Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Senin, 03 Agustus 2020

Biaya Penggantian Shock Depan Honda Vario 150


Biaya Penggantian Shock Depan Honda Vario 150 - Sepeda motor merupakan alat transportasi probadi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Kendaraan yang menjadi salah satu kebutuhan bagi setiap orang untuk bepergian, bekerja dan aktivitas lain ini secara tidak langsung menjadi barang yang wajib kita miliki. Bayangkan jika kita tidak memiliki motor sendiri tentu akan sedikit kerepotan jika hendak pergi ke suatu tempat.

Dengan menggunakan sepeda motor maka kita bisa pergi kapan pun dan kemana pun kita inginkan. Penggunaan sepeda motor yang hampir setiap hari tentu akan menjadikan performa sepeda motor menjadi berkurang. Kerusakan pada komponen akan lebih mungkin terjadi karena pemakaian yang terus-menerus. Untuk itu diperlukan perawatan rutin seperti servis dan ganti oli.

Bahkan setelah beberapa waktu pemakaian maka akan terjadi kerusakan pada komponen baik itu komponen mesin ataupun body. Salah satu kerusakan yang sering terjadi adalah kerusakan pada komponen shock absorber atau shockbeker depan.

Kerusakan tersebut terjadi karena shock depan berfungsi meredam getaran pada bagian roda depan sehingga tetap nyaman dikendarai ketika melewati jalan yang tidak rata. Apalagi jika kita sering melewati lubang atau polisi tidur dengan kecepatan yang cukup tinggi maka akan membuat shock depan menjadi lebih cepat rusak.


Kerusakannya antara lain yaitu kebocoran seal oli, sehingga oli sokbeker depan akan merembes dan lama-lama akan habis atau berkurang. Kondisi seperti ini tentu akan membuat suspensi depan akan berkurang dan kendali setir menjadi kurang nyaman.

Yang lebih parah lagi adalah jika As shock depan ( Pipe Comp Front Fork ) sampai lecet atau tergores. Maka bisa dipastikan seal oli akan ikut rusak dan terjadi kebocoran. Hal ini terjadi biasanya karena karet seal oli sudah lama dan menjadi keras dan tidak elastis lagi. Jadi apabila kita melewati jalan berlubang dengan kecepatan tinggi maka akan melukai As front fork dan membuat goresan yang menjadi jalur keluarnya rembesan oli.

Untuk mengatasi hal seperti diatas sebaiknya kita rutin cek kondisi front fork atau shock depan mulai dari kondisi seal dan permukaan As nya. Jika karet seal sudah cukup lama dan terlihat sudah tidak elastis maka sebaiknya segera cek ke bengkel dan bila perlu lakukan penggantian seal front fork.

Jika melakukan penggantian seal, sebaiknya untuk mengganti kedua seal shockbeker kiri dan kanan. Tujuannya agar seimbang dan lebih efisien karena jika kita ganti salah satunya saja, maka tidak lama lagi kita juga harus mengganti seal yang satunya. Jadi ganti saja keduanya agar lebih hemat waktu dan hemat biaya serta suspensi akan seimbang. Selain itu volume oli didalamnya juga akan berkurang jika terjadi kebocoran. Sehingga kita juga harus cek atau mengganti oli shockbekernya juga. 


Rutin cek permukaan As frontfork juga sangat penting agar mengurangi resiko kerusakan pada As. Bersihkan permukaannya dari debu yang menempel. Karena jika terdapat debu yang menumpuk resiko seal bocor dan As tergores akan semakin besar. Untuk itu lebih baik kita sering-sering membersihkan atau mencuci motor dari pada nantinya terjadi kerusakan karena motor jarang mandi.

Motor yang suspensi depannya tidak standar tentu akan mengurangi kenyamanan berkendara dan bisa juga membahayakan pengendara pada saat berbelok dengan kecepatan tinggi. Suspensi depan yang tidak stabil membuat stang menjadi ikut tidak stabil dan dapat membuat motor goyang ketika belok. Hal itu tentu sangat berbahaya bukan? 

Makanya sebaiknya kita perlu memperhatikan kondisi suspensi depan motor kita agar kenyamanan berkendara menjadi prioritas utama kita. 

Jika sudah terjadi kerusakan pada suspensi depan seperti oli rembes, seal bocor, motor goyang saat belok dan As frontfork yang lecet, maka segera kita perbaiki. Untuk itu kita harus menyiapkan biaya perbaikan agar jika terjadi kerusakan bisa langsung ditangani.

Untuk biaya perbaikan atau penggantiannya anda bisa lihat rincian berikut ini.

  • Seal set Frontfork : Rp 38.000/pcs. Jika ganti keduanya maka harganya Rp 76.000
  • Oli shockbeker : Rp 28.000/pcs
  • As Frontfork : Rp 141.000/pcs. Jika ganti keduanya maka harganya Rp 282.000
  • Jasa perbaikan : Rp 45.000
Harga tersebut berdasarkan data perbaikan yang saya lakukan pada motor Vario 150 pada awal tahun 2020 di bengkel resmi Honda. Harga tersebut adalah harga didaerah tempat saya tinggal dan setiap daerah mungkin bisa saja berbeda-beda.

Itulah rincian biaya penggantian atau perbaikan suspensi depan motor Vario 150. Semoga bermanfaat sebagai bahan referensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar