Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Selasa, 07 November 2017

Pengertian SEO

 Search Engine Optimization ( SEO ) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang digunakan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas pengunjung web melalui sebuah mesin pencari ( Search Engine ) dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. SEO juga dapat diartikan sebagai cara untuk meningkatkan nilai relevan suatu halaman website agar meningkatkan ranking dan pengunjung melalui Search Engine. SEO dilakukan secara sistematis, mulai dari Analisa, Implementasi dan Report.

Baca juga : Cara kerja search engine

 Ada beberapa teknik SEO yang digunakan dan dikelompokkan menjadi teknik Blackhat SEO, Whitehat SEO dan Greyhat SEO. Teknik SEO ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Istilah SEO sendiri pertama kali digunakan pada 26 Juli 1997 melalui sebuah pesan SPAM yang diposting di Usenet. Pada saat itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.

 Tujuan adanya Search Engine Optimization ini adalah untuk menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas di halaman pencarian search engine. Atau setidaknya bisa muncul dihalaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang ditargetkan. Karena secara logika situs web yang muncul dihalaman pertama hasil pencarian akan berpeluang besar mendapatkan pengunjung baru yang lebih banyak.

 Dalam dunia bisnis, situs yang muncul dihalaman pertama juga berpeluang untuk menjadi lebih berkembang. Hal ini disebabkan karena seiring berjalannya waktu kebutuhan dan pemanfaatan jaringan internet juga terus mengalami peningkatan. Maka dari itu kebutuhan atas SEO juga meningkat. Dan banyak juga instansi atau perorangan yang menawarkan bisnis atau jasa SEO demi memajukan usaha atau bisnis yang sedang dijalankan.

 Jadi, SEO itu merupakan langkah yang dilakukan oleh pemilik atau pengurus suatu website untuk mencari dan meningkatkan traffic pengunjung melalui media mesin pencari. Mesin pencari yang biasa digunakan diantaranya yaitu Google, Bing, Yahoo! dan lain sebagainya. Blog yang mampu melakukan optimasi SEO yang baik dapat memberikan hasil yang sangat memuaskan. Itu sebabnya mengapa blog yang profesional mampu menarik pengunjung yang banyak dalam waktu yang singkat meskipun blog tersebut baru didirikan.

Protected by Copyscape Online Plagiarism Check

Tidak ada komentar:

Posting Komentar