Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Jumat, 07 Agustus 2020

Ciri-ciri desain logo yang baik

 

Halo semuanya, kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana sih ciri-ciri desain logo yang baik dan benar agar bisa laku dijual. 

Desain logo merupakan salah satu pekerjaan yang membutuhkan imajinasi dan kreatifitas yang tinggi. Karena setiap logo itu harus memiliki karakteristik yang bagus dan mampu menunjukkan maksud serta latar belakang sebuah brand atau perusahaan. 

Ciri ciri desain logo yang baik dan benar

Ketika logo sudah berhasil kita buat dengan benar maka kita bisa menjualnya kepada konsumen atau menjualnya melalui situs penyedia logo. Nah, pada saat kita mau menjual logo yang kita buat melalui situs seperti LogoGround, Shutterstock dan lain-lain, maka situs tersebut akan mereview terlebih dahulu logo yang kita upload tersebut. Jika mampu memenuhi persyaratan maka logo kita akan berhasil disetujui dan ditampilkan pada situs tersebut untuk dijual kepada client mereka.

Sebelum kita mengupload logo kita ke situs-situs tersebut ada baiknya kita memperhatikan beberapa aspek agar logo kita bisa disetujui dan dijual. Lalu, seperti apa sih ciri-ciri desain logo yang baik dan benar itu?

Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Simple

Yang pertama adalah desain kita harus dibuat dengan se-simpel mungkin. Artinya jangan terlalu banyak fitur-fitur seperti bentuk, warna dan tulisan yang terlalu banyak sehingga membuatnya terlihat rumit dan tidak simpel. 

Meskipun harus dibuat simpel, tapi logo yang kita buat itu harus tetap bisa menampilkan kesan bahwa logo tersebut benar-benar mampu mewakili visi misi perusahaan, karakteristiknya dan bidang apa yang digeluti perusahaan tersebut. Logo yang simpel dapat memudahkan penggunanya dalam mengaplikasikan desain logo tersebut.

Adaptable

Artinya desain logo yang kita buat tersebut harus mampu beradaptasi atau di aplikasikan pada berbagai media seperti digital, online, surat kabar, stiker, seragam dan lainnya.

Logo yang mudah diaplikasikan pada berbagai media tentu akan lebih berkualitas karena desainnya mampu beradaptasi pada media yang digunakan. Misalnya jika dicetak pada surat kabar maka hasilnya akan tetap bagus dan mewakili karakteristik perusahaan. Pada media cetak seperti surat kabar itu kan biasanya hitam putih atau grayscale, nah kalau logo tersebut dicetak pada media seperti itu hasilnya juga harus tetap bagus dan berkarakter.

Unik

Membuat desain logo yang unik tentu menjadi tuntutan dan juga tantangan bagi setiap desainer logo. Logo yang unik dan berbeda dari yang lainnya tentu akan semakin besar kemungkinannya untuk dijual dan dipakai oleh perusahaan. 

Desain logo yang terlalu umum seperti berbentuk lingkaran atau heksagonal yang didalamnya terdapat identitas logo tentu sudah sangat sering kita jumpai bukan? Maka dari itu usahakan agar desain logo yang kita buat itu terlihat unik meskipun ada sedikit sentuhan bentuk lingkaran atau yang lainnya.

Kita bisa berkreasi dengan mengubah bentuk lingkaran itu menjadi setengah lingkaran atau tulisan dan gabungan beberapa bentuk yang menyerupai lingkaran. Bisa juga dengan menciptakan desain logo yang mirip seperti bentuk hewan, tumbuhan dan lain-lain.

Atau bisa kita lihat contohnya pada desain logo Apple dimana bentuknya adalah mirip buah apel namun desainernya memberikan keunikan tersendiri pada logo tersebut dengan memakan sebagian dari apelnya. Hehehe bercanda..... Dan logo itu pun akhirnya sukses membawa perusahaan tersebut hingga seperti sekarang. Dan beberapa perusahaan pun mulai meniru teknik tersebut dengan membuat brand dengan menggunakan nama buah seperti strowberry dan tomat.

Tomat itu buah apa sayur ya?

Tahan Lama

Sebagai contoh kita bisa lihat desain logo perusahaan Coca-Cola yang dari jaman saya kecil sampai sekarang ya logonya masih tetap sama seperti saat ini. Itu menandakan bahwa desain logo tersebut dapat bertahan lama dan menjadi daya tarik tersendiri karena logo tersebut memang sudah menjadi identik dengan produk tersebut.

Desain logo yang kita buat jika mampu bertahan lama maka akan semakin bagus karena mampu memberikan kepuasan kepada penggunanya dan mampu membawa produk atau perusahaan menjadi lebih berkembang dan mampu bertahan dalam persaingan dagang. 

Mudah Diingat ( Memorable )

Apa yang anda pikirkan ketika melihat buah apel? Baik itu utuh atau yang sudah hilang sebagian. Tentu sebagian orang akan mengingat produk seperti Iphone atau produk Apple lainnya bukan?

Nah itulah salah satu contoh desain logo yang memorable alias mudah diingat. Ketika orang melihat suatu bentuk maka mereka akan ingat bahwa bentuk itu adalah bentuk logo dari sebuah perusahaan atau brand. Apabila kita berhasil membuat logo yang memorable itu maka orang-orang pasti akan ingat, ohhh ini adalah logo dari ini yang dibuat oleh desainer ini. Dan pasti kita akan semakin terkenal dan kebanjiran job desain logo.

Detail

Logo yang kita buat harus memiliki detail yang bagus. Baik dari segi bentuk warna dan pikselisasi yang detail. Karena sebagian besar logo itu dicetak pada berbagai media dan berbagai ukuran serta warna, maka pada saat mendesain logo kita harus benar-benar mengerjakannya secara detail. Jangan sampai logo yang dicetak itu kualitasnya menjadi berubah atau bahkan turun drastis.

Misalnya saja kita mencetak logo pada kertas biasa dan hasilnya sangat bagus, maka pada saat logo itu dicetak dengan ukuran dan media yang lebih besar hasilnya juga harus tetap sama seperti ketika dicetak dengan ukuran dan media yang kecil.

Contohnya saja kita punya gambar di handphone dan ketika dibuka gambar itu terlihat detail. Kemudian ketika dikirim via pos pada tablet atau PC yang ukuran layarnya lebih lebar, dan saat kita zoom atau pada mode fullscreen hasilnya menjadi tidak jelas dan pecah-pecah.

Untuk itulah mengapa pentingnya detail piksel pada desain logo yang kita buat itu sangat penting. Ya karena logo itu juga termasuk media promosi yang sering dicetak-cetak untuk disebar luaskan. Jadi kualitasnya harus bagus, detail dan bisa beradaptasi pada berbagai media.

Itulah beberapa ciri-ciri desain logo yang baik dan benar. Semoga postingan ini bisa bermanfaat dan menjadi pembelajaran bagi para desainer logo pemula seperti saya ini yang sering ditolak logonya karena bikinnya pake HP singkong.
Terimakasih sudah menonton jangan lupa klik like, komen dan sikrep

Tidak ada komentar:

Posting Komentar