Mobil adalah salah satu kendaraan yang saat ini sudah banyak dimiliki oleh kebanyakan orang di Indonesia. Namun apakah Anda sebagai pengendara mobil sudah mengenal dan mengetahui apa itu chasis mobil?
Bagi Anda yang masih belum mengenal, kali ini kami akan membantu memberikan informasi yang menarik dan menambah ilmu untuk Anda sebagai pengendara mobil. Chasis mobil atau biasa orang dengan sasis mobil adalah bagian-bagian yang paling penting di mobil.
Namun setiap mobil biasanya memiliki sasis yang berbeda-beda. Sama halnya dengan manusia yang mempunyai tulang untuk menopang maka keberadaan chasis sangat penting untuk mobil.
Pengertian dan Fungsi Chasis Mobil
Jika Anda masih bertanya-tanya apa itu chasis mobil, maka jawabannya adalah kerangka internal dari kendaraan roda empat yang nantinya digunakan sebagai penopang dari komponen mobil. Selain sebagai penopang, berfungsi sebagai penyokong beban dari kendaraan dan penumpang.
Itulah sekilas jika kita mengartikan dari keberadaan chasis pada mobil.Fungsi chasis sendiri adalah membuat bentuk kendaraan menjadi kokoh. Chasis dibuat dengan bahan material khusus yang kuat dan sanggup menahan beban dari kendaraan tersebut.
Biasanya memang kerangka mobil ini terbuat dari besi atau baja yang memang sudah didesain khusus serta memiliki kriteria keamanan dan ketahanan.
Jenis-Jenis dari Chasis Mobil
Jika Anda sudah mengenal dan mengetahui pengertian dari chasis mobil maka sekarang Anda perlu mengenal jenis-jenis yang ada dari chasis di mobil. Dimana sebetulnya banyak sekali jenisnya sehingga Anda harus benar-benar memahaminya.
Inilah jenis-jenis yang biasa ada dari chasis yaitu :
Leader frame, chasis ini memiliki bentuk yang mirip dengan tangga. Bentuknya unik namun ini cocok untuk jadi dasar dari kedudukan badan mobil, mesin dan komponen lainnya. Biasanya jenis ini mempunyai ciri-ciri terbuat dari baja yang simetris karena bentuk balok pada bagian-bagian tertentu.
Monocoque chasis, chasis yang satu ini dibuat menyatu dengan badan mobil. Bagian luar mempunyai fungsi untuk kerangka yang bisa melindungi ruang kabin dari benturan. Jenis ini terbuat dari lembaran baja komposit disatukan dan diperkuat.
Backbone chasis, bentuk mirip dengan tulang rangka utama yang tunggal. Dengan posisi yang melintang membuat bagian depan dan belakang terhubung.
Tubular space frame, jenis yang satu ini terbuat dari pipa bahan yang dirangkai dan dibentuk menjadi mobil sesuai dengan konstruksi. Kekuatan akan bergantung pada kekuatan kualitas dalam sambungan lasnya, sehingga bisa mempunyai ketahanan beban dan perlindungan yang maksimal.
Aluminium space frame, jenis ini dibuat dengan bahan aluminium sehingga lebih ringan dan kaku.
Itulah kelima jenis chasis mobil yang umumnya ada di pasaran. Oleh karena itu, Anda seharusnya bisa lebih memahaminya apalagi Anda merupakan pecinta mobil.
Komponen dari Chasis Mobil
Belum lengkap rasanya jika Anda belum mengenal komponen-komponen dari chasis. Dimana di dalam chasis memang terdapat bagian yang terdiri dari powertrain untuk mengalirkan tenaga mesin ke roda dan juga suspensi untuk memberikan keamanan dan kestabilan kendaraan.
Umumnya ada 3 jenis powertrain yang diterapkan pada mobil yaitu penggerak roda depan, belakang, dan 4 roda. Namun ada komponen umum yang dipakai, berikut ini ulasannya :
1. Komponen Kopling
Fungsi dari kopling adalah sebagai penghubung dan pemutus putaran dari mesin ke transmisi dengan cara lembut. Dengan adanya kopling ini saat kita melakukan pemindahan gigi akan terasa lebih halus.
2. Komponen transmisi
Transmisi mempunyai fungsi untuk memanipulasi output dari mesin. Jika Anda membutuhkan kondisi torsi besar untuk membuat kecepatan mobil meningkat maka transmisi akan mengatasinya dengan mengatur rasio perpindahannya.
3. Bagian Poros Propeller
Poros propeller ini mempunyai fungsi sebagai penggerak pada 4 roda. Penggunaan komponen ini dilakukan agar perpindahan tenaga bisa efektif sebab pemuaian dan juga gaya puntirnya dikerjakan dengan sempurna.
4. Komponen universal joint
Komponen ini mempunyai desain yang fleksibel guna menghubungkan saat puntir dari sudut dan juga arah mana saja.
5. Komponen Gardan
Gardan ini mempunyai fungsi untuk membedakan putaran antara roda kiri dan kanan. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi selip disalah satu roda. Terutama saat kendaraan berbelok untuk menjaga kesetabilan laju kendaraan.
6. Bagian rear axle
Rear axle ini berguna untuk penghubung gardan dengan poros roda. Sehingga kendaraan dapat berjalan.
7. Komponen pegas
Pegas masuk di kategori suspensi yang berguna untuk meredam getaran selama perjalanan. Sehingga mampu memberikan efek empuk saat menginjak jalan yang tidak rata.
8. Bagian shock absorber
Selanjutnya bagian ini mempunyai fungsi untuk menyerap guncangan saat pegas beraksi. Dan biasanya terdapat pada empat sisi di dekat roda dan menghubungkan antara komponen roda dan chasis.
Masih banyak lagi komponen yang ada pada chasis mobil, seperti stabilizer bar, sistem steering dan pengereman, serta roda mobil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar