Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Minggu, 12 November 2017

Teknik Dan Pengertian SEO On-page

www.30str.blogspot.com
SEO On-page


 Setelah kemarin kita membahas tentang Pengertian SEO, kali ini saya akan memberikan sedikit informasi yang saya tau tentang apa itu SEO On-page. 

 SEO On-page adalah suatu teknik SEO yang dilakukan dengan cara mengoptimalkan beberapa elemen penting seperti heading tag, meta description, title tag, konten, permalink, outbond link, emphasize dan image alt tag pada halaman atau website kita. 

 Teknik SEO On-page ini biasanya dilakukan dengan cara mengatur atau menambahkan kode HTML pada template blog yang kita gunakan. Misalnya saja seperti mengedit pada bagian heading tag, title tag, tag meta description dan lain-lain.

 Poin-poin tadi sangat penting dalam melakukan Optimasi SEO on page. Setiap blogger harus tahu dan mengerti cara mengoptimalkan poin-poin tadi. Berikut ini beberapa penjelasan tentang elemen-elemen tersebut. 

  • Heading tag adalah suatu kode untuk memperbesar tulisan dan biasanya digunakan untuk membuat judul postingan atau artikel. Heading tag memiliki 6 tingkatan mulai dari yang paling besar yaitu <h1> sampai yang paling kecil yaitu <h6>
  •  Title Tag, merupakan kata kunci dalam judul dan memiliki fungsi sebagai kata pertama dalam pencarian Google.
  • Meta Description, setiap blogger harus memperhatikan panjang karakter maksimal mencapai 160, jangan mengulang kata lebih dari dua kali, dan posisikan kata kunci di awal deskripsi.
  • Konten, merupakan isi dari artikel atau postingan yang kita buat. Konten yang berkualitas sangat menentukan keberhasilan dari teknik SEO On-page ini. Jadi, buatlah konten yang asli buatan sendiri yang bermanfaat serta kaya informasi. 
  • Emphasize, yakni memberikan keterangan blod, italic, dan underline pada kata penting. Sehingga akan memberikan penegasan pada hal-hal penting yang terdapat didalam artikel tersebut. 
  • Image alt tag, setiap gambar dalam postingan harus diberi kata kunci, tujuannya agar gambar pada blog ikut terbaca sebagai keyword.
  • Permalink, adalah URL atau alamat dari sebuah artikel didalam blog. Kita dapat melihat alamat tersebut dalam kolom browser yang kita gunakan. Permalink biasanya diambil dari judul sebuah artikel yang kemudian akan dijadikan sebagai URL artikel tersebut.
  • Outbond link, yaitu dengan cara memasukkan URL blog lain kedalam artikel yang kita buat. Dengan cara ini maka kita akan memberikan backlink kepada blog lain. 
 Teknik ini berguna untuk meningkatkan traffic pengunjung blog karena konten yang ada dalam blog kita akan mudah dirayapi oleh mesin pencari. Sebenarnya bisa saja blog kita diindeks oleh google tanpa harus melakukan teknik SEO On-page ini. Namun hasilnya pasti tidak akan maksimal, karena tujuan dari SEO adalah memaksimalkan keberadaan blog agar mudah diindeks sehingga dapat muncul di halaman utama pencarian.

 Untuk itu kita perlu memperhatikan beberapa elemen diatas apakah sudah benar atau belum. Jika belum, segeralah perbaiki agar proses pengindeksan yang dilakukan oleh mesin pencari dapat dimaksimalkan.

 Selain dengan memaksimalkan poin-poin diatas tadi, penggunaan template yang digunakan pada blog atau website anda juga berpengaruh terhadap SEO On-page anda. Saran saya, pilihlah template blog yang SEO friendly karena akan lebih berguna bagi blog anda. Anda bisa mencari template blog yang sudah SEO friendly di internet kemudian gunakan template tersebut.

 Anda juga harus memperhatikan tingkat kecepatan loading blog anda. Karena kecepatan loading juga mempengaruhi kinerja blog anda dimata pengunjung dan search engine. Jika kecepatan loading blog anda cepat, maka bukan pengunjung saja yang senang namun spider crawl google pun akan senang. Pengunjung sangat menyukai blog dengan kecepatan loading yang baik karena mereka tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menjelajahi blog anda. Selain itu spider crawl google juga lebih menyukai blog yang proses loadingnya cepat. Itu dikarenakan saat crawling waktu yang dibutuhkan lebih singkat dan cepat sehingga konten-konten yang ada di dalam blog anda akan lebih cepat terindeks dengan baik. Hindari penggunaan javascript dan pemasangan gambar yang berlebihan karena akan mempengaruhi kecepatan loading blog anda.
Baca juga : Teknik SEO Off-page
Protected by Copyscape Online Plagiarism Check

Tidak ada komentar:

Posting Komentar