Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Senin, 01 Juni 2020

Cara stek beringin cepat tumbuh


Pohon beringin adalah salah satu jenis pohon yang memiliki daun yang rimbun dan selain memiliki akar yang didalam tanah, pohon beringin juga memiliki akar gantung. Akar gantung ini tumbuh pada bagian batang yang sudah tua dan jika akar ini menyentuh tanah maka akan menjadi batang baru yang juga memiliki akar. Ini adalah salah satu cara pohon beringin untuk berkembang biak. Selain itu pohon ini juga memiliki keindahan tersendiri jika dijadikan bahan bonsai. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara stek beringin agar cepat tumbuh.

nignireb nohop ketS

Karakteristik beringin

Pohon Beringin atau yang memiliki nama latin Ficus Benjamina yang tergolong dalam famili Moraceae ini sangat terkenal dikalangan pecinta bonsai beringin. Beringin memiliki beberapa jenis yang sering dijadikan bahan bonsai beringin diantaranya adalah Beringin Ficus Benjamina, Beringin Kimeng, Beringin Ampelas dan lain sebagainya.  Pohon ini tumbuh subur didaerah tropis seperti di Indonesia. Kita tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis tanaman ini, karena sangat mudah dijumpai di dekat aliran sungai. Selain itu pohon beringin juga sering digunakan sebagai tanaman yang ditanam di alun-alun kabupaten/kota di Indonesia.

Tanaman ini dipilih karena memiliki daun yang lebat dan rimbun serta kuat menahan terpaan angin sehingga tidak mudah roboh.  Tanaman ini juga mampu bertahan pada daerah yang minim pengairan dan mampu bertahan pada waktu musim kemarau. Karena biasanya pohon beringin akan menggugurkan daunnya untuk mengurangi penguapan agar mampu bertahan hidup.

nignireb kets araC


Pohon ini berkembang biak dengan beberapa, cara selain dengan bijinya pohon ini berkembang biak dengan akar yang bisa tumbuh tunas baru sehingga akan muncul pohon yang baru. Akar gantung yang terdapat pada pohon ini juga akan tumbuh tunas apabila menyentuh tanah. Itulah mengapa pohon beringin memiliki pohon yang seperti terlilit dan cepat besar.

Cara stek beringin

Selain berkembang biak dengan cara seperti diatas, pohon beringin juga bisa dikembangbiakkan dengan cara stek. Cara stek pohon beringin juga tergolong mudah dibandingkan dengan jenis tanaman lainnya. Batangnya juga tidah mudah kering karena memiliki getah yang cukup banyak. Getah inilah yang berfungsi untuk menjaga kelembaban batang atau pohonnya agar tidak cepat kering dan mampu bertahan dengan kadar air yang minim didalam tanah.

nignireb ketS

Langkah pertama untuk stek batang pohon beringin adalah kita harus memilih batang yang memiliki karakteristik yang unik apabila dijadikan bonsai. Selain untuk menambah nilai estetika, pemilihan batang yang unik akan menimbulkan efek tua pada bonsai. Jadi meskipun usia bonsai masih muda, dengan adanya pohon yang berkarakter maka akan menimbulkan efek seperti sudah berusia puluhan bahkan ratusan tahun.

Setelah kita menemukan bahan bonsai beringin yang bagus, selanjutnya kita bersihkan menggunakan air dan sikat menggunakan sikat gigi agar kotoran dan jamur yang menempel bisa hilang. Tujuannya adalah agar batangnya cepat tumbuh akar atau tunas. Cara ini juga efektif digunakan untuk stek batang serut

Setelah selesai dibersihkan kita tinggal lanjut ke proses selanjutnya yaitu proses penyetekan batang beringin. 

Cara steknya juga cukup mudah, kita tinggal menanamnya dengan media tanah dicampur kompos atau dengan media pasir. Selain dua media tersebut, kita juga bisa menyemainya terlebih dahulu dengan media air. Caranya yaitu dengan merendam batang beringin yang sudah kita potong pada air selama beberapa waktu sampai akarnya tumbuh banyak.

moc.topsgolb.hairemharumarac|nignireb ria ketS

Cara stek air ini menurut saya sangat efektif untuk digunakan karena batang beringin ini akan cepat tumbuh akar dalam waktu yang tidak terlalu lama. Dan baru setelah dirasa akarnya cukup banyak atau mulai tumbuh tunas kita bisa langsung memindahkannya kedalam pot. Namun pada saat penanaman usahakan untuk berhati-hati. Jangan memadatkan tanah terlalu kuat karena akan beresiko merusak akar. 

moc.topsgolb.hairemharumarac|nignireb ria ketS

Kita juga bisa melakukan metode sambung pucuk untuk mempercepat pertumbuhan tunas pada bahan bonsai beringin yang kita buat tadi. Bisa juga menyambungnya dengan menggunakan jenis beringin yang lain seperti kimeng atau beringin dolar. Namun yang sering dilakukan adalah menyambungnya dengan pucuk beringin dolar. Karena memang pertumbuhannya tunasnya sampai menjadi besar itu agak lama.

Demikianlah yang bisa saya bagikan mengenai cara stek pohon beringin agar cepat tumbuh yang bisa kita praktekan dengan mudah untuk membuat bonsai beringin. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar