Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Rabu, 25 Januari 2023

Tugas Can Supply Operator

Tugas Can Supply Operator - Perkembangan industri pangan saat ini sangatlah maju dan modern. Terutama pada industri makanan dan minuman dalam kemasan seperti minuman kaleng. Berikut ini saya akan berikan sedikit gambaran mengenai operator Can Supplyer atau petugas pemasok kaleng pada industri minuman kaleng.

Can supply operator


Can Supply berasal dari bahasa inggris yang bila diartikan kedalam bahasa indonesia berarti pemasok kaleng. Can berarti kaleng atau kemasan berbahan logam. Dan Supply berarti pasokan, pemasok, penyuplai atau penyedia.


Jadi, Can Suppy Operator adalah orang yang bertugas sebagai pemasok kaleng atau wadah logam. Atau memproduksi makanan atau minuman dalam kemasan kaleng. Biasanya kaleng yang digunakan adalah kaleng berbahan logam campuran seperti Besi/Stainless, Alumunium, Nikel dan bahan lainnya. 


Bahan Besi atau stainless steel berguna agar konstruksinya kuat tahan karat dan mengkilap. Lalu ada campuran bahan Alumunium agar kaleng memiliki bobot yang lebih ringan dan tahan karat. Kemudian Nikel juga berfungsi sebagai bahan pelapis agar tahan karat dan mengkilap.


Kemudian seluruh bahan baku akan diproses agar menjadi bahan untuk wadah minuman kaleng yang memiliki sifat kuat, tahan karat, ringan, mengkilap dan anti lengket. Selain itu bahan-bahan tersebut juga berguna untuk menjaga isi dalam kemasan agar mampu bertahan lebih lama.


Tugas Dan Tanggung Jawab Can Supply Operator


Can supply operator pada dasarnya bertugas untuk memasok produk kemasan pada lingkungan produksi di area kerjanya. Mereka diberi tanggung jawab untuk memastikan stok kemasan sesuai dengan data dan sesuai dengan line produksinya.


Hal tersebut bertujuan agar line produksi dapat berjalan lancar dan tidak terhambat oleh stok kemasan kaleng yang disebabkan karena salah pengiriman. Selain itu can supply pada bagian produksi juga bertugas untuk melakukan proses produksi sesuai standar yang ditetapkan agar menghasilkan produk berkualitas dan siap untuk diproses pada bagian selanjutnya.



Can Supply Operator bertanggung jawab terhadap :

  • Menjaga kualitas produk yang dihasilkan sesuai dengan spesifikasi yang berlaku.
  • Menjaga kebersihan perlengkapan & area kerja serta memastikan kondisi peralatan dan mesin berfungsi dengan baik.
  • Memastikan bahwa kondisi proses sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan
  • Memastikan pencatatan dan atau transkasi di manual form maupun di sistem dilakukan dengan baik & benar terkait dengan proses produksi.
  • Memeriksa area kerja dan melakukan tindakan yang diperlukan (termasuk menginformasikan ke atasan) jika terjadi penyimpangan agar bisa segera dilakukan Corrective Action.
  • Menjaga hubungan dan koordinasi yang sinergis dengan internal dan eksternal departemen.
  • Disiplin, memiliki inisiatif, keinginan untuk berkembang dan kemauan untuk belajar hal baru secara terus menerus

Itulah sedikit gambaran mengenai tugas dan cara kerja can supply operator pada industri makanan dan minuman dalam kemasan. Semoga dapat memberikan sedikit wawasan agar lebih kompeten dan menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar