulkan cahaya dari pada cat yang tidak dilapisi atau berwarna gelap.

Isolasi - Selain untuk memperindah tampilan dan membuat bahan yang dicat menjadi lebih tahan lama, cat juga berfungsi sebagai bahan isolasi yang dapat meredam panas dan listrik.

Penghantar listrik - Beberapa cat juga ada yang bersifat menghantarkan listrik. Biasanya cat jenis ini menggunakan bahan khusus sehingga dapat menghantarkan listrik. Cat jenis ini biasanya digunakan untuk melapisi alat-alat listrik dan elektronik. Sehingga masih dapat berfungsi untuk menghantarkan listrik meskipun sudah dicat.

Peredam suara - Beberapa cat ada juga yang dibuat khusus agar mampu meredam suara. Meskipun pada dasarnya cat memang mampu meredam suara karena lapisan cat yang memiliki pori-pori sangat kecil atau rapat sehingga mampu meredam suara.


Peredam Panas - Bayangkan jika mobil atau motor anda tidak dilapisi cat, dan coba biarkan beberapa saat terkena sinar matahari langsung. Setelah itu silahkan anda masuk mobil atau sentuh bagian yang tidak dilapisi cat. Apa yang anda rasakan? Sudah tahu kan ? Jadi tidak perlu saya jelaskan.

Oke, mungkin itu dulu sedikit pengetahuan umum tentang painting didunia industri. Jika anda karyawan baru di bagian painting, nantikan update artikel selanjutnya tentang painting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar