Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Senin, 09 Januari 2023

Cara Membersihkan Layar TV LED

 Cara Membersihkan Layar TV LED - Sebagai salah satu sarana memperoleh informasi dan hiburan, TV merupakan barang yang wajib dan hampir setiap rumah pasti memilikinya. Bahkan ada yang sampai memiliki lebih dari satu TV dalam satu rumah. Karena selain tontonan yang beragam dan gratis, TV jaman sekarang juga bisa digunakan untuk nonton secara online menggunakan koneksi internet seperti menonton youtube.


Namun kita juga pasti sering mengalami layar TV menjadi kotor dan berdebu. Hal ini tentu akan mengurangi tampilan gambar karena adanya kotoran yang menempel pada layar sehingga kurang enak untuk dilihat. Berikut ini adalah cara bagaimana membersihkan layar TV LED dengan aman dan bisa dipraktekkan sendiri dirumah.


Cara Aman Membersihkan Layar LED


Pertama, matikan televisi terlebih dahulu. Pastikan sebelum melakukan pembersihan layar, TV harus dalam kondisi mati dan lepaskan colokan dari stop kontak. Sehingga lebih aman pada saat membersihkan layar menggunakan cairan atau kain basah.


Kemudian jika tv baru digunakan maka jangan langsung dibersihkan. Lebih baik diamkan dahulu sampai tv menjadi dingin agar lebih aman guna menghindari resiko kerusakan pada saat membersihkannya.


Selain itu kita juga lebih mudah melihat kotoran yang menempel jika tv dalam kondisi mati karena layar yang gelap akan sangat membantu dan mempermudah kita menemukan bagian yang masih kotor. 


Usahakan pada saat membersihkan layar, jangan menggunakan kain yang terlalu basah. Dan juga jangan gunakan kain yang memiliki tekstur kasar. Gunakan saja kain microfiber atau kanebo agar lebih aman.


Kira juga bisa menggunakan minyak kayuputih untuk membantu membersihkan kotoran yang sulit dibersihkan. Oleskan pada permukaan layar kemudian lap menggunakan kain halus atau tisu kering.


Perlu diperhatikan, pada saat membersihkan usahakan jangan terlalu banyak memberikan tekanan pada layar karena dapat beresiko merusak bagian dalam layar terutama pada jenis LCD. Lakukan pembersihan dengan cara mengelapnya satu arah saja, jangan bolak-balik atau gerakan memutar. Karena bisa merusak permukaan layar sehingga beresiko tergores atau baret.


Kita juga bisa menggunakan cairan Screen Clean yang biasa digunakan untuk membersihkan layar monitor. Caranya yaitu bersihkan dahulu permukaan dari debu yang menempel kemudian semprotkan cairan screen clean ke layar TV setelah itu lap menggunakan kain halus yang kering dan bersih. Setelah itu lap kembali agar benar-benar bersih.

Nah, itulah beberapa cara aman untuk membersihkan layar TV agar terlihat lebih bersih dan gambarnya lebih jernih. Semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar